Sukses

8 Penampilan Menawan Para Artis di FFI 2023, Didominasi Kreasi Wastra Indonesia

Bertabur bintang, malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2023 telah digelar di Ciputra Artpreneur Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Bertabur bintang, malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2023 telah digelar di Ciputra Artpreneur Jakarta, Selasa, 14 November 2023. Di karpet merah, sederet artis memperlihatkan penampilan terbaik mereka, didominasi kreasi ragam wastra Indonesia yang memesona.

Di gelaran itu, merujuk rangkuman kanal Showbiz Liputan6.com per 14 November 2023, Women from Rote Island karya Jeremias Nyangoen kampiun sebagai Film Terbaik dengan total empat piala citra. Budi Pekerti yang mendapat 17 nominasi juga tidak pulang dengan tangan kosong.

Karya Wregas Bhanuteja itu mengantar Prilly Latuconsina meraih piala citra Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dan Sha Ine Febriyanti sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik. Melengkapi sederet prestasi gemilang, berikut beberapa penampilan terbaik dari FFI 2023:

1. Dian Sastrowardoyo

Menenteng tas tangan berbahan anyaman nan khas, Dian Sastrowardoyo tampil dengan kemben hitam berpadan crop outer yang unik. Atasan itu dipadukan dengan bawahan berupa kain batik didominasi warga cokelat bersemburat hijau di beberapa bagian.

Melengkapi itu, ia memakai heels hitam yang menawan, serta aksesori, seperti sepasang anting, kalung, dan bros perak. Rambut Dian ditata dalam kuncir setengah agak messsy, sementara makeup-nya cukup natural, didominasi warna merah muda lembut yang memberi kesan segar.

2. Sha Ine Febriyanti

Penampilan serupa diperlihatkan Sha Ine Febriyanti. Masih memakai kain batik lilit sebagai bawahan, ia memadankannya dengan atasan hitam berkerah shanghai dan bros cukup besar di dada kiri. Bedanya, rambut aktris berusia 47 tahun ini ditata dalam tight bun yang kian menonjolkan sepasang anting yang dipakainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Rachel Vennya

Rachel Vennya, yang terlibat dalam proyek Sleep Call, ditetapkan sebagai Aktris Pilihan Penonton (Piala Dhalia). Di FFI 2023, ia memakai kebaya modern merah dengan detail bordir payet hampir penuh. Melengkapi penampilannya, perempuan berusia 28 tahun ini menata rambutnya dalam sanggul berpadan aksesori mencolok.

Itu selaras dengan sepasang anting emas bulat yang dipakainya. Rachel memilih makeup bernuansa coral nan segar untuk melengkapi keseluruhan look-nya, sementara kuku tangan dalam potongan panjangnya dicat dengan warna gelap.

4. Reza Rahadian

Palet busana Rachel senada dengan yang dipakai Reza Rahadian. Bintang film 24 Jam Bersama Gaspar ini tampil menawan dengan atasan merah penuh payet di bagian kerah, kancing, bawah, dan pergelangan tangan. Itu dipadankan dengan kain batik didominasi warna gelap. Sementara, rambut ikalnya ditata cukup rapi.

5. Prilly Latuconsina

Warna merah juga sedikit terlihat di kebaya modern yang dipakai Prilly Latuconsina. Pemeran Pendukung Wanita Terbaik berkat aktingnya di film Budi Pekerti ini melengkapi penampilannya dengan bros di bagian dada, selaras dengan detail rumit di seluruh busananya.

3 dari 4 halaman

6. Laura Basuki dan Christine Hakim

Merah juga masih jadi warna yang dipilih Laura Basuki dan Christine Hakim. Berbeda dengan yang lain, Laura memilih mengenakan cheongsam modern penuh detail rumit nan menyala. Busana ini membuat kulit cerahnya kian menonjol dengan makeup yang hanya memberi sentuhan warna di bagian bibir.

Di sisinya, Christine tampil dengan atasan berdetail ekor panjang. Busana itu dipadankan dengan wastra berwarna serasi. Sebagai penggenap, ia mengenakan ragam aksesori bernuansa emas nan mencolok.

7. Jajang C. Noer

Jajang C. Noer tampil tidak kalah memesona. Melanjutkan kebiasaannya berwastra di berbagai kesempatan, kali ini ia menyampirkan kain songket sebagai pelengkap penampilan. Padanan serba wastra ini ditata bersama kalung mutiara panjang yang merupakan aksesori klasik tidak lekang waktu.

Cincin yang dipakainya pun bernuansa senada. Penampilan aktris berusia 71 tahun ini kian menawan dengan aksesori rambut yang dipakai, sementara wajahnya dipulas makeup tipis nan natural.

8. Asmara Abigail

Walau memanfaatkan hanya warna hitam, penampilan Asmara Abigail jauh dari kesan simpel. Ia kedapatan memakai crop top berpotongan canggih yang mengilap berpadan kain songket serasi. Padu-padannya dilengkapi makeup mata yang juga menyertakan warna silver, sebagaimana wastra yang dipakai.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemenang FFI 2023

1. Bidang Film

Film Cerita Panjang Terbaik: Women from Rote Island (Rizka Shakira)

Film Dokumenter Pendek Terbaik: Wisisi Nit Meke (Boni Lany, Arif Budiman, dan Harun Rumbarar)

Film Pendek Terbaik: Evakuasi Mama Emola (Anggun Priambodo)

Film Dokumenter Panjang Terbaik: Eksil (Lola Amaria)

Film Animasi Pendek Terbaik: Trungtung (Bony Wirasmono)

2. Bidang Teknis dan Skenario

Sutradara Terbaik: Jeremias Nyangoen (Women from Rote Island)

Pengarah Sinematografi Terbaik: Joseph Christoforus Fofid (Women from Rote Island)

Penyunting Gambar Terbaik: Aline Jusria (Like & Share)

Penata Efek Visual Terbaik: Kalvin Irawan (Sri Asih)

Penata Suara Terbaik: Aria Prayogi, M. Ichsan Rachmaditta dan Muhammad Akbar Patawari (Like & Share)

Penata Musik Terbaik: Abel Huray (Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang)

Pencipta Lagu Tema Terbaik: Yura Yunita, Donne Maulana dan Marchella FP – “Jalan Pulang” dari film Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang

Pengarah Artistik Terbaik: Dita Gambiro (Like & Share)

Penata Busana Terbaik: Retno Ratih Damayanti (Puisi Cinta yang Membunuh)

Penata Rias Terbaik Aktris Handradjasa (Sri Asih)

Penulis Skenario Asli Terbaik: Jeremias Nyangoen (Women from Rote Island)

Penulis Skenario Adaptasi Terbaik: M. Irfan Ramli (24 Jam Bersama Gaspar)

3. Bidang Akting

Pemeran Utama Pria Terbaik: Reza Rahadian (Berbalas Kejam)

Pemeran Utama Wanita Terbaik: Sha Ine Febriyanti (Budi Pekerti)

Pemeran Pendukung Pria Terbaik: Marthino Lio (The Big 4) 

Pemeran Pendukung Wanita Terbaik: Prilly Latuconsina (Budi Pekerti)

4. Penghargaan Khusus

Pengabdian Seumur Hidup: H.M. Soleh Ruslani (sinematografer) dan Raam Punjabi (produser)

Kritik Film Terbaik (Piala Tanete Pong Masak): Like & Share: Yang Tidak Tertangkap Layar dari Rekaman KBGO – Permata Adinda – Cinemapoetica.com 

Film Pilihan Penonton (Piala Lilik Sudjio): Ketika Berhenti di Sini (Yahni Damayanti, Prilly Latuconsina, Umay Shahab, dan Lisbeth Simarmata)

Aktor Pilihan Penonton (Piala A.N. Alcaff): Refal Hady (Ketika Berhenti Di Sini)

Aktris Pilihan Penonton (Piala Dhalia): Rachel Vennya (Sleep Call)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini