Sukses

Koleksi Warna Cat Dinding Terinspirasi dari Alam Diperkenalkan Jotun Global Colour Collection 2024

Koleksi warna cat dinding terinpriasi dari alam bertajuk "Canvas," yang masuk dalam Jotun Global Colour Collection 2024, menghadirkan 23 warna, termasuk 10 warna baru yang dikembangkan khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Alih-alih merumuskan tren, Jotun Global Colour Manager, Lisbeth Larsen, mengatakan, pihaknya lebih memilih merekomendasikan warna cat dinding yang membuat "hidup jadi lebih baik." Ia bahkan menyebut bahwa sudah beberapa tahun terakhir sejak mereka sama sekali berhenti memikirkan tren.

"Kami bukan ingin mengatakan warna ini, warna itu, bagus bila berada di sekitar Anda, tapi memberi pilihan (warna mana) yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda," katanya saat jumpa pers di bilangan Jakarta Pusat, Kamis, 2 November 2023.

Ia menyambung, "Jadi, narasinya bukan lagi soal tren warna, tapi menjawab kebutuhan setiap orang. Misalnya, ia mau tidur lebih nyenyak atau lebih produktif. Nuansa ini bisa dihadirkan melalui warna."

Berangkat dari pemikiran "mana yang baik untuk seseorang," timnya berkesimpulan bahwa alam merupakan entitas terkuat pemberi manfaat bagi manusia. Dari alam pula, pilihan warna tersaji luas. "Tidak ada inspirasi lebih besar dari alam bila berbicara tentang warna," imbuh Lisbeth.

Menyambung gagasan keluwesan yang lekat dengan alam, rangkaiannya kemudian disatukan dalam koleksi bertajuk "Canvas." Dalam keterangannya, President Director PT Jotun Indonesia, Ram Ramnath menyampaikan, "Jotun memahami bahwa rumah memiliki makna mendalam, lebih dari sekadar sebuah struktur fisik."

"Di luar fungsinya sebagai tempat beristirahat dan tinggal, rumah jadi wadah untuk mengekspresikan kreativitas dan memperkuat identitas diri, layaknya kanvas," ia menambahkan. "Karenanya, Jotun berupaya mendorong setiap pemilik rumah berani mengungkap sisi seniman dalam diri mereka melalui Jotun Global Colour Collection 2024."

"Dengan cara ini, para pemilik rumah dapat terinspirasi dan terfasilitasi untuk mempersonalisasi setiap ruang di dalam hunian," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Koleksi Canvas

Koleksi "Canvas" menghadirkan 23 warna, termasuk 10 warna baru yang dikembangkan khusus untuk tahun 2024. Palet warnanya menekankan ketenangan dan keseimbangan yang terinspirasi alam. Lisbeth berbagi, "Di tengah dunia yang semakin sibuk dan terhubung, warna-warna menenangkan jadi pengingat untuk melambat, merenung, dan mengapresiasi keindahan secara sederhana."

Karena terinspirasi dari alam, hijau dengan berbagai tingkat warna termasuk dalam rangkaiannya. Tidak ketinggalan, ada juga biru segar dan abu-abu lembut yang menghadirkan nuansa meditatif dari langit dan laut. Tersedia pula warna cokelat dan krem dari alam yang menciptakan rasa keterikatan.

Sementara itu, kuning keemasan bermaksud memberi sentuhan suasana kebahagiaan. Berikut adalah jajaran koleksi warna dari Jotun untuk tahun 2024: 

  • 1376 Mist – putih keabu-abuan yang hangat
  • 12075 Soothing Beige –sentuhan krem ​
  • 12290 Antwerp Beige – krem ​​yang lembut (warna baru)
  • 12291 Soft Brown – cokelat keemasan yang kalem (warna baru)
  • 1632 Rock Sugar – nada cokelat keemasan
  • 9925 Fahm – abu-abu "dingin" yang netral
  • 12078 Comfort Grey – abu-abu teredam yang lembut
  • 12077 Sheer Grey – warna abu-abu bercampur krem ​​muda
  • 5081 Silver Moon – warna abu-abu kebiruan yang sejuk
  • 4947 True Blue – biru segar (warna baru)

 

3 dari 4 halaman

Mana yang Diprediksi Jadi Hit?

  • 9918 Classic White – putih netral
  • 20218 Healing Lavender – warna ungu lembut (warna baru)
  • 2300 Deep Soil – warna merah kecokelatan yang kalem
  • 2224 Indi Pink – merah muda keemasan yang lembut (warna baru)
  • 20217 Muted Coral – oranye keemasan yang lembut (warna baru)
  • 1622 Reflection – putih keabu-abuan yang hangat
  • 1775 Fresh Pasta – warna kuning pastel
  • 7386 Pistachio – hijau kekuningan nan segar (warna baru)
  • 7685 Subtle Green – hijau lembut (warna baru)
  • 7686 Mindful Green – hijau teredam (warna baru)
  • 8583 Earthy Yellow – kuning kalem (warna baru)
  • 0288 Mexico – kuning kehijauan
  • 8493 Green Tea – hijau keemasan

Di antaranya, Lisbeth memprediksi bahwa secara global, Earthy Yellow dan Antwerp Beige bakal jadi yang paling hit. Mengapa demikian? "Saya tahu dari pola sebelumnya," ia berkata. "Orang menyukai warna netral. Pigmen merah di Antwerp Beige membuatnya jadi lebih hangat."

"Lalu, warna-warna netral ini juga membuatnya jadi lebih mudah dipadukan dengan warna lain, entah dalam konteks cat dinding maupun furnitur di ruangan tersebut," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Warna yang Bikin Rileks

Dalam menyusun rekomendasi warna cat dinding tahunan, Lisbeth menambahkan bahwa pihaknya sengaja tidak sepenuhnya memperkenalkan warna baru. "Warna-warna timeless tetap kami rekomendasikan. Artinya, warna-warna ini memang dirancang tidak lekang waktu, (trennya) tidak hanya berlangsung selama setahun, kemudian hilang," sebutnya.

Di Indonesia, Brand and Communication Manager PT Jotun Indonesia, Zenitha Fitriati, menyebut bahwa cat dinding warna putih dan krem memang masih jadi jagoan. "Tapi, seiring tahun dan kami perkenalkan rekomendasi warna lain, pelanggan baru sadar, 'Oh ternyata bagus ya.' Jadi, memang harus diinspirasi," ia mengatakan.

Desainer Interior dan co-founder Domisilium Studio & DMDIO, Hamphrey Tedja, menambahkan, "Tahun depan, pemilihan warna untuk desain interior akan mengarah pada warna-warna yang membantu kita lebih rileks. Dalam kombinasinya, Anda dapat memilih warna-warna dengan tingkat intensitas yang sama untuk kombinasi nuansa berbeda."

Selain, ia menyambung, bisa juga memilih warna yang berlawanan untuk memberi kegembiraan dan minat tertentu dalam ruangan.

Selaras dengan itu, seniman Rachel Ajeng menutup, "Mengungkap kreativitas, salah satunya melalui warna, merupakan bentuk paling dasar dari penyampaian diri, menghargai bahwa setiap individu adalah seniman dengan cara mereka sendiri."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini