Sukses

Viral Desainer AS Beri Gadis Yatim Piatu di Bali Uang Rp7,7 Juta Usai Ditolong

Beragam video di media sosial hadir dengan kisah yang berbeda-beda. Salah satunya datang dari seorang desainer perhiasan yang menghadiahi seorang gadis di Bali uang senilai jutaan rupiah.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam video di media sosial hadir dengan kisah yang berbeda-beda. Salah satunya datang dari seorang desainer perhiasan yang menghadiahi seorang gadis di Bali uang senilai jutaan rupiah.

Sosok desainer AS bernama Isaiah Garza tersebut viral di jagat maya setelah ia menerapkan social experiment dalam video yang dibagikannya di akun Instagram pribadi pada 20 September 2023. Video diawali ketika ia berpura-pura meminta tolong pada seorang gadis yang tengah naik motor.

"Saya lupa membawa dompet saya hari ini dan saya hanya ingin tahu apakah kamu punya beberapa dolar? Jadi, aku bisa beli sedikit makanan," katanya bertanya dalam bahasa Inggris kepada gadis itu.

"Kamu butuh berapa?" tanya gadis berhijab hitam tersebut.

Isaiah menjawab, "Hanya 1 atau 2 dolar."

"Oke, oke," kata gadis itu lagi sambil berbicara kepada perempuan yang ia bonceng.

"Apakah mungkin?" tanya pria yang punya 1,4 juta pengikut di Instagram tersebut.

Gadis itu lantas memberikan uang kepada Isaiah. "She didn't hesitate to give me money (Dia tidak ragu memberi saya uang)" tulisnya dalam keterangan video.

"Ya Tuhan, terima kasih banyak. Mengapa kamu membantu saya," tanya Isaiah.

Gadis itu menjawab, "Saya tidak punya orangtua dan ibu dan orang membantu saya."

Isaiah bertanya, "Kamu tidak punya orangtua?"

Gadis tersebut menggeleng dan menyebut, "No."

Ia menyebut bahwa orangtuanya telah meninggal dunia. "Saya tinggal di panti asuhan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berkunjung ke Panti Asuhan

"Aku punya kejutan untukmu, aku ingin memberimu 500 dolar AS," kata YouTuber itu sembari memberi berlembar-lembar uang pecahan Rp100 ribuan. Bila dikonversi, 500 dolar AS setara Rp7,7 jutaan.

Gadis itu pun tak terkejut sembari menutup wajahnya dengan tangan. "Oh, terima kasih mister. Kamu serius?" katanya.

"Aku serius," kata Isaiah.

Gadis itu kembali mengucapkan terima kasih. "Sama-sama sweetheart," kata Isaiah.

Uang tersebut dikatakan sang gadis untuk biaya sekolahnya. Saat ditanya di mana keluarganya sekarang, ia menyebut tidak memiliki keluarga dan tinggal di panti asuhan seorang diri.

Video lantas berlanjut Isaiah bersama gadis tersebut mengunjungi panti asuhan sembari membawa berkotak-kotak makanan. Kedatangannya disambut oleh anak-anak panti asuhan lainnya.

"Orangtua gadis kecil ini meninggal & ditinggal sendirian di panti asuhan 🥹💔 Aku meminta uang padanya untuk makan & dia tidak segan-segan membantuku...Jadi aku mengejutkan dia & panti asuhan dengan INI," demikian tulisnya dalam kolom keterangan video tersebut.

3 dari 4 halaman

Tuai Pujian Warganet

Unggahan tersebut sukses mencuri atensi warganet. Kolom komentar pun dibanjiri beragam tanggapan.

"Pemberian tepat sasaran..😢😢😢😢 semangat," tulis seorang warganet.

Komentar lainnya berbunyi, "The real bidadari tak bersayap insya Allah jadi bidadari surga."

"Bahasa Inggrisnya bagus.. Keren.. 👏.. Semoga sukses ya sholihah.. ❤️," tulis lainnya.

"Moprok atiku saat dia bilang, ini buat kalian.. padahal jelas uang itu buat dia dengan ketulusan hati dan penuh cinta dia pakai uang untuk kebutuhan anak-anak Panti.. masyaallah tabarakallah.. 😢😢❤️❤️," kata warganet lainnya.

Tanggapan lainnya, "MasyaAllah sudah pintar baik Sholeha.. Sukses dunia akhirat insyaAllah dirimu dek..❤️❤️"

"Saya hanya ingin memeluknya dan mengatakan kepadanya bahwa dia dicintai," katanya.

"semoga Allah memberikan kemudahan kepada saya untuk melakukan kebaikan yg sama... Aamiin," lanjut lainnya.

Warganet lain menambahkan, "Terima kasih telah datang ke negaraku tercinta dan menyebarkan cintamu di sini. GBU."

"Jarang melihat anak-anak seusia ini tahu bagaimana menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris, bagus sekali, dia pantas mendapatkannya. Terima kasih sobat," terang lainnya.

4 dari 4 halaman

Sosok Isaiah Garza

Dikutip dari laman resminya, Isaiah Garza adalah seorang pengusaha, desainer perhiasan, filantropis, pembicara publik, penyanyi dan influencer media sosial. Isaiah telah ditampilkan di Forbes, Vogue, Business Insider, dan banyak media besar lainnya.

Merek perhiasan Garza telah dipakai oleh Cardi B, Rihanna, Janet Jackson, Khloe Kardashian & masih banyak lagi. Tujuan hidupnya adalah membuat dampak sosial terbesar di generasinya.

Di laman pribadinya, ia juga membuka donasi. "Jika Anda ingin berdonasi untuk video Isaiah di masa depan dan/atau misinya untuk membantu tunawisma/keluarga yang membutuhkan, silakan berdonasi di bawah ini. Semua donasi akan digunakan untuk membantu mereka yang membutuhkan di video sebelumnya/yang akan datang melalui Kindness," bunyi keterangan itu.

Ia menyebut soal kegiatan amal lainnya. "Untuk setiap unit yang terjual kami akan mendonasikan sebagiannya kepada para tunawisma dan keluarga membutuhkan di Los Angeles, CA," demikian bunyi keterangan di sebelah video yang menunjukkan dirinya tengah mengajak seorang tunawisma untuk berbelanja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.