Sukses

Semangat Vidi Aldiano Berjuang Lawan Kanker Selama 3 Tahun Sambil Persiapan Comeback

Vidi mengungkap sejak tahun lalu menjalani perawatan intensif tiap tiga minggu. Namun di tengah kabar itu, ia tetap bersemangat untuk rencana comeback dengan menelurkan karya baru.

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang menyenangkan datang dari Vidi Aldiano yang mengungkap perjuangannya sebagai penyintas kanker. Vidi mengungkap sejak tahun lalu menjalani perawatan intensif tiap tiga minggu.

Perawatan yang disebutnya sebagai "day spa" ini lantaran sel kanker di tubuhnya sudah menyebar ke sejumlah titik. Vidi Aldiano mulanya enggan membuka ini ke publik, namun ia berubah pikiran.

"Sudah memasuki tahun ketiga dimana gue menjadi 'Cancer-warrior'. Jarang sebenernya mau update hal-hal seperti ini, tapi hari ini I just feel like sharing," tulis Vidi di Instagram pribadinya, Senin, 18 September 2023.

Suami Sheila Dara Aisha ini menyebut kanker sebagai titipan Tuhan. Sayangnya, tahun lalu titipan Sang Khalik berkelana ke sejumlah titik atau organ tubuhnya. Tindakan medis pun harus ditempuh supaya kondisi kesehatan pelantun tembang "Status Palsu" itu tak memburuk.

Pria bernama asli Oxavia Aldiano tersebut menambahkan, "Selama gue masih diberikan kekuatan untuk melawan penyakit ini, gue ga boleh cupu. Gue harus terus bisa living my life, dan bonusnya semoga terus bisa berkarya untuk bisa kasih senyuman ke kalian semua."

Namun di akhir unggahan, Vidi tampak mengungkap kabar lain tentang rencana untuk comeback. "Wish me luck! #VidiComeback2023 sudah ada di depan mata. Gue harus sehat dan kuat, supaya bisa bikin kalian bangga sama karya terbaru gue! Love you all! 💙."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bikin Koreografi Lagu Baru

Sebelum curhat tentang tiga tahun sebagai penyintas kanker, Vidi sempat mengunggah potretnya saat berlatih koreografi. "#VidiComeback2023 sudah didepan mata dan hari ini kita sudah mulai merancang koreo untuk lagu baru.-Emang boleh sampe monyong gitu, Vid?" tulis Vidi.

Bahkan Vidi mengungkap bahwa hanya tinggal beberapa hari saja, ia bakal comeback. Namun belum diketahui comeback yang dimaksud apakah mengeluarkan album baru atau hanya single.

Selama ini hampir tak ada wajah sedih di semua potret yang ia unggah, justru optimisme terus berkarya meskipun ternyata Vidi harus berjuang melawan penyakitnya. Lalu tak hanya di Instagram, Vidi kerap mengungkap berbagai momen kesehariannya. Di channel YouTube pribadinya, Vidi juga rajin membuat konten dan podcast yang menampilkan perbincangan serta hal-hal menarik.

Di akun media sosialnya, Vidi hampir selalu datang di momen kondangan teman-teman pesohornya. Dari Maudy Ayunda dan Jesse Choi, termasuk pebulu tangkis Kevin Sanjaya dengan istrinya Valencia Tanoesoedibjo yang kini sedang menanti buah hati pertamanya. 

3 dari 4 halaman

Mengenal Metastasis, Penyebaran Kanker yang Dialami Vidi Aldiano

Sebelumnya Vidi Aldiano sempat menjalani pengobatan kanker ginjal stadium 3 pada Desember 2019. Kondisi tersebut bahkan mengharuskannya melakukan operasi pengangkatan ginjal di Singapura. 

Mengutip dari kanal Health Liputan6.com, Selasa (19/9/2023), setelah operasi pengangkatan ginjal, pria itu masih harus rutin menjalani kemoterapi sampai diketahui bahwa kanker telah bermetastasis atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Mengutip dari Cancer.net, metastasis berarti kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang berbeda dari tempat awalnya. Ketika ini terjadi, dokter akan mengatakan kanker telah "bermetastasis."

Istilah "kanker metastatik", "kanker stadium lanjut", dan "kanker stadium 4" juga dapat digunakan untuk menggambarkan metastasis, namun istilah-istilah ini dapat memiliki arti yang agak berbeda. Istilah kanker stadium lanjut juga dapat digunakan untuk menggambarkan kanker berukuran besar yang belum menyebar ke bagian tubuh lain.

Metastasis merupakan bentuk jamak dari metastasis. Metastasis paling sering berkembang saat sel kanker melepaskan diri dari tumor utama serta memasuki aliran darah maupun sistem limfatik tubuh.  

4 dari 4 halaman

Bagaimana Kanker Menyebar?

Sistem ini membawa cairan ke seluruh tubuh. Artinya, sel kanker bisa berpindah jauh dari tumor aslinya dan membentuk tumor baru ketika menetap dan tumbuh di bagian tubuh lain.

Semua jenis kanker bisa menyebar. Terjadinya hal ini bergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis kanker, seberapa cepat kanker itu berkembang, dan faktor lain tentang perilaku kanker yang mungkin ditemukan oleh dokter.

Metastasis juga bisa berkembang saat sel kanker dari tumor utama pecah dan tumbuh di area terdekat, seperti di hati, paru-paru, atau tulang. Kanker yang telah menyebar ke daerah lain mempunyai nama yang sama dengan kanker aslinya.

Misalnya, kanker payudara yang menyebar ke hati disebut kanker payudara metastatik, bukan kanker hati. Hal ini lantaran kanker bermula dari payudara dan pengobatan yang digunakan adalah kanker payudara. Kanker bisa menyebar ke hampir seluruh bagian tubuh, tetapi kanker tertentu lebih mungkin menyebar ke area tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini