Sukses

Solo Ungguli Yogyakarta Sebagai Kota Paling Layak Huni di Indonesia, Warganet Singgung Pilpres 2024

Selain Solo dan Yogyakarta, ada lima kota lain yang masuk ke dalam daftar kota paling layak huni di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kota Solo atau Surakarta saat ini meraih peringkat pertama di jajaran 40 kota paling layak huni di Indonesia. Penilaian ini diberikan oleh sebuah halaman situs akademi, Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) 2022.

Informasi tersebut diketahui dari laman resmi IAP dan kemudian dibagikan ulang oleh akun Instagram @goodstats.id pada 20 Oktober 2023. Kota Solo meraih poin rata-rata 77,1. Solo menjadi kota paling layak huni setelahnya ada Yogyakarta yang berada di peringkat kedua dengan nilai 75,3.

"Solo tercatat sebagai kota paling layak huni di Indonesia pada 2022. Kota di Jawa Tengah ini meraih skor Most Livable City Index (MLCI) sebesar 77,1 dari skala 100 poin," tulis unggahan akun @goosstats.id.

Skor itu didasarkan pada survei persepsi warga terkait 28 indikator, yang terdiri atas fasilitas kesehatan, transportasi, keamanan, ketahanan pangan, pengelolaan sampah, dan pelayanan pemerintah di masing-masing kota. Selain Solo dan Yogyakarta, ada lima kota lain yang masuk ke dalam daftar kota paling layak huni yakni kota dengan nilai index livability di atas rata-rata.

Kelima kota tersebut yakni Cirebon (74,4), Magelang (73,4), Semarang (73,3), Kediri (72,3) dan Mataram (72.2). Melansir dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Ketua Kompartemen Livable City IAP Elkana Catur mengatakan bahwa Solo terpilih menjadi kota yang memiliki nilai paling tinggi dan konsisten menjadi kota yang layak huni bagi warganya.

Berdasarkan data kota layak huni, pada 2017 indeks kota layak huni Solo mencapai 66,9 persen. Nilai itu menjadi yang terbaik mengungguli nilai kota-kota lainnya seperti Semarang, Balikpapan, Denpasar, dan Palembang. Selain itu, aspek ketercukupan pangan dan fasilitas peribadatan serta pelayanan keagamaan dari sebuah kota juga menjadi aspek paling memuaskan bagi masyarakat dengan presentase mencapai 76 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kota Solo dan Bacawapres

Aspek ketiga yang dirasa cukup membuat masyarakat Indonesia merasa nyaman tinggal di kotanya yaitu pengelolaan air bersih, angkanya mencapai 75 persen. "Fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan juga menjadi poin plus masyarakat merasa nyaman hidup di kotanya, kedua angkanya sama yaitu 71 persen," terangnya.

Selain itu, Kota Solo, yang juga dikenal sebagai Surakarta ini telah menjadi magnet bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tak hanya destinasi wisata yang menakjubkan, namun Kota Solo juga menjadi pusat kegiatan seni dan budaya.

Unggahan tersebut mendapat beragam komentar di Instagram. Beberapa warganet menanyakan kenapa yang terpilih hanya kota-kota di Pulau Jawa saja. 

Ada juga yang mengkaitkan pemilihan tersebut berkaitan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming telah diumumkan menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Prabowo Subianto yang menjadi bakal calon presiden (bacapres).

Namun semua komenar itu kini tak bisa dilihat lagi meski kita masih memberika komentar di akun @goodstats.id. Padahal unggahan itu sidah mendapatkan lebih dari 1.040 komentar dan disukai lebih dari 16 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Taman-taman di Solo

Entah ada kaitamnya atau tidak, Gibran sudah resmi diumumka Prabowo Subianto sebagai bakal cawapres dari Koalisi Indonesia Maju sebagai bacawapres di Pilpres 2024 pada Minggu, 22 Oktober 2023. Sementara itu, saat mengunjungi Solo kita bisa menikmati berbagai destinasi wisata.

Kita bisa berjalan-jalan santai di beberapa taman. Bukan sekadar taman biasa, taman di Kota Solo juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap yang memadai.

Anda bisa berjalan-jalan di taman saat sore hari sambil menikmati suasana kota. Beberapa taman Kota Solo juga sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap, mulai dari area bermain, gazebo, hingga jaringan internet atau wifi. Dilansir dari kanal Regional Liputan6.com, 31 Agustus 2023, salah satunya adalaj Taman Bendungan Tirtonadi yang berlokasi di Jalan Popda No.9, Nusukan, Banjarsari, Kota Surakarta.

Taman ini diresmikan pada 2019. Taman Bendungan Tirtonadi memiliki jembatan yang melintas di atas sungai. Uniknya, jembatan tersebut terbuat dari kaca, baik untuk lantai maupun pembatas kanan dan kirimya. Selain jembatan, ada juga area tempat duduk sanati di pinggir sungai.

4 dari 4 halaman

Taman Cerdas Soekarno-Hatta di Solo

Lalu ada Taman Cerdas Soekarno-Hatta yang berlokasi di Jalan Ki Hajar Dewantara, Jebres, Kota Surakarta. Taman ini juga dikenal dengan nama Taman Cerdas Jebres.Lokasi taman ini berada di utara kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) atau tepat di belakang Solo Technopark.

Tak hanya dilengkapi taman bermain, taman ini juga memiliki ruang serbaguna, perpustakaan, ruang IT, teater terbuka, ruang audio visual, radio anak, hingga gamelan. Taman ini sekaligus bisa menjadi sarana belajar kesenian.

Selain itu ada Taman Pracima berlokasi di Jalan RA Kartini, Timuran, Banjarsari, Surakarta. Taman ini berada di kawasan Kompleks Pura Mangkunegaran.Tak hanya sebagai tempat jalan-jalan, taman ini juga bisa dijadikan tempat mengenal kebudayaan. Pengunjung bisa berkenalan dengan kuliner, busana, keseniaan, dan segala hal yang berhubungan dengan tradisi Jawa.

Daya tarik lain taman ini adalah adanya restoran dengan menu khas Pura Mangkunegaran. Para pengunjung juga bisa merasakan berbagai menu yang dahulu jadi hidangan raja, seperti dendeng age, brubus, dan garang asem.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.