Sukses

Mengenal Tradisi Mitoni yang Dilakukan Denny Caknan dan Bella Bonita

Penyanyi pop Jawa Denny Caknan baru-baru ini menggelar acara mitoni bersama istrinya, Bella Bonita yang sedang hamil sekitar tujuh bulan. Tradisi adat Jawa yang dikenal dengan prosesi mitoni tersebut berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi pop Jawa Denny Caknan baru-baru ini menggelar acara mitoni bersama istrinya, Bella Bonita yang sedang hamil tujuh bulan. Tradisi adat Jawa yang dikenal dengan prosesi mitoni tersebut berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023.

Momen keduanya menjalani mitoni pun diunggah ke laman Instagram pribadi mereka. Tampak penyanyi tembang "Kartonyono Medot Janji" itu memakai busana Jawa, begitu juga dengan Bella Bonita. 

Bagi Anda yang belum mengetahui, tentu penasaran dengan tradisi mitoni. Mengutip dari laman resmi Pemerintah Surakarta, Sabtu (23/12/2023), mitoni merujuk pada istilah untuk menyebutkan salah satu tradisi upacara adat bagi perempuan hamil dalam budaya Jawa.

Mitoni adalah upacara adat siklus hidup, yang masih sering dijumpai di masyarakat Jawa yaitu selamatan ketika janin dalam kandungan berusia tujuh bulan. Diketahui bahwa, tradisi selamatan 7 bulan kehamilan telah ada sejak dahulu di wilayah Jawa dan terdapat pula istilah-istilah yang berbeda dalam menyebut upacara adat ini.  

Di Jawa Tengah seperti Karesidenan Solo, tujuh bulanan dikenal dengan istilah "mitoni", lalu di Jawa Timur upacara adat 7 bulanan lebih dikenal dengan tradisi "tingkeban". Lain lagi dengan masyarakat Madura yang menyebutnya dengan "palet kandhungan" dan tradisi sejenis yang dikenal di Jawa Barat disebut dengan istilah "nujuh-bulan". 

Tradisi mitoni tersebut dilakukan untuk memohon keselamatan calon ibu dan bayinya yakni dengan memanjatkan doa-doa agar proses bersalin berjalan dengan lancar, dan bayi yang dilahirkan menjadi pribadi yang luhur di masa depan.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prosesi Utama Upacara Mitoni

Terdapat beberapa prosesi utama dalam upacara mitoni, antara lain pertama, siraman pada waktu siang hari karena dipercaya sebagai waktunya para bidadari juga turun dari kayangan untuk mandi. Kedua adalah prosesi brojolan, yaitu memasukan telur kedalam jarik calon ibu, yang diikuti dengan pemotongan tali letrek sebagai simbol membuka jalan lahir.

Selanjutnya akan dimasukkan sepasang kelapa gading muda (cengkir gading) ke dalam sarung dari atas perut calon ibu. Setelah itu akan ada prosesi ganti pakaian sebanyak tujuh kali, di mana calon ibu akan dipakaikan kemben atau kain jarik dengan tujuh motif yang berbeda oleh para sesepuh.

Barulah setelah semua proses selesai, acara mitoni akan ditutup dengan berjualan rujak dan makan bersama. Tradisi ini telah berkembang turun menurun, khususnya di Pulau Jawa. Sebagai masyarakat yang berbudaya dan menghormati nenek moyang, kita sebaiknya melestarikan tradisi tersebut dengan cara menerapkannya dalam kehidupan. 

3 dari 4 halaman

Denny Caknan Makan Rujak

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Sabtu (23/12/2023), selain menjalani rangkaian prosesi adat seperti siraman dan sungkeman, terdapat juga prediksi jenis kelanin calon anak mereka yang masih di dalam kandungan Bella Bonita. Setelah siraman, Bella Bonita diminta membuat rujak untuk Denny Caknan.

Di momen dalam rekaman video yang diunggah kembali melalui akun Instagram @ourday.decorasi itu, tampak Denny Caknan diminta mencicipi rasa rujak buatan sang istri. Rasa tersebut rupanya diyakini menentukan jenis kelamin calon anak mereka.

Usai Denny Caknan menyicipi rujak buatan Bella Bonita, rupanya MC acara mitoni langsung bisa memprediksikan jenis kelamin calon anak Denny Caknan. Sang penyanyi menyebut rujak buatan istrinya memiliki rasa yang gurih.

Terdengar di momen tersebut Denny mengaku rujak buatan Bella Bonita memiliki rasa gurih sekaligus pedas. "Gurih, ada pedasnya," ucap Denny Caknan lantang, mengutip video di akun Instagram @ourday.decorasi yang diambil melalui siaran langsung tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Diperkirakan Jenis Kelamin Anak Laki-Laki

"Berarti gurih dan ada pedasnya. Berarti InsyaaAllah, calon anak mas Denny Caknan dan Bella Bonita nanti laki-laki," ujar MC acara tujuh bulanan itu.

Diketahui, jika rasa rujaknya pedas campur manis, maka diprediksi anak yang akan lahir nanti memiliki jenis kelamin perempuan. Sedangkan jika di luar rasa itu, maka ada kemungkinan bayi yang akan lahir adalah laki-laki.

Acara mitoni bertema utama tujuh bulanan ini, sempat membuat warganet bertanya-tanya perihal usia kehamilan Bella Bonita. Pasalnya, Bella Bonita dan Denny Caknan baru menikah 5 bulan lalu, tepatnya Juli 2023.

Tema tujuh bulanan pun diketahui dari keterangan di unggahan akun Instagram @ourday.decorasi tersebut. "Tingkepan 7 bulanan Bella Bonita & Denny Caknan," begitu keterangan yang disampaikan.

Sebelumnya diketahui, penyanyi hits dari lagu "Wirang", merayakan ulang tahun pernikahan pertamanya dengan Bella Bonita. Dalam momen bersejarah ini, Bella Bonita terlihat memberikan kado spesial yang mengesankan untuk suaminya.

Pada unggahan cerita terbarunya di Instagram pada Selasa 12 Desember 2023, Denny Caknan penuh antusias memamerkan gelang baru yang diberikan sang istri. "Jadi ini gelangku yang dulu itu patah, lama aku gak pake gelang. Makasih ya sayang," kata Denny Caknan, sambil memperlihatkan gelang baru tersebut dalam video di Instagram Story-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.