Sukses

Viral Wanita Punya Bisnis Tas Kain Kafan yang Bikin Warganet Ingat Kematian

Tas yang dijual wanita ini secara online menjadi salah satu pengingat umat bahwa kematian itu pasti dan akan terjadi pada semua orang.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan dunia bisnis, termasuk bisnis online, yang semakin ketat membuat para penjual dituntut untuk memiliki ide kreatif untuk menarik perhatian publik. Salah satunya dengan menjual paket kain kafan yang viral dan ramai dibahas di media sosial.

Pemilik akun Instagram @Tria Meriza memilih untuk menjual tas paket kain kafan. Tas tersebut berisi perlengkapan untuk mayat yang akan dikebumikan seperti kain kafan, kapas gulung, kapur barus, dan gunting. Berikutnya ada sabun dan sampo bidara, sarung tangan, masker, cottonbud, washlap, parfum non-alkohol, dan buku panduan jenazah.

"Tas ini bukan sembarang tas.. tas ini berisi pakaian yang PASTI akan aku pakai.. tidak bisa mundur atau tidak bisa diganti hari jika tiba saatnya aku harus memakai isi tas ini… iya ini tas paket kain kafanku.. pakaian terakhirku…..," tulis pemilik akun tersebut pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Tas ini juga menjadi salah satu pengingat umat bahwa kematian itu pasti dan akan terjadi pada semua orang. Namun, kematian itu masih tetap menjadi misteri Allah SWT.

"Ketika waktu kematian telah datang menghampiri, manusia tidak bisa menolak atau menghindarinya. Oleh karena itu, selama hidup di dunia, kita harus selalu mengingat Allah SWT dan tidak terbuai oleh kenikmatan duniawi saja," tulisnya lagi.

Tas ‘masa depan’ ini bisa dipesan di akun Instagram @my.kafani dan tersedia dalam tiga paket. Ada paket Ikhwan untuk pria seharga Rp579 ribu, Paket Akhwat untuk wanita seharga Rp599 ribu, dan Paket Hemat Couple seharga Rp1,159 ribu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Teringat Dosa dan Kematian

Sontak saja unggahan ini langsung menuai banyak komentar warganet. Tak sedikit yang mengaku jadi teringat akan kematian. Sampai berita ini ditulis, unggahan itu sudah disukai lebih dari 65 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1.510 komentar

"Liat beginian aja merinding jd inget dosa yg tak terhitung," tulis seorang warganet.

"Jleb langsung seketika jadi bahan renungan yaaa Allah cape dan sedih di dunia ini cuman sampe kita berhenti napas semoga apa yang kita usahakan Allah balas dengan pahala kebaikan, dan dijauhkan dr kesiasiaan," kata warganet lainnya.

"Astaghfirullah msh belum berani beli.bkn aku menolak Mati tp ak blm siap berpisah dr anak anaku 😢," komentar warganet yang lain.

"Sepertinya aku juga harus beli, agar saya selalu ingat kepada Allah kalau lalai shalat, berbuat yg tidak baik dll. Supaya takut,” ujar warganet lainnya.

Masih berkaitan dengan kain kafan, presenter Irfan Hakim memiliki sebuah keputusan yang mengejutkan. Hal ini terkait dengan kematian yang mungkin membuat merinding. Irfan Hakim mengaku sudah mempersiapkan kematiannya, dengan mulai membeli kain kafan, penutup keranda, hingga tanah makam.

3 dari 4 halaman

Irfan Hakim Sudah Siapkan Kain Kafan

"Kalau gue mempersiapkan makam buat keluarga, mempersiapkan kain kafan, penutup keranda, itu sudah 10 tahun. Kita memang harus mempersiapkan diri ya," kata Irfan Hakim kepada wartawan di Jakarta, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, 25 Agustus 2023.

Irfan Hakim juga sudah mempersiapkan tanah makam untuk dia dan keluarga besarnya yang terletak di suatu daerah yang memiliki pemandangan indah. "Gede banget tanah makamnya. Bagus banget tanah makamnya berapa ribu meter gitu. Lokasinya bagus, view-nya juga bagus," ujarnya.

Banyak yang menyayangkan keputusan Irfan Hakim membeli tanah ribuan meter hanya untuk makam. Akan tetapi, artis kelahiran 15 Oktober 1975 itu memang sudah berniat beli tanah luas untuk makam keluarga. "Beli tanah makam saja supaya ngumpul di satu lokasi. Sempat ada yang bilang nggak dibikin villa saja? Enggak, ini rumah masa depan sesungguhnya," imbuhnya.

Cerita menarik juga datang dari pengantin asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada awal tahun ini. Ia menjadi sorotan setelah diketahui minta diberikan mahar berupa barang tak biasa. 

4 dari 4 halaman

Maskawin Kain Kafan

Video yang memperlihatkan pernikahan keduanya juga viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh laman TikTok @panggilaku_panda.

Menurut pemilik akun, sang mempelai wanita tetap meminta kain kafan meski sudah ditawari maskawin lain. Alih-alih minta perhiasan mahal, wanita bernama Baiq Ratna Wahyuningsih itu justru ingin diberi mahar seperangkat kain kafan dan barang-barang keperluan jenazah lainnya.

"Seperangkat kain kafan, mengingatkan kita pada kematian," tulis pemilik akun TikTok @panggilaku_panda pada keterangan video, Rabu, 25 Januari 2023.

Maskawin tak biasa dari pasangan pengantin itu pun menuai sorotan. Pasalnya, mahar seperangkat kain kafan dan barang-barang keperluan jenazah jarang diminta dalam sebuah pernikahan. Dalam video yang berdurasi 42 detik itu tampak suasana akad nikah pasangan dari Lombok, Baiq Ratna Wahyuningsih, dan suaminya, Hapipi.

Terdengar jelas Hapipi menyebutkan nama istrinya beserta mahar akan diberikannya. Ia menyebutkan mahar berupa seperangkat kain kafan dan uang tunai sebesar Rp2.580.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.