Sukses

Penggemar BTS, ARMY Indonesia Sukses Galang Donasi Lebih dari Rp1 Miliar untuk Penyintas di Palestina

Penggemar BTS atau akrab disapa ARMY, dikenal kerap menyuarakan dan menggerakkan misi mulia bagi sesama. Salah satu kabar teranyar adalah ARMY Indonesia yang berhasil menggalang donasi lebih dari Rp1 miliar untuk para penyintas perang di Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar BTS atau yang akrab disapa ARMY, dikenal kerap menyuarakan dan menggerakkan misi mulia bagi sesama. Salah satu kabar teranyar adalah ARMY Indonesia yang berhasil menggalang donasi lebih dari Rp1 miliar untuk para penyintas perang di Palestina.

ARMY Indonesia melalui akun Instagram @army_indonesiaa awalnya membagikan kabar galang donasi pada 18 Oktober 2023. "Kami BTS ARMY INDONESIA bersama @humaninitiative_id dan teman baik ARMY lainnya akan membantu saudara kita di Palestina yang terdampak dalam konflik sejak beberapa minggu lalu," demikian bunyi keterangan tersebut.

Pihaknya menyebut bahwa akibat perang, warga Palestina membutuhkan beragam bantuan, mulai dari perlindungan, layanan kesehatan, shelter, air, sanitasi, kebersihan, hingga makanan. Mereka mengajak untuk berdonasi melalui laman solusipeduli.org/btsarmypedulipalestina.

"Ini bukan soal agama tapi kemanusiaan.Donasi kalian akan sangat membantu dan berarti untuk mereka🙏ARMY silahkan bantu sebarkan💜," demikian lanjut mereka.

Merujuk dari laman solusipeduli.org, donasi pertama dibuka sejak 18 Oktober 2023 dengan total kebutuhan Rp1 miliar. Donasi resmi ditutup pada Senin, 23 Oktober 2023 dengan donasi terkumpul sebesar Rp1.020.516.414.

Setelah donasi yang dibutuhkan terkumpul, ARMY Indonesia kembali mengabarkan hal tersebut dalam unggahan pada Senin, 23 Oktober 2023. "Hallo orang-orang baik!! TOLONG BACA CAPTION SAMPAI HABIS🙏 Alhamdulillah kemarin ARMY Indonesia & Human Initative sudah melakukan meeting koordinasi yg juga bisa diikuti teman-teman donatur melalui Live Instagram," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucap Syukur

Mereka pun turut menjelaskan poin penting dalam meeting tersebut. "Semoga sedikit penjelasan ini bisa meluruskan semua hal-hal negative yg dari kemarin banyak diragukan🙏Sekali lagi seperti yg sudah admin sampaikan dalam meeting koordinasi kemarin, project ini kami gerakan atas dasar kemanusiaan & ditujukan untuk semua masayarakat indonesia, bukan hanya ARMY/Kpopers," bunyi keterangan itu.

"Jadi keberhasilan project ini bukan hanya karna 1 fandom tapi karna kebaikan hati masyarakat Indonesia yg tergerak untuk membantu saudara kita di palestina," tambahnya.

Pihaknya turut berharap bantuan yang disalurkan nantinya dapat bermanfaat bagi penyintas di Palestina. Selain itu, ARMY Indonesia juga berharap peperangan dapat segera dihentikan.

"Untuk selanjutnya, kami berharap tetap mendapat kepercayaan dari teman-teman jika dikemudian hari kami kembali menggerakan kegiatan kemanusiaan untuk membantu saudara kita yg membutuhkan dimanapun tempat & lokasinya. Terimakasih banyak!! Semoga hal-hal baik selalu bersama kita🤲 Sehat sehat semuanya💜

White Love, ARMY Indonesiaa Team," tutup mereka.

3 dari 4 halaman

Alur Distribusi Donasi

Dalam unggahan berbeda, mereka juga mengungkapkan alur distribusi donasi BTS ARMY Indonesia Peduli Palestina. Dalam video itu, tertera bahwa penyaluran dengan periode 22--31 Oktober 2023 dilakukan untuk:

  • Penyaluran melalui dua mitra lokal Human Initiative di Gaza
  • Bantuan terbagi dalam dua tahap, tahap pertama Rp412 juta dan tahap kedua Rp608.561.414.
  • Bantuan berupa pangan (makanan siap saji dan obat-obatan.

Kemudian laporan periode 25 Oktober 2023 hingga 5 November 2023 terdiri atas:

  • Laporan update penyaluran (foto dan video)
  • Laporan akhir penyaluran program tahap 1.

Semangat berbagi pada sesama melalui penggalangan donasi oleh ARMY Indonesia dan Human Initative ini pun mendapat berbagai pujian. Hal tersebut terlihat dari deretan respons yang membanjiri kolom komentar unggahan fandom tersebut.

"Proud of you army 💜Panjang umur segala hal baik 🫶," bunyi salah satu komentar.

"TERHARU BANGET🤧🇸🇩💗," lanjut lainnya.

Tanggapan lainnya berbunyi, "Proud of you army ❤️💜🤲🇵🇸."

"💜💜💜💜💜 proud of u army, sehat" org org baik ❤️," tambah lainnya.

4 dari 4 halaman

Fans BTS Kumpulkan Donasi Rp447 Juta untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Dikutip dari Health Liputan6.com, ARMY Indonesia sebelumnya juga menggalang dana untuk membantu korban tragedi Kanjuruhan. Kurang dari seminggu dana yang terkumpul sudah mencapai Rp447 juta per 5 Oktober 2022.

Penggalangan dana tersebut dilakukan oleh BTS ARMY Project Lombok melalui platform donasi Kitabisa dengan tajuk 'ARMY INDONESIA UNTUK KORBAN KANJURUHAN'. Proses penggalangan tersebut tadinya berlangsung hingga 16 Oktober 2022.

Dana terkumpul jauh lebih cepat dari hari yang ditentukan. Maka, penggalangan dana ditutup pada 5 Oktober 2022.

Aksi penggalangan dana tersebut menuai respons positif dari warganet. Sebagian warganet di Twitter mengungkapkan rasa terima kasih kepada donatur serta ARMY Indonesia.

"Terima kasih mas-mas BTS dari Korea Selatan atas partisipasinya menggalang dana donasi ARMY INDONESIA UNTUK KANJURUHAN. Semoga amal ibadah kalian diterima Allah SWT. Dana terkumpul saat ini hampir setengah milyar," kata akun @joko_tulus melalui cuitannya di Twitter, Selasa, 4 Oktober 2022.

Ungkapan terima kasih lainnya juga diucapkan oleh akun twitter @bidaldari, "Terimakasih banyak untuk fans BTS (ARMY) kalian bener bener berarti. sukses terus untuk kalian, we love you ❤️"

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini