Sukses

Medan Zoo Gembok Akun Instagram, Disorot karena Kondisi Satwa Memprihatinkan

Medan Zoo sebelumnya dilaporkan terlilit utang untuk membeli pakan hewan. Pegawai kebun binatang juga dilaporkan belum digaji.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah sorotan terkait kondisi memprihatikan Medan Zoo, akun Instagram objek wisata itu justru dikunci. Ini merujuk pada pantauan Tim Lifestyle, Rabu siang (17/1/2024), menyisakan informasi yang hanya tertera pada bio akun tersebut.

Keterangannya berupa, "Kebun binatang & taman rekreasi," dengan tarif masuk Rp15 ribu pada Senin sampai Jumat pukul 09.00 - 16.30 WIB. Lalu, harga tiketnya jadi Rp20 ribu pada Sabtu, Minggu, dan hari libur dengan jam operasional pukul 08.30--17.30 WIB. Pihaknya juga menyertakan nomor narahubung dan situs web resmi kebun binatang tersebut.

Medan Zoo sebelumnya dilaporkan terlilit utang untuk membeli pakan hewan. Pegawai kebun binatang juga dilaporkan belum digaji. Publik pun mendesak Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk turun tangan mengatasi situasi tersebut. Pasalnya, pengelolaan Medan Zoo berada di bawah Pemkot Medan.

Belum lama ini, Bobby sempat mengatakan bahwa Medan Zoo sedang mengalami krisis finansial. Ditambah, dalam waktu dua bulan, yaitu pada November dan Desember 2023, ada tiga harimau mati di kebun binatang itu. Pihaknya menekankan Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan Kota Medan akan segera mengambil tindakan.

Ini termasuk melunasi pembayaran gaji pegawai Medan Zoo selama beberapa bulan. "Medan Zoo ini di bawah PUD Pembangunan, dan beberapa unit usaha lain. Saat ini, hanya satu unit usaha profit untuk satwa di situ dan para pegawai Medan Zoo," kata Bobby Nasution, dilansir dari Antara, 15 Januari 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desakan pada Bobby Nasution

Di media sosial, akun Instagram Bobby Nasution diserbu warganet yang mempertanyakan nasib Medan Zoo. Banyak yang menilai Bobby belum melakukan tindakan nyata untuk mengatasi masalah di kebun binatang tersebut.

Sejumlah warganet mempertanyakan dan menyinggung kondisi Medan Zoo di kolom komentar unggahan menantu Presiden Jokowi itu dalam beberapa hari terakhir. Meski tidak menanggapai berbagai pertanyaan yang dimaksud, Bobby tetap tidak membatasi komentar di unggahannya.

Di unggahan pada Selasa, 16 Januari 2024, misalnya, saat suami Kahiyang Ayu ini berbagi momen dirinya membuka konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Medan 2025. "Medan zoo pak walkot.. cemana itu nasibnya," komentar seorang warganet.

"Bapak punteun itu Medan Zoo gimana perkembangannya? Kasian harimau sama hewan lainnya, hatur nuhun❤️," kata pengguna berbeda, sementara ada juga yang menulis, "Ayo pak jangan tutup mata. Satwa di medan zoo juga berhak dapat hidup yang layak."

"Sudah 3 hewan endemik Indonesia mati di medan zoo. Mau nunggu brapa banyak lagi untuk lakukan tindakan?" desaknya.

3 dari 4 halaman

Dikomentari Menparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno juga sempat mengomentari kondisi Medan Zoo. Ia kedapatan meminta pengelola kebun binatang mengelola kawasan wisata tersebut secara serius dengan lebih memperhatikan kesehatan satwa dan pemenuhan hak pegawainya.

"Kami langsung kirim pesan pada pengelola untuk lebih serius (mengelola kebun binatang) sebelum dampak yang lebih berlarut-larut ini mengakibatkan tentunya kesehatan satwa dan kewajiban pada karyawan ini malah di nomor dua, nomor tiga kan," ucap Menparekraf di acara Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2024.

Ia juga mengaku turut prihatin dengan kondisi Medan Zoo kini. Menurut Sandi, kebun binatang merupakan salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Karena itu, pengelolaan yang baik jadi kunci supaya lebih menarik minat wisatawan.

Sandi menambahkan, pemerintah siap membantu memfasilitasi pengelolaan kebun binatang melalui dukungan dari para investor yang ingin menanamkan modal terhadap pariwisata hijau di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Dorong Raffi Ahmad Berinvestasi di Medan Zoo

Sebelumnya, Bobby Nasution mengakui terdapat persoalan dalam pengelolaan Medan Zoo. "Ada persoalan sedikit tentang cara kerja samanya. Kemarin kita juga sudah coba (bekerja sama) dengan Raffi (Ahmad) dan Taman Safari agar lebih betul pengelolaannya," ujar Bobby akhir tahun lalu, dikutip dari Antara, 10 Januari 2024.

Ia mengaku terus mendorong agar bisnis Raffi, RANS Entertainment, merealisasikan rencana investasi dalam mengembangkan kawasan Medan Zoo seluas 30 hektare. "Sejauh ini belum bilang batal, tinggal waktunya saja. Kami masih terus mendorong agar Raffi menepati janji tahun ini bisa dibangun," ungkapnya.

Raffi bersama RANS Entertainment diketahui sempat mengunjungi Medan Zoo pada Mei 2022, dan mengungkap keinginan berinvestasi. Namun hingga kini, suami Nagita Slavian itu belum merealisasikan janjinya untuk berinvestasi.

Dikonfirmasi terkait itu, Raffi mengaku belum sempat bertemu lagi dengan Bobby Nasution. Meski sempat bertemu beberapa waktu lalu, kata Raffi, belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai rencana investasi di Medan Zoo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini