Sukses

Sikap Denny Caknan Terhadap Bella Bonita Kembali Disorot hingga Disebut Pria Red Flags, Apa Artinya?

Benarkah Denny Caknan termasuk dalam ciri pria red flag? Lelaki Red Flags yang populer di kalangan masyarakat diartikan sebagai sosok pria yang harus dihindari.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Denny Caknan kembali jadi bahan pembicaraan warganet. Sejak menjadi binatang tamu bersama Bella Bonita di tayangan podcast Deddy Corbuzier, sikap Denny Caknan terhadap istrinya dalam beberapa momen ramai disorot warganet.

Setelah disebut pria patriarki karena sempat memaki Bella saat akan menjawab pertanyaan dari Deddy, baru-baru ini, Denny disebut sebagai pria red flags setelah sang penyanyi menceritakan caranya berkomunikasi dengan istrinya.

"Yang bikin susah, tuh, pas kita kerja, konser, dia ikut. Mood-nya harus bagus dong, Om. Lihat dia diem aja, kan, aku 'cuk' di hati tapi. Terus, ya, sampai besok diem dan besok tanya jawab seperti biasa," kata Denny kepada Deddy Corbuzier, dikutip dari cuplikan video unggahan akun TikTok @bakalviral2024.

Setelah melihat video yang diunggah pada 27 September 2023 itu, seorang warganet berkomentar, "Red flag banget Caknan ini.""Ternyata yang laki red flags," komentar warganet lain.

Uniknya, ada juga yang menyinggung mantan kekasih Denny, Happy Asmara dan kembali mengungkit soal patriarki. "Mbk heppy selamat anda terselamatkan dari laki laki patriarki,” ujar seorang warganet.

Namun, apakah benar bahwa apa yang dilakukan pria berusia 29 tahun itu merupakan ciri pria red flags? Lelaki Red Flags yang populer di kalangan masyarakat diartikan sebagai sosok pria yang harus dihindari.

Menurut situs Webster.com, kata Red Flags berarti "untuk mengidentifikasi atau menarik perhatian (masalah yang harus ditangani). Sementara itu, dikutip dari laman Butterup.com, Red Flags berarti sebuah sinyal yang mengidikasikan sebuah perilaku tidak sehat atau manipulatif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Song Joong Ki Juga Dituding Red Flags

Red Flags juga kerap digunakan dalam percakapan seputar hubungan yang toxic (beracun) atau kasar. Toksisitas dapat muncul dengan sendirinya dalam hubungan apa pun seperti teman, kolega, anggota keluarga, atau pasangan. Red Flags juga bisa menjadi tanda narsisme, agresi, viktimisasi, atau bahkan perilaku kasar. Dengan menyadari beberapa tanda bahaya yang umum.

Tak hanya Denny Caknan, julukan sebagai pria red flags juga pernah disandang aktor Korea Selatan, Song Joong Ki. Sebutan itu mengemuka tak lama setelah Song Joong Ki diketahui telah menikah dengan, Katy Louise Saunders.

Pria berusia 37 tahun tersebut mengakhiri masa lajangnya setelah sebelumnya sempat menikah dan cerai dari Song Hye kyo. Meski ada yang bersuka cita, ada pula warganet yang turut mencela Joong Ki. Bahkan, setelah penikahan ramai dibahas, warganet memberi julukan Red Flags kepada pria tersebut.

Belum diketahui dengan pasti apa yang membuat Joong Ki mendapat julukan seperti itu. Sejumlah warganet sepertinya meyakini itu terjadi saat pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo. Song Joong Ki dituding para penggemar Song Hye Kyo dituding sebagai penyebab perceraian karena sikapnya yang disebut red flags.

Mengetahui tanda-tanda red flags menjadi kunci untuk menghindari patah hati atau penyesalan di kemudian hari. Oleh karena itu, ketahui beberapa ciri red flags dalam hubungan yang perlu Anda waspadai, seperti melansir dari kanal Citizen6 Liputan6.com yang mengutip dari Pinkvilla, Jumat, 3 Februari/ 2023.

3 dari 4 halaman

1. Kurangnya privasi

Jika pasangamu tidak mempercayaimu dan ingin tahu di mana Anda berada sepanjang waktu, ketahuilah bahwa ini adalah perilaku yang mengendalikan.

2. Kebohongan dan manipulasi

Jika Anda berada dalam suatu hubungan di mana pasanganmu memiliki kebiasaan berbohong atau memanipulasimu untuk berpikir dia berbohong demi tujuan yang baik, segera hentikan sebelum Anda terluka.

3. Tidak tersedia secara emosional

Prasayat utama dari hubungan sehat dan penuh cinta adalah mampu membicarakan perasaanmu kepada pasangan. Jika pasangamu tidak mendengarkanmu dan tidak ingin mengetahui masalahmu, itu menunjukkan bahwa mereka tidak terlalu tertarik padamu. Ketidaktersediaan emosional adalah salah satu peringatan dini terbesar dalam suatu hubungan yang harus Anda waspadai.

4. Selalu fokus pada ponselnya

Ponsel menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Tapi itu tidak berarti seseorang harus menatap ponsel terus-menerus saat dia bersama orang spesialnya. Jika Anda terus-menerus mencoba menarik perhatian pasanganmu dan membuatnya melihatmu alih-alih ponselnya, itu bisa menjadi tanda peringatan bahwa dia tidak terlalu tertarik padamu.

Sebelumnya, sorotan tajam warganet pada Denny Caknan berawal dari pertanyaan Deddy Corbuzier pada Bella tentang kelebihan Denny dari pria lain, Bella Bonita alias Belbon terlihat kebingungan memikirkan jawabannya.

Hal itu membuat Denny terlihat kesal dan memaksa Belbon untuk menjawab. "Ayo jawab. Lho koe ki nyapo gelem tak rabi nyapo (Lho kamu tu kenapa kok mau ku nikahi itu kenapa)" tanya Denny dengan nada tinggi. Bella terlihat tertekan dan akhirnya menjawab. "Kirain dewasa pertamanya, ternyata kayak anak kecil, tapi suka," ujar Belbon.

4 dari 4 halaman

Denny Caknan Dicap Patriarki

Imbas dari podcast tersebut, tindakan yang dilakukan Denny Caknan terhadap Bella Bonita selalu dikomentari oleh warganet, salah satunya dicap patriarki. Hal itu bermula ketika pria berusia 29 tahun itu meminta Bella Bonia memasak di malam hari.

Momen ini dibagikan pelantun Nemen itu melalui Instagram Story dan diunggah ulang oleh akun TikTok @shorts_85. "Jam 9 (malam) aku lapar aku suruh masak," kata Denny sambil menghampiri istrinya yang sedang memasak di dapur seorang diri.

Tidak hanya memasak, Bella juga diminta melayaninya dengan menyiapkan nasi serta lauk ke piring. Denny. Menurut penyanyi pop Jawa ini, melayani suami adalah tugas utama dari seorang istri.

"Fungsi seorang istri itu adalah melayani suami dalam keadaan apapun. Perut lapar, (sedang) lesu, kelaparan, itu harus siap sedia memasakkan, gitu loh. Biar suami betah di rumah, nggak ngopi, nggak ditinggal," kata Denny ke arah kamera.

Namun, sikap Denny itu justru dihujat oleh sejumlah warganet karena dinilai patriarki. Patriarki konon adalah budaya yang diturunkan dari nenek moyang. Budaya patriarki adalah wujud nyata adanya kepercayaan pada dominasi laki-laki daripada wanita.

Melansir kanal Hot Liputan6.com, 11 Mei 2023, dalam buku berjudul 'The Origin of the Family, Private Property, and the State' oleh Frederic Angels, dijelaskan patriarki adalah organisasi politik yang mendistribusikan kekuasaan secara tidak setara antara laki-laki dan perempuan. Konsepsi patriarki adalah berdampak buruk pada kasus kekerasan pada perempuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini