Sukses

Profil D.O EXO yang Dilaporkan Hengkang dari SM Entertainment dan Bikin Agensi Sendiri

D.O EXO, menghebohkan industri musik K-Pop dengan pengumuman keluarnya dari SM Entertainment dan menggandeng Nam Kyung Soo untuk mendirikan perusahaan SooSoo Chompa.

Liputan6.com, Jakarta - Do Kyungsoo, atau yang lebih dikenal dengan nama D.O dari grup EXO, menghebohkan industri musik K-Pop dengan pengumuman keluarnya dari agensi raksasa, SM Entertainment. Kabar ini tentu menjadi kejutan bagi para penggemar, mengingat D.O telah bersama SM Entertainment sejak awal debutnya bersama EXO.

SM Entertainment melalui media Daily Sports, sebagaimana dilansir dari Koreaboo pada Rabu, 18 Oktober 2023 mengonfirmasi berakhirnya kontrak eksklusif D.O dengan agensi tersebut. Namun, meskipun kontrak dengan SM Entertainment berakhir, D.O memutuskan untuk tetap menjadi anggota EXO. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi EXO-L, sebutan untuk penggemar grup tersebut.

Dari pernyataan resmi SM Entertainment, terungkap bahwa meskipun D.O telah meninggalkan agensi tersebut, ia akan tetap berkolaborasi dengan mereka dalam kegiatan promosi EXO. "Kontrak eksklusif D.O akan berakhir pada awal November. Namun, setelah berdiskusi, kami sepakat untuk tetap berkolaborasi dalam aktivitas promosi EXO," jelas juru bicara SM Entertainment, seperti dikutip oleh Soompi, Rabu, 18 Oktober 2023.

Selain itu, ada indikasi kuat bahwa D.O berencana mendirikan agensi sendiri. Hal ini diperkuat dengan pernyataan bahwa D.O akan mengembangkan aktivitas solonya melalui perusahaan baru yang akan ia dirikan. Menariknya, ia akan berkolaborasi dengan mantan manajer SM Entertainment, Nam Kyung Soo, dalam pendirian agensi ini.

Nam Kyung Soo bukanlah sosok asing bagi EXO-L, karena ia telah bersama D.O sejak awal karirnya dan dikenal memiliki hubungan yang dekat dengan D.O.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Agensi Baru SooSoo Chompa

D.O. sering menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Nam Kyung Soo setiap kali ia mendapatkan penghargaan, baik di dunia musik maupun akting. Kedekatan mereka tentu menjadi salah satu alasan kuat mengapa keduanya memutuskan untuk bekerja sama dalam mendirikan agensi baru.

Agensi baru yang akan mereka dirikan kabarnya akan dinamai SooSoo Compa. Meskipun baru, banyak yang berharap bahwa SooSoo Compa akan menjadi agensi yang mampu membangun karier D.O. ke level yang lebih tinggi lagi.

Pada sisi lain, kabar mengenai kontrak beberapa member EXO juga menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar dan media. Sebelum D.O., Sehun dan Chanyeol juga dikabarkan akan berakhir kontraknya dengan SM Entertainment. Beredar kabar bahwa keduanya akan bergabung dengan agensi baru yang didirikan oleh mantan CEO iHQ, Jung Hoon Tak. Namun, hal tersebut langsung ditepis oleh SM Entertainment.

Melalui pernyataan resmi mereka, SM Entertainment menegaskan bahwa Sehun dan Chanyeol tidak akan pindah agensi. "Kontrak yang telah mereka tanda tangani bersama kami pada akhir tahun lalu masih berlaku, dan aktivitas EXO sebagai grup tentunya akan terus berlanjut di bawah bendera SM Entertainment," jelas perwakilan dari SM.

3 dari 4 halaman

Profil D.O EXO

D.O merupakan salah satu bintang Korea Selatan yang bersinar di dua dunia, yaitu dunia akting dan dunia musik. Sebagai bagian dari boygroup ternama EXO yang berada di bawah naungan SM Entertainment, D.O. telah memberikan kontribusi besar dalam membawa EXO mencapai puncak popularitas.

Melansir KProfiles, Kamis, (19/10/2023), D.O. lahir pada 12 Januari 1993, berbintang zodiak Capricorn, memiliki postur tubuh dengan tinggi 173 cm dan berat sekitar 60 kg. D.O. memiliki golongan darah A dan karakteristik kepribadian ENTJ. Penggemar setianya dikenal dengan nama "Dandanies".

D.O besar di Goyang, salah satu kota di Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Dia berasal dari keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan seorang kakak laki-laki. Ia mengenyam pendidikan di SMA Baekseok. Di usia muda, D.O sudah dikenal sebagai ulzzang, istilah yang digunakan di Korea Selatan untuk seseorang dengan wajah tampan.

Pada 2010, kariernya di dunia musik dimulai setelah memenangkan kompetisi menyanyi dan kemudian resmi bergabung dengan SM Entertainment. Ayahnya, yang memiliki bisnis di dunia seni, sangat mendukung D.O dalam mengejar mimpinya menjadi penyanyi.

4 dari 4 halaman

Sangat Perhatian Terhadap Anggota Lain di EXO

Meski dikenal pendiam, D.O memiliki kepribadian yang sangat perhatian terhadap anggota lain di EXO. Dia sering kali memasak untuk mereka dan menjaga kebersihan asrama.

Salah satu ciri khas fisik D.O adalah bibir berbentuk hati dan matanya yang bulat. Karena ciri khas fisik tersebut lah, D.O memiliki beberapa nam panggilan, yakni "Heenjabuja" yang berarti "kaya akan kulit putih", "Umma" yang berarti "ibu", serta "Pororo" karena D.O. pernah menyatakan bahwa karakter kartun tersebut mirip dengannya.

D.O dikenal dekat dengan Kai, sesama anggota EXO. Meskipun biasanya anggota yang lebih muda memanggil anggota yang lebih tua dengan sebutan "hyung" sebagai tanda hormat, D.O tidak memanggil Chanyeol dengan sebutan tersebut. Hal ini karena Chanyeol ingin hubungan mereka lebih akrab layaknya sahabat.

Talenta D.O tidak terbatas hanya pada menyanyi, ia juga mahir bermain piano. Selain itu, dia juga memiliki hobi menafsirkan lirik lagu, menyanyi, dan beatboxing.

Sementara itu, sebagai aktor, D.O telah menerima banyak penghargaan dan pujian untuk perannya di berbagai drama dan film. Sebut saja "It's Okay, It's Love" dan "Cart" sebagai beberapa karyanya yang paling dikenal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.