Sukses

Acara Syukuran Khitanan Mewah bak Resepsi Pernikahan, Tampilan Sang Ibu Jadi Sorotan

Acara khitanan ini berlangsung mewah lengkap dengan dekorasi seperti resepsi pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai umat Islam, orangtua yang memiliki anak lelaki bertanggung jawab untuk melaksanakan khitanan anak-anak mereka. Khitanan, selain memiliki nilai signifikan dalam aspek agama, juga terbukti memberikan manfaat kesehatan yang penting.

Setelah khitan atau sunat dilakukan, biasanya akan digelar syukuran sederhana. Namun, baru-baru ini, sebuah syukuran khitanan menjadi viral karena kemewahannya.

Suasana syukuran khitanan terasa seperti sedang berada di sebuah resepsi pernikahan yang megah. Orangtua anak itu tampil all out dengan sang ayah memakai jas dasi berwarna ungu dan sang ibu mengenakan gaun lilac yang dihiasi mutiara dan mahkota.

Tamu yang tidak paham seketika akan mengira sang ibu adalah mempelai wanita. Gaunnya yang begitu mewah sampai-sampai memerlukan beberapa orang untuk membantunya saat berjalan ke tempat acara.

Dari kejauhan juga, terlihat lapangan yang telah diubah menjadi tempat megah dengan tenda yang dihiasi dekorasi bak resepsi pernikahan. Panggungnya didekorasi beraneka macam bunga. Tenda itu juga dihiasi lampu-lampu kristal gantung. 

Yang membedakan, kehadiran anak lelaki yang baru saja dikhitan berada di panggung. Si anak juga didandani tak kalah bergaya dengan jas dan kalung bunga melati dikalungkan ke lehernya.

Saat sang anak tiba bersama kedua orang tua dan adiknya, mereka disambut dengan asap buatan. Dalam klip berdurasi 52 detik tersebut, tampak beberapa tamu yang mengenakan seragam pink, mirip dengan seragam bridesmaid dan groomsmen dalam pernikahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Bridesmaid dan Groomsmen

Kemewahan tidak hanya terhenti di situ, tersedia sebuah pelaminan yang dihiasi dengan berbagai macam dekorasi bunga yang memukau di belakangnya. Momen itu pertama kali dibagikan melalui akun TikTok @nafismanagement pada Kamis, 2 November 2023. "Emang boleh khitanan Se mewah ini?" Tulis akun tersebut sebagai keterangan pada video.

Video tersebut pun segera menjadi viral, memicu beragam komentar dan reaksi dari warganet yang terkejut dengan tingkat kemewahan acara khitanan ini.

"Ini mah emang emaknya aja yg prngen d makeup in lagi kek pengantin baru😂," ujar salah satu akun di kolom komentar.

"Hhi kalau ada uang aku juga mau ky gini pas khitanan anakku, dulu soalnya pas nikah ga pesta mewah," tulis akun lainnya.

"Emaknya berasa wedding lagi. gaunnya masyaallah, bagus weh dekornya," timpal salah satu akun.

"Akhirnya anak ga nanya lagi dia dimana pas org tuanya pesta nikah. Berkat sunat ini jadi ada foto nya kyk pas pernikahan dulu 😂," bubuh akun lainnya menanggapi.

3 dari 4 halaman

Jadi Atraksi Wisata Para Turis Asing

Dalam kesempatan berbeda, resepsi pernikahan yang berlangsung di Yogyakarta mendadak jadi buah bibir setelah didatangi sejumlah turis asing. Merujuk video yang dibagikan akun TikTok @argtnjl, baru-baru ini, sekelompok warna negara asing (WNA) dipotret bersama pasangan pengantin bak tamu undangan. Setelah berfoto, si pengantin perempuan dengan sopan sedikit menunduk, sepertinya mengucapkan terima kasih.

Berbeda dengan pasangan pengantin yang berbaju adat Jawa didominasi warna merah, para "tamu dadakan" ini mengenakan busana kasual, dari kaus sampai celana pendek, mengingat mereka tidak berniat mendatangi acara tersebut. Rekaman yang sudah mencatat 300 ribu penayangan saat artikel ini ditulis dan mengundang banyak komentar.

"Ini di mana kok bisa ada bule pada masuk? 🤣," tanya seorang waganet, yang dijawab si pemilik akun, "Ternyata emang venue-nya suka dipake tourist kaa wkw." "Kok bisa😭," kata yang lain. "Aku juga bingung kak," balas si pengunggah video.

Beberapa warganet menyoroti kemungkinan turis asing itu tertarik karena gaun pengantin yang menawan. "Lucu banget kak hahaha mungkin terkesima sama kostum adat kita juga si karena kalo di luar, wedding biasa aja kan rias dan gown-nya," komentar seorang warganet.

"Mungkin dikira acara wisata budaya lokal😂," kata yang lain. "Lucu juga nih tamu tak diundangnya," kelakar warganet.

4 dari 4 halaman

Resepsi Pernikahan Ahli Nutrisi

Sebelum ini, pesta pernikahan ahli gizi yang menyertakan total kalori dari setiap sajian di sana sudah lebih dulu menarik perhatian. Merujuk unggahan akun @farchuuu, yang telah mencatat tiga juta penayangan saat artikel ini ditulis, tampak ia bersama beberapa teman menikmati hidangan pesta pernikahan tersebut.

Salah satunya tertulis bahwa chocolava ice cream yang disajikan mengandung sekitar 335 kkal per porsi. "Seru bingits," tulisnya singkat sebagai keterangan unggahan. Warganet pun turun ke kolom komentar untuk berbagai ragam tanggapan.

Salah satunya berkelakar, "Kondangan anak psikologi= tiap menu ada aja masalahnya 😭." Ada juga yang menulis, "Kondangan anak farmasi; tiap menu ada dosisnya😭."

"Kondangan pakar ekonomi : setiap menu ada harganya 😭🤣," sahut yang lain, sementara pengguna berbeda berkomentar, "Kondangan anak sejarah : setiap menu ada cerita sejarahnya." "Kondangan orang hukum : semua makanan ada undang-undangnya," timpal yang lain.

"Kondangan arkeolog: semua menunya tulang," komentar seorang warganet, yang ditanggapi si pengunggah video, "Haha 😭😭😭😭😭 tolong ini paling jauh." "Tamu awam yang lagi diet nurunin berat badan langsung overthinking," begitu komentar berbeda di unggahan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.