Sukses

Profil Benny Rustanto, Pemilik Surya Airways Maskapai Baru Indonesia

Sebelum mendirikan Surya Airways, Benny Rustanto diketahui pernah menjabat sebagai Director of Commercial & Cargo PT Citilink Indonesia, anak usaha dari Garuda Indonesia pada 2018 hingga 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi maskapai penerbangan yang akan mengudara di langit Indonesia. Surya Airways yang pemiliknya diketahui bernama Benny Rustanto pun menjadi sorotan, seperti apa sosoknya?

Mengutip dari kanal Bisnis Liputan6.com, Jumat (20/10/2023), Benny Rustanto merupakan Founder dan Komisaris dari Raindo United Services. Dari laman linkedin pribadinya terungkap perjalanan kariernya sebelum mendirikan perusahaan maskapai penerbangannya sendiri.

Ia diketahui pernah menjabat sebagai Director of Commercial & Cargo PT Citilink Indonesia, anak usaha dari Garuda Indonesia pada 2018 hingga 2022. Benny juga tercatat pernah menjabat sebagai Chief Executive Officer PT Angkasa Transportindo Selaras.

Jabatan lainnya yang pernah ia pegang adalah Founder & President Commissioner PT Rustanto Utama Sejahtera (RUS Group) dan Founder & Commissioner PT Rusky Aero Indonesia (RUS Group). Informasi keberadaan maskapai penerbangan Surya Airways disampaikan Benny melalui unggahan di Instagram pribadinya @bennyrustanto.

Surya Airways diketahui berada di bawah naungan PT Surya Mataram Indonesia yang memiliki basis di Yogyakarta. Melalui Instagram Benny, dia juga mengunggah izin usaha yang diterbitkan pemerintah untuk penerbangan berpenumpang.

Izin yang ditebitkan pada 9 Oktober 2023 itu memuat mengenai Sertifikat Standar Angkutan Udara Niaga Berjadwal (SS-AUNB). Pada surat itu tertuang juga Kode Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI). Tertuang surat merujuk pada nomor 51103 - Angkutan Udara Niaga Berjadwal Luar Negeri untuk Penumpang atau Penumpang dan Kargo dengan status terverifikasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Singkat Surya Airways

Sebelumnya, Benny sempat mengunggah sebuah video singkat yang mengabadikan lanskap Jakarta dari udara dengan lima orang berjalan sambil menarik koper. Detail video lain menunjukkan gambar yang diambil di bandara, kemudian ada kisi-kisi penampakan dalam dan kokpit pesawat.

Ada pula ilustrasi Surya Airways yang pesawatnya tampak berwarna putih-biru tersebut. Di akhir video, ada logo dan tulis Surya Airways menghiasi.

Tak banyak keterangan yang dibagikan Benny terkait unggahan tersebut. "Its coming to at your service 🙏✈️🙇‍♂️🎁 #kerjaanakbangsa #indonesia #airline | Surya Airways for your needs," tulisnya di unggahan Senin, 16 Oktober 2023.

Masih di hari yang sama, Benny kembali mengunggah potret badan pesawat. "Is it ATR 72-600 or 777-300ER? Or would it be both better? #kerjaanakbangsa #indonesia #airline," tanyanya. 

Belum diketahui tanggal pasti peluncuran resmi maskapai ini. Berdasarkan pantauan di laman resmi Surya Airways, Kamis, 19 Oktober 2023, banner teratas laman maskapai baru ini bertuliskan "We Connect You" dengan potret pesawat.  

3 dari 4 halaman

Rute Perjalanan Surya Airways

Beberapa fitur terlihat berjejer, mulai dari Plan Travel, Flying with Us, Travel Info, Surya Flyer, dan For Businesses yang ketika diklik tertulis "coming soon." "Alhamdulillah, wait for us and its coming the passengers Airlines - Surya Airways is coming soon to you," tulis Benny dalam unggahannya.

Di bagian tengah laman, ada menu "Book Trip" yang menyertakan daftar rute. Ketika diklik, Surya Airways tampaknya akan melayani penerbangan dari dan ke:

Jakarta - Halimperdana Kusuma Airport

Medan - Kualanamu International Airport

Batam - Hang Nadim International Airport

Gunung Sitoli - Binaka Airport

Bali - I Gusti Ngurah Rai International Airport

Penang - Penang International Airport

Pada menu "Higlights," ada pula potret dari beberapa kota di Indonesia dan Penang dengan penjelasan singkat. Di bagian bawah, terlihat beberapa opsi mulai dari City Guides, Top Destinations, Popular Flight, Company, Security & Transparency, dan Careers yang masih bertuliskan "coming soon" saat mencoba mengngklik halaman situs.  

4 dari 4 halaman

Benny Rustanto Juga Kembangkan Pesawat Kargo

Mengutip unggahan dari laman LinkedIn perusahaan, tertuang deskripsi soal rencana Surya Airways ini. Maskapai tersebut berambisi memberikan pengalaman berharga bagi penumpangnya.

"Surya Airways percaya bahwa Maskapai Penerbangan tidak hanya mampu membawa penumpang dari satu tempat ke tempat lain, namun juga menciptakan pengalaman dan kenangan yang berharga seumur hidup," seperti dikutip dari laman resminya.

"Dengan komitmen terhadap kenyamanan dan layanan yang dipersonalisasi, kami bertujuan untuk menjadikan diri kami sebagai contoh bagaimana sebuah Maskapai Penerbangan dapat bekerja ekstra dalam menciptakan pengalaman yang tak terlupakan. Surya Airways menawarkan serangkaian layanan dan fasilitas eksklusif untuk memenuhi kebutuhan penumpang kami, memastikan perjalanan yang luar biasa dari titik ke titik," keterangan di laman perusahaan.

Tapi sebagai pemain baru di pesawat penumpang yang akan bersiap mengudara, Benny juga menyiapkan maskapai kargo berjadwal terbaru Raindo United Services (Raindo) yang telah resmi menerima Sertifikat Operator Penerbangan (Air Operator Certificate) AOC-075. Sertifikat ini diberikan Otoritas Penerbangan Nasional, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Kementerian Perhubungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.