Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Singgalang yang Memiliki Telaga di Puncak Bekas Kawahnya

Gunung Singgalang mempunyai telaga di puncaknya yang merupakan bekas kawah, telaga ini dinamai Telaga Dewi.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Singgalang adalah sebuah gunung yang terdapat di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Gunung Singgalang memiliki ketinggian 2,877 meter.

Dari bentuknya, gunung ini sangat mirip dengan Gunung Merbabu di Jawa Tengah. Gunung ini sudah tidak aktif lagi dan mempunyai telaga di puncaknya yang merupakan bekas kawah, Telaga ini dinamai Telaga Dewi.

Gunung Singgalang mempunyai kawasan hutan gunung yang sangat lembap serta memiliki kandungan air yang banyak. Masih banyak hal mengenai Gunung Singgalang selain lokasi dan ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Singgalang yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa, 17 Oktober 2023.

1. Kembaran Gunung Tandikat

Mengutip laman Gunung Bagging, Selasa, 17 Oktober 2023, Singgalang adalah gunung api kembaran Gunung Tandikat yang ketinggiannya lebih rendah, namun aktif secara vulkanik dan dapat dianggap sebagai Gede-Pangrango versi Sumatera. Gunung ini dapat didaki dari beberapa tempat yakni melalui Pakan Sinayan, Koto Tuo, Balingka dan Pandai Sikat.

Pandai Sikat sendiri merupakan desa tenun dan ukiran kayu terkenal, yang saat ini tergambar pada uang kertas Rp5.000. Tidak ada jalur yang tepat antara Singgalang dan Tandikat, namun bagi mereka yang tinggal di area tersebut untuk sementara waktu dan ingin melakukan pendakian serius lainnya. Jalur terpisah menuju Gunung Tandikat sangat bermanfaat karena lebar kawahnya beberapa ratus meter dan menawarkan pemandangan yang sangat indah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Jalur Pendakian Gunung Singgalang

Jalur pendakian utama Gunung Singgalang adalah melalui Pandai Sikek. Para pendaki biasanya berhenti di Pasar Koto baru yang jaraknya sekitar 10 Km dari Padang Panjang arah ke Bukittinggi.

Dari sini pendaki bisa berjalan atau naik kendaraan umum sejauh 2 kilometer hingga ke posko pendakian, yang terletak di desa Tanjuang, Kenagarian pandai Sikek. Dari posko pendakian, pendaki masih bisa menggunakan kendaraan baik motor atau mobil hingga ke pos pemberhentian berikutnya.

Penduduk setempat menyebutnya lokasinya berjarak kurang lebih 4 kilometer dari posko pendakian. Di sini tersedia tempat parkir kendaraan. Dari sini baru dimulai pendakian sesungguhnya, seperti trek jalanan yang cukup terjal dan licin.

Di paruh awal, trek pendakian berupa hutan riang riang dan pimping. Kemudian baru masuk hutan rimba dan jalan setapak melewati akar-akar kayu. Pendakian normal biasanya membutuhkan waktu 4 hingga 5 jam. Sedangkan saat hujan turun atau trek dalam keadaan basah, waktu tempuh bisa mencapai dua kali lipatnya.

3 dari 5 halaman

3. Dekat Wisata Kota Bukittinggi

Puncak Gunung Singgalang yang tidak aktif ini sangat dekat dengan kota wisata Bukittinggi dan Danau Maninjau yang luas. Bersama dengan Gunung Marapi yang berdekatan, ia mendominasi lanskap di selatan kota. 

Meskipun pendakian dari barat menawarkan pemandangan Danau Maninjau di dekatnya, pendekatan timur dari Pandai Sikat adalah yang paling populer dan hanya berjarak 15 menit dengan transportasi umum dari Bukittinggi.

4. Sumber Air di Gunung Singgalang Melimpah

Air tidak menjadi masalah dalam pendakian karena terdapat tiga pos dalam perjalanan menuju dekat sumber air dan sebuah danau di dekat puncak. Area pertama yang digunakan untuk berkemah berada pada ketinggian 1.770 mdpl.

Namun sumber air di Mata Air 1, 2 dan 3 masing-masing berada pada ketinggian kurang lebih 1.974 mdpl, 2.257 mdpl dan 2.594 mdpl. Pada ketinggian 2.650 m, jalan setapak terbuka ke bebatuan curam ('Cadas') dan jika Anda beruntung dengan cuacanya, maka akan dapat melihat Marapi di sisi lain lembah Agam. 

4 dari 5 halaman

5. Telaga Dewi di Singgalang

Di dekat puncak batu setinggi 2.697 mdpl terdapat sebuah plakat yang didedikasikan untuk dua siswa dari Padang yang pergi mendaki ke Gunung Singgalang pada 1988 dan tidak pernah kembali. Tak lama setelah monumen ini, jalan setapaknya sedikit menurun dengan masih mengikuti kabel hitam, melewati hutan pegunungan atas yang berlumut dan menyenangkan.

Danau yang indah, Telaga Dewi atau disebut Danau Dewi berada pada ketinggian 2.819 mdpl, tepat di luar jalan berlumpur yang melewati hutan dan merupakan tempat yang indah, tenang dan luar biasa bebas sampah. Penduduk setempat suka berkemah di sini pada Sabtu malam, namun di waktu lain dalam seminggu akan sepi.

Danau itu sendiri merupakan tempat bekas kawah gunung berapi ribuan tahun lalu. Di sisi lain danau Anda akan melihat tiang pemancar lain di titik tertinggi gunung. Untuk mencapainya, ikuti kabel hitam di sepanjang sisi danau dan kemudian melewati hutan yang sangat berlumpur dan terkadang licin.

5 dari 5 halaman

6. Pemandangan Gunung Marapi dan Keberadaan Danau Maninjau

Dari titik tertinggi gunung, setelah 30 menit Anda akan sampai di tepi kompleks pemancar yang merupakan titik tertinggi Singgalang. Kawasan kumuh dan berserakan sampah ini sangat kontras dengan keindahan alam danau.

Dapat dibayangkan bahwa Singgalang adalah pertemuan puncak yang lebih bermanfaat sebelum pihak berwenang memutuskan untuk mendirikan pemancar. Namun jika cuaca cerah, Anda seharusnya bisa melihat Gunung Marapi di sisi lain lembah.

Hal ini sama halnya saat Anda mendaki Gunung Marapi, maka bisa melihat Gunung Singgalang di sebelah barat. Adapun jika menyambangi Gunung Singgalang, pendaki juga bisa menginap di tepi Danau Maninjau yang menenangkan.

Lalu Anda dapat berjalan-jalan ke pemandangan populernya yaitu Puncak Lawang (1.246m). Meskipun Puncak Lawang sama sekali tidak berada di dekat titik tertinggi dari tepi kaldera Maninjau, lokasinya ada di sebelah barat laut danau. Pemandangan dari puncak Lawang ke arah Danau Maninjau sangat mengagumkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.