Sukses

Warganet Soroti Pesan Mentan Syahrul Yasin Limpo untuk Minum Obat Serangga Kalau Tak Mau Punya Masalah dalam Hidup

Saat Mentan Syahrul Yasin Limpo masih dalam penyelidikan KPK, beredar sebuah video berisi pernyataan kontroversial berupa "nasihat hidup."

Liputan6.com, Jakarta - Nama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo jadi sorotan setelah ditetapkan jadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saat masih dalam penyelidikan KPK, video dirinya dianggap mengeluarkan pernyataan kontroversial beredar luas.

Di klip tersebut, ia diminta memberi petuah hidup. Di unggahan video akun Instagram @jayalah.negeriku pada 30 September 2023, Mentan Syahrul Yasin Limpo terlihat sedang berolahraga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Di tengah aktivitas tersebut, Syahrul menyampaikan beberapa petuah pada seseorang yang merekamnya. Disebutkan bahwa masalah dalam hidup bisa menjerat siapa saja. "Mau tukang becak, mau presiden, mau menteri, mau dirjen, ada masalah," ucap SYL, sapaan akrabnya.

Mantan Gubernur Sulawei Selatan ini mengatakan, jika ada orang yang ogah punya masalah hidup, lebih baik ia menenggak obat serangga saja. "Persoalannya gimana menyelesaikan masalah itu? Kalau nggak mau hadapi masalah, mati aja minum baygon," ucapnya.

Menurut SYL, jika diterpa sebuah masalah, seseorang harus menghubungkan ragam variabel agar menemukan substansi masalah tersebut. "Seperti apa connecting kita agar masalah itu bisa dipecahkan? Mungkin nggak sekaligus bisa dipecahkan, harus di-split, dipecahkan bertahap. Semakin kompleks masalah, semakin harus di-split,” pungkasnya.

Sontak pernyataan SYL mendapat banyak sorotan dari warganet. Tidak sedikit yang mengatakan sebagai seorang pejabat, Syahrul dinilai tidak bijak dalam berbicara dan memberi solusi. "Sebuah solusi praktis dari seorang pejabat yang sekarang tersandung masalah korupsi. Jangan ditiru ya," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syahrul Yasin Limpo Dianggap Tidak Bijak

 

"Semua orang punya masalah, tapi bukan korupsi seperti pak menteri, masalahnya paling kurang uang, karung beras, dan kurang-kurang lainnya, lebihnya banyak,” komentar seorang warganet.

"Masalah wajar datang bagi org hidup. Tapi jangan buat masalah korupsi seperti yg dituduhkan itu kpd anda,” kata warganet lainnya.

"Semua2 pejabat indonesia didepan kamera pada bijak2 ngomongny atau motivasi2. Tapi dibelakangny ? 😏😏😏," ujar warganet yang lain.

"Makanya jgn bikin masalah yg bertentangan dgn perbuatan hukum. Pak, 😂," tulis warganet lainnya.

"Tidak semua org bisa melalui masalah dgn mental masing-masing, jika anda bisa ngomong seperti ini anda mengajak org lain utk bunuh diri bukan merangkul, dasar mafia 😂,” timpal warganet lainnya.

Sementara itu, KPK menyatakan segera mengonfirmasi temuan penyidik saat penggeledahan rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan. Penyidik bakal mengonfirmasi temuan-temuan tersebut pada para saksi yang relevan.

3 dari 4 halaman

Rumah Syahrul Yasin Limpo Digeledah KPK

Tim penyidik diketahui menemukan uang puluhan miliar dalam bentuk rupiah dan mata uang asing saat menggeledah rumah dinas Syahrul Yasin Limpo, Kamis, 28 September 2023. Di hari berikutnya, tim penyidik juga menggeledah kantor Kementan.

"Ke depan, perlu kami lakukan konfirmasi pada pihak-pihak yang dipanggil sebagai saksi," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Sabtu, 30 September 2023, dilansir dari kanal News Liputan6.com.

Ali berharap semua pihak kooperatif terhadap proses hukum dan bersedia memberi keterangan saat dibutuhkan tim penyidik, termasuk saat diselisik soal penemuan uang puluhan miliar di rumah dinas SYL.  Selain menemukan banyak uang, KPK juga menemukan 12 pucuk senjata api.

"Adapun tadi apakah betul ada senjata api, kami jelaskan bahwa kami sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah DKI Jakarta, tentunya terkait dengan temuan yang ada dalam proses penggeledahan yang dimaksud," terang Ali.

4 dari 4 halaman

KPK Belum Umumkan Status Syahrul Yasin Limpo

KPK juga akan menjadwalkan pemeriksaan sejumlah saksi terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian hari ini, Senin (2/10/2023). Satu di antaranya adalah mantan Kabiro Humas KPK Febri Diansyah. Ali belum menjelaskan apa saja yang bakal digali dari ketiga saksi tersebut yang kini merupakan pengacara.

SYL dikabarkan sudah jadi tersangka kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Terkait penetapan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka dibenarkan sumber Liputan6.com.

"Benar (SYL sudah tersangka)," ujar sumber dikutip Jumat, 29 September 2023. Penetapan SYL sebagai tersangka ini ramai usai tim penyidik KPK menggeledah rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan. Penggeledahan dilakukan saat proses hukum masuk ke tingkat penyidikan.

Saat proses hukum naik ke tahap penyidikan, dipastikan sudah ada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Hanya saja KPK belum bersedia membeberkannya secara resmi. Pengumuman tersangka biasa dilakukan saat upaya paksa penangkapan dan penahanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.