Sukses

3 Cara Memesan Tiket Kereta Whoosh dan Penjelasan Jenis Kelasnya

Tiket kereta Whoosh sudah bisa dibeli oleh masyarakat umum pada Rabu, 18 Oktober 2023. Publik yang berkeinginan mencoba kereta cepat tujuan Jakarta--Bandung ini karena tidak kedapatan kuota gratis saat masa percobaan, kini dapat membelinya dengan berbagai metode.

Liputan6.com, Jakarta - Tiket kereta Whoosh sudah bisa dibeli oleh masyarakat umum pada Rabu, 18 Oktober 2023. Publik yang berkeinginan mencoba kereta cepat tujuan Jakarta--Bandung ini karena tidak kedapatan kuota gratis saat masa percobaan, kini dapat membelinya dengan berbagai metode.

Seorang travel influencer dengan akun @arifardiansyah di TikTok membagikan cara membeli tiket kereta Whoosh. Untuk diketahui harga tiket kereta cepat tersebut kelas ekonomi premium tarifnya Rp300.000.

"Harga tersebut sudah termasuk tiket kereta cepat dan kereta feeder menuju Stasiun Bandung ya," ungkapnya, dikutip dari unggahan pada Minggu, 15 Oktober 2023.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa tiket keberangkatan sudah bisa dibeli mulai tanggal pemesanan 18 Oktober 2023 dan seterusnya. Adapun cara pembeliannya yang pertama, datang langsung ke stasiun keberangkatan menuju loket tiket dengan membawa kartu identitas yang nantinya akan dibantu petugas untuk pemesanannya.

Cara kedua Anda bisa membeli sendiri tiket melalui vending machine di Stasiun. Ikuti intruksi seperti mengisi stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan pilih kursi, serta metode pembayaran. 

Sementara cara ketiga membeli tiket kereta Whoosh adalah dengan memesannya jauh-jauh hari melalui website ticket.kci.co.id. Namun sebelum itu Anda harus mendaftarkan akun terlebih dulu, jika sudah pilih tanggal dan waktu keberangkatan, pilihan nomor kursi serta metode pembayaran. 

"Nantinya kamu bisa dapat tiket kereta cepat yang bisa ditukar di stasiun keberangkatan. Jadi kapan nih kamu naik kereta cepat? tanyanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Kelas di Kereta Whoosh

Untuk diketahui, terdapat beberapa tipe kelas di kereta Whoosh. Pertama yaitu first class sebanyak 18 kursi, kedua adalah bisnis class yang mempunyai 28 kursi dan premium ekonomi class memiliki kuota sebanyak 555 kursi. 

"Satu trainset kereta terdiri dari 8 kereta. Kereta pertama dan terakhir untuk first class dan business class," ungkap influencer tersebut.

Disebutkan bahwa kereta kedua, ketiga, keempat, keenam dan ketujuh diperuntukan untuk premium economy class. Sementara kereta kelima untuk kereta restorasi.

Kereta cepat Jakarta-Bandung ini akan berhenti di empat stasiun yakni di Stasiun Halim di Jakarta, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. Untuk mencapai stasiun kereta cepat Halim, Anda bisa naik LRT Jabodebek tujuan stasiun Halim. 

"Untuk menuju Bandung, kamu bisa turun di stasiun Padalarang, dilanjut kereta feeder menuju Stasiun Bandung," tutupnya.

Masyarakat sangat antusias dengan keberadaan kereta Whoosh. Mengutip dari kanal Bisnis Liputan6.com, Selasa (17/10/2023) Hingga saat ini terdapat sekitar 4800 kursi yang dipesan untuk perjalanan grup maupun rombongan melalui permohonan resmi.

3 dari 4 halaman

Jadwal Keberangkatan Kereta Whoosh

Setelah operasional berbayar diterapkan pada 17 Oktober 2023, terdapat total 14 perjalanan Kereta Cepat Whoosh per hari dengan rincian 7 perjalanan dari stasiun Halim dan 7 perjalanan dari stasiun Tegalluar dengan jadwal sebagai berikut :

A. Keberangkatan dari Stasiun Halim tersedia pada: 06.40, 08.45, 10.20, 13.00, 15.35, 17.35, dan 18.50.

B. Keberangkatan dari Stasiun Tegalluar pada: 06.40, 08.45, 10.20, 13.00, 15.35, 17.35, dan 18.50.

Penumpang Kereta Cepat Whoosh pun mendapatkan gratis perjalanan KA Feeder yang jadwalnya sudah disesuaikan dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan Kereta Cepat Whoosh. Sementara KA Feeder tersebut bakal berhenti di Stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung.

Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Kereta Cepat Whoosh disebutkan telah mengangkut penumpang sebesar 28 ribu penumpang dalam masa uji coba gratis. Uji coba gratis Kereta Cepat Whoosh telah berakhir pada pertengahan Oktober 2023. 

Manager Corporate Communications PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti mengungkapkan, kereta cepat yang diberi nama Whoosh ini sudah dijalankan sejak diresmikan Presiden Joko Widodo pada 3 Oktober 2023. "Sampai saat ini sudah mencapai 28 ribu lebih penumpang. Perharinya sekitar 2 ribu penumpang. Masyarakat sangat menikmati," katanya saat ditemui di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, pada Jumat, 13 Oktober 2023.

4 dari 4 halaman

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Setelah sukses menyelesaikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan Pemerintah berencana dapat melanjutkan proyek kereta cepat Whoosh hingga tujuan Surabaya. Hal ini dilakukan agar dapat menjangkau lebih banyak masyarakat.

Menurutnya, pengembangan konektivitas di berbagai wilayah serta peningkatan mobilitas masyarakat menjadi salah satu upaya Pemerintah dalam menstimulasi perekonomian nasional untuk terus tumbuh. Sebagai wujud konkret dalam meningkatkan konektivitas tersebut, Pemerintah saat ini tengah mengembangkan moda transportasi terbaru yakni Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

"Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini pergerakannya stabil, kualitasnya bagus," sebut Menko Airlangga.

Kereta cepat tersebut  secara resmi diluncurkan dengan nama Whoosh yang merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, dan Sistem Hebat. Airlangga menambahkan, Kereta Cepat Whoosh disinyalir sebagai kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan kecepatan rata-rata mencapai 350 km/jam. Dengan kecepatan tersebut, Kereta Cepat Whoosh bisa menempuh jalur sepanjang 142,3 km dengan waktu tempuh hanya sekitar 45 menit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.