Sukses

Profil Isaiah Garza, Desainer AS yang Kasih Rumah dan Uang Rp155 Juta untuk Penjual Donat di Bali

Si penjual donat di Bali yang diberikan rumah dan uang sampai menyebut Isaiah Garza sebagai "malaikat."

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Isaiah Garza, desainer Amerika Serikat (AS) yang tengah jadi sensasi online di kalangan warganet Indonesia. Ia kedapatan memberikan rumah dan uang senilai 10 ribu dolar AS (sekitar Rp155 juta) pada seorang penjual donat asal Bali.

Dalam catatan profilnya, dilansir dari Sports Keeda, Rabu (20/12/2023), Garza adalah salah satu bintang TikTok paling terkenal dan dihormati di platform sosial. Terutama dikenal karena aksi sosialnya, pria kelahiran 27 Mei 1990 ini berinteraksi dengan para penggemar melalui video-video, seperti membantu para tunawisma dan telah jadi mentor bagi mereka.

Garza terlahir dari keluarga kaya, dan memiliki "rumah bahagia di Amerika Serikat," menurut outlet itu. Namun, belum ada informasi resmi terkait anggota keluarga si kreator konten.

Sebelum jadi sensasi media sosial, Garza sudah lebih dulu berkecimpung di industri fesyen. Ia diketahui meraih gelar sarjana di bidang bisnis dan pemasaran dari Fashion Institute of Design and Marketing di Los Angeles, AS, pada 2014.

Setelah berkarier di sektor mode, Garza memasuki media sosial dengan akun TikTok-nya, tempat ia mengunggah video harian untuk para penggemar, selain juga tentu konten sosialnya. Salah satu tujuan utama yang disampaikan desainer AS melalui video adalah menghentikan perdagangan manusia.

Pada 2023, Isaiah Garza diperkirakan punya kekayaan bersih berkisar antara 900 ribu-1 juta dolar AS (sekitar Rp13,9 miliar-Rp15,5 miliar), menurut situs Celeb Life Reels. Kekayaan bersihnya dihitung dengan mengumpulkan semua aset, mulai dari properti hingga kehadiran media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beri Kejutan pada Seorang Penjual Donat

Di video yang sudah mencatat tujuh jutaan penayangan saat artikel ini ditulis, Garza berbagi momen ketika ia memberikan kejutan pada pedagang yang diketahui bernama Ni Luh Sri Wulandari. "Saya mengejutkan seorang pedagang kaki lima dengan rumah baru dan (uang tunai) 10 ribu dolar AS," tulisnya di keterangan unggahan, pekan lalu.

Di klip berdurasi 1 menit dan 29 detik, si influencer bercerita bahwa beberapa bulan lalu, ia bertemu dengan pedagang tersebut. Kala itu, Garza meminta donat, tapi menyebut ia tidak punya uang. Mendengarnya, Ni Luh tidak keberatan memberikan tiga buah donat.

Tiba-tiba Garza mengeluarkan uang yang disebut senilai 500 dolar AS (sekitar Rp7,7 juta) dan hendak memberikannya. Tapi, Ni Luh menolak karena menurutnya, sesama manusia harus saling menolong. Ni Luh bercerita ia berjualan untuk membayar pemakaman ayah dan ibunya yang meninggal awal tahun ini.

"Mimpinya adalah punya rumah suatu hari nanti. Terima kasih pada kalian semua, di Natal kali ini, kita memberinya kejutan seumur hidup," tutur Garza.

 

 

3 dari 4 halaman

Disebut Malaikat

Berdiri di depan rumah barunya, Ni Luh terlihat tidak kuasa menahan tangis. Ia berkali-kali mengatakan terima kasih pada Garza, menyebut si kreator konten sebagai malaikat. Tangisnya kembali pecah setelah melihat Garza membawakan uang tunai.

Ia pun terlihat sangat senang berada di dalam rumah yang diberikan untuknya. Di beberapa momen, terlihat Ni Luh melompat kegirangan dan menyunggingkan senyum lebar ke arah kamera. Sebagai ucapan terima kasih, ia juga beberapa kali memeluk Garza yang menyambutnya dengan penuh senyum.

Video ini pun dikomentari sejumlah warganet. Salah satunya menulis, "Ini seriusan? Baik banget om bule. Semoga rejekinya lancar." "Dari donat yang cuma minta satu, eh dikasih tiga, akhirnya berbuah rumah, Alhamdulillah," sambung yang lain. "Rezeki siapa yang tau. Makanya tetep berbuat baik," kata pengguna berbeda.

"Nangis banget liatnya. Jadi ikut terharu," tulis seorang warganet. "Karma baik orangtuanya membuat berkah dirinya. Semoga makin baik. Semangat mbak🤗, " bunyi komentar lain.

4 dari 4 halaman

Konten Viral Lainnya

Konten sarat haru di TikTok sebelumnya dilakukan sejumlah guru di Sekolah Nasional Pos Balar, Gua Musang, Kelantan, Malaysia yang membersihkan rambut murid-muridnya dari kutu, merujuk video akun@cikguoffroad, rangkum Says, dikutip 12 Desember 2023.

"Ada yang memuji dan ada pula yang menghina. Tugas kami bukan hanya mendidik, tapi juga memperlakukan mereka seperti anak sendiri," bunyi keterangan unggahan yang dibagikan, baru-baru ini. "Semua guru begini. Kalau datang ke sekolah, kami bangga karena semuanya ada di sini untuk mereka. Jadi inilah kisah kami di pedesaan. Kami tidak kecewa. Kami hanya melakukan apa yang diperlukan. Itu saja."

Video yang jadi viral di media sosial itu pun mengundang beragam komentar. Sebagian warganet mengaku dibuat haru akan tindakan para guru. "Menangis saya melihat tulusnya pengorbanan para guru," kata salah satunya.

"Semoga Allah limpahkan cinta kasih untuk bapak ibu guru," sambung pengguna berbeda, sementara yang lain berkomentar, "Kalo bersih bisa konsentrasi belajar. Tidak garuk-garuk kepala karena gatal." "Salut banget sama bapak ibu guru yang sangat perhatian," sebut seorang warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini