Sukses

Dubes RI di Seoul Bersama Dita Karang Secret Number Menggagas Penguatan Promosi Wisata Indonesia di Korea Selatan

Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto berdiskusi dengan Dita Karang, personel grup Secret Number yang berdarah Indonesia untuk lebih mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, Mereka juga menggandeng aktis asal India, Anushka Sen dalam proyek tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar RI di Seoul, Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto telah melakukan diskusi dengan Dita Karang, personel grup K-Pop Secret Number yang berdarah Indonesia. Hal itu dilakukan dalam rangka mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,

Mereka juga menggandeng aktis asal India, Anushka Sen dalam proyek tersebut. Kedua artis itu ditangani oleh lembaga manajemen artis Korea Selatan yaitu Vine Entertainment dan Asia Lab Management.

Di awal diskusi, Dubes RI di Korea Selatan menyampaikan bahwa film dan musik termasuk subsektor potensial ekonomi kreatif di Indonesia. Penguatan kolaborasi bidang perfilman dan musik merupakan salah satu fokus kerjasama dalam rangka peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia Korea di tahun 2023.

Hal itu jadi salah satu tugas fungsi Ekonomi Kreatif dan Digital KBRI Seoul untuk menghubungkan maupun mencari peluang kerja sama antara para pelaku kreatif serta dengan media sebagai jendela masyarakat. Mr Bong Shibong, Vice CEO Vine Entertainment yang menangani manajemen Secret Number menyampaikan bahwa Indonesia punya banyak talenta di industri musik.

"Oleh karena itu disampaikan kesiapan untuk kerjasama intensif dengan pelaku industri musik dan hiburan di Indonesia," terang Mr Bong Shibong, Vice CEO Vine Entertainment yang menangani manajemen Secret Number, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com dari KBRI Seoul, Minggu (24/9/2023).

Salah satu yang sedang dijajaki adalah duet lagu antara Secret Number dengan penyanyi Indonesia. Sementara Mr Lee Jungsub, CEO Asia Lab Management yang menangani manajemen Anushka Sen menyampaikan bahwa kolaborasi dengan pelaku industri film Indonesia sudah terjalin dengan baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dubes Sulis dan Dita Karang Bikin Vlog

"Saat ini ada rencana peluncuran film yang akan melibatkan dua aktris ternama Indonesia yaitu Luna Maya dan Mika Tambayong beserta Anushka Sen dari India serta sejumlah artis ternama Korea," ungkap Lee Jungsub.

Dita Karang dan Anushka Sen juga mengajak Dubes Gandi Sulistiyanto atau biasa disapa Sulis untuk membuat vlog bersama dalam rangka mempromosikan penguatan kerja sama pariwisata dan ekonomi kreatif dari Indonesia bertema Wonderful Indonesia ke Korea Selatan. Mereka juga membuat tema lainnya yaitu Ride The Korean Wave.

Di akhir tahun 2022, Dubes Gandi Sulistiyanto mengumumkan bahwa Dita Karang, gadis asal Bali dan Yogyakarta, merupakan Representative Icon KBRI Seoul dari Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia Korea tahun 2023.

Pada Resepsi Diplomatik HUT ke-77 RI tahun 2022 dan ke-78 tahun 2023, Dita menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sementara, Anushka Sen yang sedang berkunjung ke Korsel merupakan Duta Korean Tourism Office di negara India dalam rangka Visit Korea Year 2023-2024.

3 dari 4 halaman

Siwon dan Dita Karang

Sementara itu, semarak perayaan HUT ke-78 RI diadakan di KBRI Seoul yang menggelar resepsi diplomatik peringatan kemerdekaan Indonesia pada Kamis 31 Agustus 2023. Acara yang diselenggarakan di Hotel Lotte Seoul tersebut sekaligus merayakan peringatan hubungan persahabatan antara Indonesia dan Korea Selatan yang ke-50 dengan tema: "Persahabatan Lebih Erat dan Kemitraan Lebih Kuat".

Dalam keterangan resmi dari Kedutaan Besar Indonesia di Seoul yang dikutip dari kanal Global Liputan6.com, Jumat, 1 September 2023, disebutkan bahwa resepsi itu dihadiri oleh sekitar 700 tamu undangan. Merka terdiri dari pejabat pemerintah, parlemen, korps diplomatik, pengusaha, akademisi hingga Friends of Indonesia.

Dita Karang ikut memeriahkan acara tersebut,sebagai Representative Icon untuk Peringatan 50 Tahun Persahabatan Indonesia Korea dari KBRI Seoul. Selain itu, anggota grup K-pop Super Junior, Choi Siwon, juga turut hadir sebagai Duta Korsel untuk peringatan 50 tahun persahabatan Indonesia-Korea Selatan.

Dalam sambutannya, Dubes Gandi Sulistiyanto menyampaikan kemajuan perkembangan Indonesia serta capaian kerja sama bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan, khususnya dalam status Kemitraan Strategis Khusus di berbagai sektor.

4 dari 4 halaman

Dukungan untuk Hubungan Indonesia-Korsel

"Penguatan kerja sama antara kedua negara yang berorientasi masa depan diharapkan berekembang, termasuk melalui kontribusi investor Korea dalam pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN)," ucapnya. Acara resepsi semakin meriah dengan pertunjukan angklung oleh Saung Angklung Mang Udjo dan kelompok Tari Tradisional Indonesia (KTTI) binaan KBRI Seoul.

Tamu kehormatan sekaligus perwakilan pemerintah Korea Selatan yang hadir dalam acara tersebut adalah Kim Gi Hyeon, anggota National Assembly dan Ketua People Power Party yang berkuasa, sekaligus Ketua Komite Persahabatan Parlemen Korea-Indonesia.

Dalam sambutannya, Hyeon menyampaikan dukungan terhadap hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan di berbagai bidang, serta harapan agar kemitraan kedua negara semakin maju dalam waktu 50 tahun mendatang.

Selain itu, Menko Polhukam RI Mahfud MD, yang tengah melakukan kunjungan ke Seoul juga hadir dalam acara tersebut. Ia meyakini, Indonesia dan Korsel memiliki modalitas yang kuat dan unik dalam kemitraannya, karena adanya kesamaan nilai-nilai demokrasi, ekonomi hingga penegakan hukum internasional.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.