Sukses

Makeup Era 80-an yang Serba Menyala Disebut Bakal Jadi Tren di 2024, Berani Coba?

Beberapa riasan era 80-an tersebut menghadirkan nuansa yang berani dan begitu menyala. Menurut para ahli di dunia kecantikan, makeup yang bakal ngetren di 2024 tersebut mulai dari blush cerah hingga eyeshadow biru.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang penghujung tahun, beragam prediksi tren 2024 telah bermunculan. Begitu pula dengan riasan era 80-an disebut-sebut bakal menjadi tren makeup yang banyak digemari di tahun depan.

Beberapa riasan era 80-an tersebut menghadirkan nuansa yang berani dan begitu menyala. Menurut para ahli di dunia kecantikan, makeup yang bakal ngetren di 2024 tersebut mulai dari blush cerah hingga eyeshadow biru.

Bukan hanya itu, masih ada beberapa riasan lain yang masuk dalam daftar menurut para makeup artist. Apa saja? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari Allure, Senin, 13 November 2023, berikut ini.

Perona pipi cerah

Sesuai dengan tema era 80-an yang sangat menyala dan berani, tidak mengherankan jika perona pipi cerah menjadi hal yang populer kala itu. Perona pipi berwarna berani pada dekade ini juga disebut akan kembali.

Makeup artist sekaligus beauty ambassador YSL, J. Brandon Correa merekomendasikan penggunaan pigmented balm yang buildable. "Ini akan memberikan kilau tipis dan tembus pandang pada pipi, menawarkan rona alami yang tidak mencolok," katanya.

Makeup artist yang berbasis di Los Angeles, Carissa Ferreri mengatakan untuk memulai pulasan blush di bawah pupil mata Anda, dan menyapu ke garis rambut. Gunakan krim perona pipi untuk mendapatkan efek lebih lembut dan menyerupai kulit.

Eyeshadow biru

Dari sekian banyak tren makeup warna-warni, eyeshadow biru adalah salah satu yang paling populer dan merupakan simbol era 80-an. Dulu, warna biru muda yang cerah diusap di kelopak mata untuk memberikan estetika yang hampir mirip seni pop.

"Coba gunakan sedikit warna cerah yang akan menambah kesan menarik, namun tidak berlebihan," saran Correa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bibir pink

Bibir tebal tidak pernah benar-benar ketinggalan zaman, namun warna fuchsia yang cerah diasosiasikan dengan era 80-an. Untuk bibir matte, carilah lipstik cair pigmented dengan formula tahan lama.

Jika Anda lebih menyukai hasil akhir satin atau kilap, Correa merekomendasikan penggunaan pigmented balm. Ia menyebut bahwa "(Ini) menawarkan warna cerah dengan kilau tembus pandang, memberi penghormatan halus pada era 80-an tanpa terasa seperti (mengenakan) kostum."

Alis alami dan halus

Alis yang penuh dan lebat secara alami menjadi pilihan utama di era 80-an sebelum pensil alis di era 90-an mengambil alih. Untuk membuat alis Anda terlihat semaksimal mungkin, makeup artist yang berbasis di New York Danielle Waugh merekomendasikan penggunaan primer bulu mata untuk efek menebal.

"Gel alis dimaksudkan untuk melembutkan alis, tetapi jika Anda ingin membuat alis lebih penuh, gunakan primer bulu mata sebagai gantinya," jelasnya.

Waugh mengatakan untuk penataannya bisa dilakukan dengan maskara cokelat atau warna alis untuk memberikan ilusi dalam dan penuh. "Proses dua langkah ini anti-kegagalan," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Kelopak mata warna-warni

Di era 80-an, bibir cerah sering kali dipadukan dengan eyeshadow tebal serupa yang menutupi seluruh kelopak mata pemakainya. "Daripada memilih eyeshadow ungu atau biru dari kelopak mata hingga alis, coba gunakan liner berwarna cerah dengan cara yang berani dan menarik," saran Ferreri.

Ia menambahkan, "Gunakan liner pigmented untuk membuat bentuk grafis, atau sentuhan yang tidak terduga di sudut dalam mata."

Untuk menyatukan tampilan, dia merekomendasikan untuk menjaga base makeup Anda tetap segar dan minimal. Warna bibir netral juga penting dipilih agar penampilan tak megitu mencolok karena banyak elemen yang berani dalam satu riasan.

Tampilan grunge

Gaya glam grunge oleh penyanyi Cher juga sangat populer di era 80-an. Waugh menjelaskan sejak saat itu, tampilannya telah berevolusi dan smoky eye modern telah populer.

Untuk meniru tampilan mata yang mirip dengan Cher, ia menyarankan penggunaan gel liner hitam pigmented yang memungkinkan pengaplikasian sangat presisi dan daya tahan yang lama.

4 dari 4 halaman

Kilau metalik

Hasil akhir metalik adalah sorotan luar biasa di era 80-an, baik pada bibir maupun kelopak mata. Tren dahulu nuansa grunge-nya lebih kental, namun sekarang tren sudah berevolusi menjadi lebih naik level.

Kombinasi warna pink dan ungu

Perpaduan warna pink dan ungu, terbukti tak lekang oleh waktu. "Mengenakan highlighter berwarna merah muda atau keunguan di atas perona pipi di bagian tertinggi tulang pipi dan menyapukannya ke sisi pelipis memberikan kesan era 80-an secara instan," kata makeup artist dan global creative director ADDICTION TOKYO Kanako Takase.

Ia menambahkan, "Selain itu, melapisi kelopak mata dengan warna mutiara keunguan atau kilauan dapat mengubah tampilan ke era 80-an."

Bibir metalik

Kilauan dan warna metalik menjadi perhatian semua orang di era 80-an, mulai dari iklan L'Oreal Paris hingga penampilan khas Grace Jones. Kini, bibir metalik telah hadir dengan nuansa yang lebih lembut dan halus.

Ferreri merekomendasikan untuk memperbarui tren dengan menggunakan bedak berkilau tepat di tengah bibir dan mengaplikasikan tinted gloss di atasnya. "Anda akan mendapatkan sedikit kilau, namun bibir terlihat lebih berisi dan terhidrasi," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini