Sukses

Alasan Menkes Budi Gunadi Sadikin Biasakan Ketiga Anaknya Naik Kendaraan Umum

Meski menjabat sebagai Menkes, Budi Gunadi Sadikin tidak membiasakan putra-putrinya untuk hidup bermewah-mewahan. Ia juga tak pernah memberikan fasilitas kendaraan pribadi untuk ketiga anaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang pejabat, Budi Gunadi Sadikin mengaku menjalani hidup sederhana yang diterapkan pada ketiga anaknya. Hal itu dikatakan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dalam wawancara dengan Merry Riana di kanal YouTube Merry Riana, pada Senin, 1 Januari2024.

Meski menjabat sebagai Menteri, Budi tidak membiasakan putra-putrinya untuk hidup bermewah-mewahan. Ia menceritakan semasa menjadi Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk, ia tak pernah memberikan fasilitas kendaraan pribadi untuk ketiga anaknya.

"Anak saya di Bandung (dulu). Anak saya nggak saya kasih mobil. Jadi kemana-mana pakai angkot, yang laki yang perempuan sama semua," ujarnya. "Itu kalau direktur-direktur BUMN yang lain udah kasih mobil. Kalau mereka pulang dijemput, kalau anak saya pulang ya pakai kendaraan umum," sambungnya.

Mantan Wakil Menteri BUMN itu juga mengungkapkan mendidik putra dan putrinya agar tak berorientasi kepada uang sejak dini. "Jadi memang sudah sejak dini didikannya hidup itu is not everything about money. Gimana caranya kita bisa memanfaatkan uang itu untuk hal lain yang lebih penting, supaya mereka nggak selalu semuanya ngejar materi," tuturnya.

Bahkan ketika liburan, keluarga Menkes Budi lebih memilih kelas ekonomi. Bukan tidak mampu, tapi dia memandang membeli yang lebih mahal adalah hal yang mubazir.

"Kita kalau liburan juga naik ekonomi juga. Saya bilang ngapain, mendingan uangnya dipake belanja kek pake makan enak atau kasih sumbangan ke yatim piatu, lebih bermanfaat daripada beli yang mahal-mahal," terang pria berusia 59 tahun itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendidikan Anak-Anak Menkes Budi

Tak hanya dididik menjadi orang yang tidak berorientasi kepada uang, ketiga anak Menteri Kesehatan ini juga memiliki pendidikan yang bagus. Anak pertama Budi Gunadi bernama Sabila Maharani, lulus dari Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dilihat dari unggahan Instagram sang ayah, tampak momen kelulusan Sabila dari ITB beberapa tahun silam. Lulus dari ITB, Sabila sepertinya kembali melanjutkan kuliahnya di luar negeri.

Anak keduanya, Reza Abdurahman juga merupakan lulusan dari ITB. Bedanya, ia mengambil jurusan Teknik Informatika (TI). Lulus dari ITB, Reza Abdurahman diketahui melanjutkan pendidikan S2 ddi luar negeri. Selain itu, dari bio Instagram-nya @rezaabdurahman, diketahui jika putra tengah Budi Gunadi tersebut tengah menetap di Boston, Amerika Serikat.

Anak bungsu Menkes Budi adalah Nabila Raihana. Ia pernah menempuh pendidikan di Labschool Kebayoran di Jakarta dan berkuliah S1 dan S2 di University of Melbourne. Mengutip dari Linkedln, Nabila sekarang menjabat sebagai Senior Associate di EY Parthenon, perusahaan yang bergerak di bidang konsultan dan jasa bisnis.

3 dari 4 halaman

Menkes Budi di Mata Istri

Beberapa waktu lalu, Menkes Budi juga mengungkapkan hubungannya dengan istri tercinta, Ida Rachmawati Sadikin. Ia mengaku mulai suka menonton drama Korea (drakor) bersama sang istri saat menghabiskan waktu di rumah. Rasa penasaran pun tergelitik, kira-kira mantan Wakil Menteri BUMN ini termasuk sosok yang romantis atau tidak?

Jawaban pun terungkap ketika Menkes Budi ditanya oleh host dalam sesi dialog Menkes Bicara Rapor Pandemi Hingga Polemik RUU Kesehatan pada Senin, 3 Juli 2023, dikutip dari kanal Health Liputan6.com. "Kalau hal romantis yang menurut Pak Budi pernah lakukan apa?" tanya host.

"Ya, kalah lah sama yang di drama Korea," jawab Menkes Budi. "Tapi romantis enggak, Pak?" sambung host.

"Kalau kata istri, enggak (enggak romantis),” terang Budi Gunadi sembari tertawa.

Dalam pertanyaan lanjutan, host masih juga penasaran kepada Budi Gunadi terkait hal romantis yang pernah dilakukannya untuk sang istri. "Kita suka jalan-jalan dan ibu selalu minta foto. Lebih banyak foto-fotonya daripada jalan-jalan karena dia cari, biar bisa taruh di Instagram. Jadi kadang-kadang kalau jalan-jalan ya malah yang paling banyak itu foto-fotonya," ucap Menkes Budi.

Sekilas singkat kehidupan sehari-hari Menkes Budi Gunadi Sadikin juga dikulik. Terlebih lagi, ada yang berpendapat dirinya bersama sang istri termasuk pasangan yang awet dan jadi couple goals.

4 dari 4 halaman

Drakor Pertama yang Ditonton Menkes Budi

"Usia pernikahan Bapak sekarang sama Ibu sudah 31 tahun ya. Kalau kata teman-teman couple goals gitu. Karena masih awet dan harmonis sampai sekarang. Boleh dong Pak bagi tips gimana sih caranya harmonis?" tanya host.

Menjawab hal itu, Budi Gunadi mengakui dirinya masih kurang waktu bersama keluarga. Namun, ia berupaya meluangkan waktu untuk berlibur bersama istri dan tiga anaknya.

Dalam kesempatan itu Menkes Budi juga mengungkapkan pertama kali menonton drakor berjudul, Crash Landing on You. Drakor ini adalah seri televisi Korea Selatan tahun 2019 yang dibintangi oleh Hyun Bin, Son Ye-jin, Kim Jung-hyun, dan Seo Ji-hye.

Bermula dari menonton Crash Landing on You ini, Budi Gunadi kemudian jadi suka nonton drama korea lainnya. "Nontonnya gara-gara TV didominasi oleh anak dan istri. Jadi istri nontonnya drama Korea, saya jadi bingung, aduh mau nonton yang lain enggak bisa, karena dia pegang remotenya," terangnya.

"Terus saya lihat, ini film apa sih? Judulnya Crash Landing on You gitu. Ya pertama nemenin aja sambil minum kopi, tapi makin lama, iya emang jadi menarik juga. Jadi ikut-ikutan nonton ini, terus nontonnya tuh sampai berapa seri. Itu sih mulai nonton drama Korea sebenarnya," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.