Sukses

Perputaran Uang MotoGP Mandalika Capai Rp914 Miliar, Okupansi Hotel 100 Persen dan 90 Persen Ingin Kembali Lagi

Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 13-15 Oktober 2023 berdampak positif bagi pariwisata dan perekonomian masyarakat sekitar. Perputaran uang di MotoGP Mandalika 2023 bahkan nyaris menyentuh angka Rp1 triliun!

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahddin Uno, gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 13-15 Oktober 2023 berdampak positif bagi pariwisata dan perekonomian masyarakat sekitar. Perputaran uang di MotoGP Mandalika 2023 bahkan nyaris menyentuh angka Rp1 triliun!

"MotoGP Mandalika menuai hasil yang sangat baik. Estimasi perputaran uang dan penjualan tiket isementara ini terhitung sangat tinggi dan sudah melampaui target kita," ucap Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid, Senin, 16 Oktober 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Dessy Ruhati mengungkapkan, estimasi sementara perputaran uang selama gelaran MotoGP Mandalika 2023 mencapai Rp914 miliar.

"Estimasi perputaran uang, penjualan tiket MotoGP dan pengeluaran dari penonton atau wisatawan yang datang adalah sebesar Rp914 miliar, yang merupakan hasil sementara karena proses penghitungan masih berlangsung," terang Dessy

Ia menambahkan, ajang balap motor dunia tahunan ini berhasil meraup penjualan tiket sebesar Rp73 miliar serta pengeluaran (spending) wisatawan yang mencapai kurang lebih Rp841 miliar. Gelaran yang dihadiri kurang lebih oleh 102.929 pengunjung ini, lanjut dia, mencatat pengeluaran para pengunjung rata-rata sekitar Rp5-10 juta per hari.

Untuk akomodasi, pada zona satu hingga tiga yakni di Mandalika, Praha dan Kota Mataram tingkat okupansi mencapai 100 persen dengan kenaikan harga mencapai 2-3 kali lipat dari harga normal. Adapun berdasarkan data yang dipaparkan, sebanyak 40 persen responden memilih hotel untuk menginap disusul homestay sebesar 20 persen, rumah kerabat sebanyak 26,6 persen dan Villa atau resor sebesar 13,3 persen.

Sementara dari jenis transportasi yang digunakan, pengunjung menggunakan pesawat terbang sebanyak 60 persen, mobil sebesar 26,6 persen serta kendaraan motor sebanyak 6,6 persen dan transportasi lain sebesar 6,6 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penonton MotoGP Mandalika Ingin Kembali Lagi

Dessy juga melaporkan, para pengunjung yang menonton ajang ini didominasi oleh wisatawan asal Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar 46,6 persen, Jawa Tengah 13,3 persen, Jawa Barat 13,3 persen, disusul Banten 13,3 persen serta Bali 6,6 persen dan DKI Jakarta 6,6 persen.

Mayoritas penonton atau sebesar 90 persen juga diakuinya bakal berkunjung kembali ke Mandalika atau Lombok, NTB bukan hanya karena perhelatan MotoGP tapi karena fasilitas yang membaik. Sedangkan pelaku UMKM mengalami peningkatan pendapatan sebesar 36,54 persen.

"Pelaku usaha setuju untuk kembali mengikuti perhelatan ini di masa depan. Mereka menyatakan bahwa MotoGP memberikan dampak yang baik bagi peningkatan omzet usaha," ujar Dessy.

Dengan semakin banyaknya penonton dan wisatawan yang datang, Menparekraf Sandiaga mengatakan fasilitas sirkuit harus dibuat lebih baik lagi. "Dari catatan kita selama di MotoGP tahun ini, fasilitas sudah bagus hanya saja perlu ada penambahan musola dan pengelolaan toilet bisa lebih baik lagi. Kami kira itu saja dan itu tidak memerlukan biaya tinggi untuk memperbaiki semua itu," ucap pria yang biasa Sandi itu.

3 dari 4 halaman

Sejumlah Perbaikan di Mandalika

Perhelatan MotoGP Mandalika 2023 berlangsung sukses dan lancar. Ajang tahunan ini semakin meriah dengan total penonton hampir 103.000. Kali ini tak ada lagi masalah seperti edisi pertama.

Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), perusahaan pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia member InJourney Group, bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, sangat bangga balapan MotoGP Indonesia 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB berjalan dengan lancar dan meriah dibanding tahun lalu.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur event Indonesian GP 2023 dapat berjalan dengan lancar, seru dan meriah. Kami sangat bangga melihat balapan tahun ini dapat lebih dinikmati penonton dan minim keluhan," kata Direktur Utama ITDC Ari Respati, dikutio dari tim Bola Liputan6.com, Senin, 16 Oktober 2023.

Dalam menyambut Indonesian GP 2023, ITDC bersama MGPA telah menyiapkan dan melakukan perbaikan baik didalam kawasan maupun di luar kawasan Pertamina Mandalika International Circuit guna memberikan pengalaman menonton yang terbaik bagi penonton.

 

4 dari 4 halaman

Hasil MotoGP Mandalika

Ari Respati mengatakan, untuk menyambut Indonesian GP 2023, pihaknya telah melakukan persiapan antara lain pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur jalan kawasan sepanjang 35 km, kantong-kantong parkir 7.888 kapasitas (mobil dan motor), gate kawasan, layanan transportasi dan pengaturan arus lalu lintas untuk memudahkan akses penonton event Indonesian GP 2023.

Mereka juga menggandeng lebih banyak UMKM dan talenta dari NTB untuk memeriahkan event ini. Tercatat sebanyak 300 lebih UMKM NTB terlibat dalam event ini. "Dan alhamdulillah, hasilnya event tahun ini lebih meriah, lebih seru dan lebih lancar dibanding tahun lalu," tuturnya.

Selain itu, ITDC juga menggandeng berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta dalam mensukseskan balapan tahun ini. Sementara dalam balapan pada Minggu, 15 Oktober 2023 berjalan seru dengan diwarnai sejumlah insiden jatuhnya rider (pembalap). Di kelas MotoGP, Rider Ducati, Francesco Bagnaia menjadi pemenang Indonesian GP 2023, disusul oleh Maverick Vinales, Fabio Quartararo.

Dengan kemenangan ini, Bagnaia kembali menempati posisi teratas klasemen MotoGP 2023 dengan raihan 346 poin. MotoGP 2023 ditutup dengan pergelaran musik yang menampilkan sejumlah musisi seperti Amtenar, Dipha Barus ft. Faye, Hydro Koplo, Melanie and DKK, dan NTRL.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.