Sukses

Aktor Michael Gambon Meninggal Dunia: Selamat Jalan Dumbledore

Aktor Sir Michael Gambon, yang berperan sebagai Profesor Albus Dumbledore dalam enam film Harry Potter, meninggal dunia di usia 82 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Sir Michael Gambon, yang berperan sebagai Profesor Albus Dumbledore dalam enam film Harry Potter, meninggal dunia di usia 82 tahun. Penghormatan mendalam untuk mendiang legenda panggung teater dan layar ini pun diberikan keluarga, orang terdekat, penggemar, dan rekan-rekan aktor, termasuk dari serial laris tersebut.

Melansir BBC, Jumat (29/9/2023), Daniel Radcliffe mengatakan, aktor yang "brilian dan efortless" itu "mencintai pekerjaannya, tapi tidak pernah disetir sepenuhnya oleh sebuah proyek." Emma Watson berterima kasih pada Sir Michael karena "menunjukkan pada kita bagaimana tetap rendah hati saat punya kemampuan luar biasa."

Penulis JK Rowling memujinya sebagai "pria dan aktor luar biasa." Bintang Harry Potter lain, Fiona Shaw, mengatakan bahwa selama hidupnya, Sir Michael telah menunjukkan bahwa ia "bisa melakukan apa saja" sebagai seorang aktor. Sementara di media sosial, para penggemar berucap "selamat jalan" pada "Dumbledore."

Aktor kelahiran Dublin, yang meninggal di rumah sakit setelah menderita pneumonia, bekerja di TV, film, teater, dan radio selama enam dekade kariernya. Ia memenangkan empat penghargaan Bafta yang bergengsi di Inggris.

Keluarga Sir Michael pindah ke London ketika ia masih kecil. Tapi, ia justru menandai penampilan panggung pertamanya di Irlandia, dalam produksi Othello di Dublin pada 1962. Kariernya melejit ketika ia jadi salah satu penggagas perusahaan akting Teater Nasional Laurence Olivier di London.

Sir Michael Gambon kemudian memenangkan tiga penghargaan Olivier untuk penampilannya dalam produksi Teater Nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jajal Banyak Peran

Meski Sir Michael selalu menganggap karya teaternya sebagai yang paling penting, ia mendapat pujian atas serangkaian peran penting di TV dan bioskop pada era 1980-an dan 1990-an. Ini termasuk drama BBC One yang kontroversial, The Singing Detective, di mana ia berperan sebagai detektif eponymous dalam kisah kompleks dari penulis Dennis Potter.

Ia berperan sebagai detektif yang sangat berbeda, Jules Maigret dari Paris, dalam dua seri adaptasi ITV dari novel klasik Georges Simenon, dan memerankan Oscar Wilde pada 1985 dalam serial tiga bagian BBC Two yang berfokus pada persidangan pidana dan pemenjaraan penulis.

Salah satu penampilan sinematiknya yang paling berkesan adalah sebagai "pencuri yang rakus dan tidak dapat ditebus" dalam film The Cook, the Thief, his Wife and her Lover, tahun 1989. Dame Helen Mirren, yang berperan sebagai istrinya yang berselingkuh, mengatakan bahwa ia adalah teman yang "nakal, tapi sangat, sangat lucu."

Dalam sebuah wawancara, pekan lalu, Dame Helen mengenang bagaimana Sir Michael membuatnya "terus-menerus tertawa" selama pembuatan film. Juga, ketika mereka tampil di panggung di Antony and Cleopatra tujuh tahun sebelumnya. Ia menambahkan, baru-baru ini, keduanya berdiskusi tentang bertambahnya usia, dan bagaimana hal itu memengaruhi pekerjaan mereka.

3 dari 4 halaman

Ambil Peran Sebagai Dumbledore

"Sir Michael sangat realistis mengenai situasinya," kata Dame Helen. "Ia merasa semakin sulit mengingat dialog yang sangat saya sukai, dan hal itu membuatnya menjauh dari dunia teater."

Peran film penting lain pada dekade berikutnya tercatat saat ia bermain bersama beberapa nama besar Hollywood di film layar lebar, seperti Toys, Sleepy Hollow, dan Gosford Park. Bahkan ia "punya waktu" jadi kameo film komedi sebagai perdana menteri di Ali G Indahouse.

Namun ketika sesama aktor terkenal, Richard Harris, meninggal pada 2002, Sir Michael menerima tantangan menggantikannya berperan sebagai Dumbledore dalam serial hit Harry Potter. Rupert Grint mengatakan "panutan pribadinya" telah "membawa begitu banyak kehangatan dan kenakalan setiap hari di lokasi syuting."

Dalam penghormatannya, Jason Isaacs, yang memerankan Lucius Malfoy dalam serial tersebut, menulis di media sosial, "Saya belajar akting dari Michael di The Singing Detective: kompleks, rentan, dan sepenuhnya manusiawi. Kegembiraan terbesar saat berada di film Potter adalah ia tahu nama saya dan berbagi tidak kenal rasa takut."

 

4 dari 4 halaman

Dianugerahi Gelar Bangsawan

Karya film lain yang ia perankan bersama film-film Potter di tahun-tahun berikutnya termasuk adaptasi layar lebar dari Dad's Army dan The King's Speech, di mana ia memerankan Raja George V, ayah dari Raja George VI.

Sir Michael dianugerahi gelar bangsawan atas jasanya di industri hiburan pada 1998. Meski lahir di Irlandia, ia telah jadi warga negara Inggris di masa kecilnya. Aktor yang dikenal sebagai "The Great Gambon" di dunia akting ini terakhir kali tampil di panggung teater pada 2012 dalam produksi drama Samuel Beckett di London, All That Fall.

Aktor Amerika Ryan Phillippe mengatakan ia merasa "sangat beruntung" bisa bekerja dengan Sir Michael di Gosford Park. Ia ingat bahwa Sir Michael berusia 60-an saat itu dan ia baru berumur 25 tahun, tapi mereka "akur seperti teman sekolah karena semangat mudanya yang tidak tertahankan."

"Mobil dalam perjalanan pulang kerja, dengan mobil convertible antiknya, dengan kecepatan sangat tinggi, dengan volume penuh Stones di radio, (kenangan itu) akan tetap bersama saya selamanya. Beristirahatlah dengan tenang, sobat," katanya dalam sebuah unggahan X, dulunya Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.