Sukses

Kisah Tiara Berlian Anisha Rosnah Pengantin Wanita Pangeran Abdul Mateen, Dipinjam dari Kakak Ipar

Anisha Rosnah mengenakan dua tiara di dua kesempatan berbeda dalam rangkaian prosesi pernikahan bersama Pangeran Abdul Mateen.

Liputan6.com, Jakarta - Semua mata tertuju pada Anisha Rosnah dalam resepsi pernikahan, Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja, yang digelar pada Minggu, 14 Januari 2024. Istri Pangeran Abdul Mateen itu terlihat menonjol dalam balutan gaun pengantin putih di antara para tamu yang mayoritas berbusana hitam atau gelap.

Gaun pengantin berlengan panjang dengan potongan rok A yang dikenakannya semakin sempurna dengan beragam perhiasan yang dipakainya. Cincin, kalung, gelang, dan anting-anting berlian berukuran besar menarik perhatian semua orang. Begitu pula dengan tiara yang dikenakannya.

Menurut Tatler, dikutip Selasa (16/1/2024), tiara itu pertama kali dipakai oleh kakak ipar Anisha, Putri Azemah Ni'matul Bolkiah dalam pernikahannya pada Januari 2023. Tiara berlian itu lah yang dipinjamkan kepada pengantin perempuannya Mateen.

Disebutkan bahwa tiara itu dibuat oleh produsen perhiasan mewah asal Singapura, Flower Diamond. Brand yang didirikan Belinda Chua itu dikenal sebagai produsen perhiasan pesanan khusus yang memadukan keanggunan klasik dengan sentuhan kontemporer.

Flower Diamond membutuhkan waktu delapan bulan untuk menyelesaikan tiara khusus tersebut, mulai dari proses mendesain hingga mendapatkan berlian dan menyelesaikannya dengan cermat. Tiara tersebut terdiri dari 838 berlian dalam berbagai potongan seperti bulat cemerlang, berbentuk persegi, berbentuk buah pir, dan berbentuk oval.

Meski jumlah berliannya lebih dari 132 karat, tiara Flower Diamond didesain tetap terlihat ringan dan modern, sesuai keinginan Putri Azemah. Untuk pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah, tiara tersebut disesuaikan dengan cermat agar sesuai dengan pengantin wanita yang bersinar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiara Pinjaman Kakak Ipar Lainnya

Keesokan harinya, Anisha dan Mateen menggelar prosesi Majlis Persantapan Diraja. Kali ini, perempuan berdarah Kroasia dan Brunei Darussalam tersebut mengganti gaun putihnya menjadi keabuan. Potongannya mirip dengan busana yang dikenakannya saat menghadiri resepsi, tetapi terlihat lebih glamor dengan detail manik-manik, kristal, dan bordir di seluruh permukaannya.

Anisha kembali mengenakan turban yang ditutup kerudung panjang dari bahan yang sama dengan gaun yang dikenakannya. Ia melengkapi penampilan dengan mengenakan tiara berlian.

Lagi-lagi tiara itu merupakan pinjaman dari kakak iparnya. Tiara tersebut dikenakan pertama kali oleh kakak Pangeran Mateen, Putri Fadzilah Lubabul Bolkiah, dalam pernikahannya yang digelar pada Januari 2022. Fadzilah saat itu juga sempat meminjam tiara koleksi Ratu Brunei Saleha dalam acara resepsi.

Mengutip Instagram Story kakak ipar Anisha, Noor Cahaya, acara resepsi yang digelar pada Senin, 15 Januari 2024, itu dihadiri oleh sejumlah tamu negara. Terlihat Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan istri serta pasangan Raja dan Ratu Bhutan berbaris untuk menyalami pasangan kerajaan secara langsung. Sementara, Presiden Jokowi sudah pulang lebih dulu pada Minggu, 14 Januari 2024, setelah menghadiri upacara Royal Bersanding di Balai Singgahsana Indera Buana, Istana Nurul Iman.

3 dari 4 halaman

Gelar Anisha Berubah

Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja pada Minggu, 14 Januari 2024, menjadi momen pertama kalinya pasangan yang menikah pada Kamis, 11 Januari 2024, resmi tampil bersama setelah menjadi suami istri. Senyum Anisha mengembang begitu sang suami, Pangeran Mateen, memasuki aula dengan mengenakan seragam militer.

Mateen kemudian disambut sang ayah, Sultan Hassanal Bolkiah di tangga dekat singgasana, kemudian menggandeng tangan Mateen untuk mengusap kepala Anisha yang sudah duduk di singgasana sebagai bagian dari ritual Menapak Tangan. Selanjutnya, seorang ulama yang merupakan Mufti Negara memimpin shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Mateen pun beranjak duduk di samping istrinya yang tampak berkilau dengan mahkota dan perhiasan dari berlian. Bahkan, buket yang digenggamnya juga merupakan permata yang dibentuk menjadi buket.

Pada saat yang sama, meriam ditembakkan sebanyak 17 kali di halaman istana sebagai tanda pengumuman. Di dalam istana, seorang pejabat mengumumkan gelar bangsawan baru bagi Anisha Rosnah. Ia yang sebelumnya bergelar Dayang kini resmi menjadi Pengiran Anak Isteri Anisha Rosnah binti Adam.

4 dari 4 halaman

Arak-arakan Sepanjang Ibu Kota Brunei

RTB, media Brunei Darussalam, menyampaikan bahwa prosesi yang digelar di Istana Nurul Iman tersebut dihadiri sekitar 5.000 tamu. Selesai menjalani prosesi di istana, pasangan Mateen dan Anisha kemudian berjalan ke luar menaiki mobil berkap terbuka.

Mereka menyapa langsung warga Brunei dan sejumlah wisatawan asing yang berdiri di sepanjang jalan di rute yang dilalui. Anisha tak henti-hentinya melambaikan tangan kepada warga. Senyumnya lebar menandakan kebahagiaan. Di sampingnya, Mateen juga menyapa warga sambil tersenyum simpul.

Arak-arakan yang dikenal sebagai Royal Procession itu berlangsung di Minggu siang yang terik. Lewat sejumlah unggahan di media sosial, arak-arakan itu menghadirkan pasukan kerajaan dalam berbagai bentuk seragam. Sementara, warga yang sebagian mengenakan baju kurung tampak berebut memotret momen keluarga kerajaan lewat di hadapan mereka.

Mateen juga sempat mengunggah sederet foto yang merekam momen prosesi Royal Bersanding dan Royal Processioner yang dijalaninya di media sosial. Potret pertama menangkap gambarnya bersama Anisha yang masih berbalut baju pengantin di atas mobil kap terbuka. Potret itu diambil di halaman istana, sesaat sebelum mereka akan mengikuti arak-arakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.