Sukses

Promo dan Ragam Aktivitas Seru di Taman Burung dan Museum Komodo TMII Sepanjang Libur Nataru, Bisa Beri Makan Pelikan

Taman Burung dan Museum Komodo di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah berbenah diri menyambut pengunjung di musim libur nataru dan libur sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara menghabiskan masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) walau hanya di Jakarta saja. Salah satunya mengunjungi wahana Taman Burung dan Museum Komodo yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kedua wahana, ditambah Dunia Air Tawar & Serangga, kini dikelola oleh Jagat Satwa Nusantara. 

Menyambut musim libur Nataru sekaligus libur sekolah anak, mereka menyiapkan beragam aktivitas yang bisa dilakoni sekeluarga. Dimulai dari program Jagatualang yang dirancang khusus untuk anak-anak. Program edukasi berbalut petualangan itu menghadirkan 10 misi yang harus dikerjakan untuk meningkatkan pemahaman anak-anak tentang kehidupan burung.

"Melalui pendekatan interaktif dan edukatif, kami ingin memberikan wawasan mendalam tentang perawatan burung serta mendorong motivasi belajar dan eksplorasi," kata Ery Erlangga, Direktur Utama Jagat Satwa Nusantara, dalam keterangan tertulis yang diterima Tim Lifestyle, Kamis, 28 Desember 2023.

Program tersebut bisa diikuti dengan membayar Rp95 ribu. Peserta akan mendapatkan sebuah binokuler dan mission card yang menunjang petualangan agar lebih seru dan menarik. Para peserta yang berhasil menyelesaikan semua misi berkesempatan untuk memenangkan hadiah berupa merchandise eksklusif.

Selain Jagatualang, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan koleksi satwa yang ada melalui program pemberian pakan. Ada songbird feeding dan koi feeding dengan membayar Rp10 ribu. Juga berkesempatan memberi makan burung pelikan dengan membayar Rp20 ribu. Terbaru, pengunjung bisa berinteraksi dengan burung elang Australia dalam program raptor experience dengan membayar Rp30 ribu.

"Kita kemarin di 24--25 Desember sudah achieve carrying capacity sampai 4.000 (pengunjung). Tapi, kami melihat akan ada peningkatan pengunjung pada 31 Desember dan 1 Januari sampai 5.000 orang," kata Direktur Operasional Jagat Satwa Nusantara, M. Fardhan Khan, ditemui di TMII, Selasa, 26 Desember 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wajah Baru Museum Komodo

Beranjak ke Museum Komodo, pengunjung juga bisa mendapatkan hiburan visual dan pembelajaran interaktif. Museum seluas 6.000 m2 itu dibagi menjadi lima zona kunjungan, yakni Zona Herpetofauna, Zona Testudines, ZonaCrocodilia, Zona Sauria, dan Zona Varanus. Setiap zona merangkai kisah unik satwa reptil.

Salah satu keunikan museum itu adalah Papua Biodome. Objek tersebut dirancang sebagai jendela keajaiban Pulau Papua dengan paludarium yang menarik dan menciptakan replika habitat asli untuk satwa koleksi.

Selain melihat komodo secara langsung, pengunjung juga bisa mengenal beragam spesies buaya yang memberikan gambaran holistik tentang kehidupan dan ekologi satwa reptil tersebut. Pihak museum mengklaim memiliki koleksi buaya terlengkap di Indonesia, termasuk Buaya Siam, Buaya Muara, Buaya Senyulong, dan Buaya Irian yang menjadi daya tarik utama.

Ery menyatakan semua hewan ini dipelihara dengan konsep 5 Animal Welfare. Melalui Mega Tank, pengunjung dapat merasakan sensasi menegangkan melihat buaya setara dengan mata manusia.

"Museum Komodo Jagat Satwa Nusantara mengajak pengunjung untuk berinteraksi secara dekat dengan satwa reptil dan eksotis yang ada di Indonesia. Kami mengkonsepkan masing-masing satwa yang ada di sini seperti menempati habitat aslinya," ujar Ery.

3 dari 4 halaman

Promo Tiket Masuk

Di Museum Komodo, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan kura-kura lewat pemberian pakan. Mereka cukup membayar Rp10 ribu untuk mendapatkan pengalaman tersebut.

Untuk tiket masuk, pengunjung diminta membayar Rp50 ribu untuk Museum Komodo dan Rp60 ribu untuk Taman Burung. Tetapi selama periode 23 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024, pengelola menghadirkan beragam promo tiket untuk masuk ke wahana Taman Burung dan Museum Komodo.

Pertama, Buy 2 Get 1 Free yang berlaku untuk pembelian tiket bundling ke kedua wahana. Harganya Rp180 ribu.Tersedia pula promo Seru Nampol. Dengan promo itu, pengunjung berkesempatan menikmati seluruh wahana yang dikelola Jagat Satwa Nusantara meliputi Taman Burung, Museum Komodo, dan Dunia Air Tawar & Serangga seharga Rp100 ribu per orang.

Tiket tersebut bisa dibeli langsung di loket maupun secara online di laman resmi Jagat Satwa Nusantara. Tiket tersebut belum termasuk tiket masuk TMII. Jam operasional kedua museum selama periode liburan akhir tahun adalah pukul 08.00 - 20.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket Masuk TMII di Libur Nataru

Sebelumnya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menaikkan harga tiket masuknya dua kali lipat, dari Rp25 ribu menjadi Rp50 ribu selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Harga tiket TMII spesial itu berlaku hingga 2 Januari 2024.

"Tiket Nataru mengalami penyesuaian, tadinya Rp25 ribu jadi Rp50 ribu, karena banyaknya event-event yang diadakan selama nataru," kata Direktur Utama TMII Claudia Inkiriwang ditemui di sela mendampingi kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa, 26 Desember 2023.

Acara yang disiapkan di antaranya adalah konser One There Land yang berlangsung selama 12 hari, dari 21 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024. Para penampil yang dijadwalkan manggung adalah Aruma, GJLS, Dikta, Hindia, dan Aldi Taher. 

"Kami juga akan menampilkan pertunjukan-pertunjukan musik dan tari daerah, serta pertunjukan wayang kulit semalam suntuk di anjungan Jogja," sambungnya.

Pihaknya juga menyiapkan pertunjukan air mancur menari di Danau Archipelago yang terbagi menjadi sesi siang dan sesi malam. Sesi siang yang dinamakan Tirta Menari itu digelar setiap hari pada pukul 11.00, 14.00, dan 16.00 WIB, sedangkan sesi malam disebut sebagai Tirta Cerita yang menampilkan perpaduan multimedia show dengan water screen dan air mancur serta pencahayaan oleh 300 drone yang akan dihadirkan pada 18.30 dan 20.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.