Sukses

Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN Pecah, Para Kepala Negara Berjoget Ikuti Irama Musik

Acara Gala Dinner KTT ASEAN 2023 yang berlangsung di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Rabu malam, (6/9/2023) jadi 'pecah' dan heboh karena para kepala negara ikut berjoget mengikuti irama lagu yang ditampilkan para penyanyi. Dalam momen itu, Presiden Jokowi dan Iriana tampak mengenakan busana adat Betawi bernuansa hitam dan oranye.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023 dengan Gala Dinner yang berlangsung di Hutan Kota by Plataran, kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Rabu malam, (6/9/2023). Menjadi jamuan makan malam penting, Presiden Jokowi dan Iriana tampak mengenakan busana adat Betawi bernuansa hitam dan oranye. 

Dalam tayangan video streaming yang disiarkan melalui YouTube Liputan6.com, sebelum berlangsungnya Gala Dinner KTT ASEAN ke-43, satu per satu delegasi hadir. Beberapa yang tampak di antaranya Perdana Menteri Kambodia, Samdech Moha Borvor Thipadei Hun Manet yang hadir bersama istrinya, Pich Channmoy Hun Manet.

Mereka tampil kompak dengan busana batik bernuansa merah kecokelatan. Pich Channmoy juga terlihat anggun dengan rok pensil bernuansa kuning keemasan dan tampilan rambut yang disanggul. Keduanya disambut Presiden Jokowi bersama Iriana, seperti pimpinan ASEAN lainnya yang juga mengenakan batik, seperti Sultan Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei dan Perdana menteri dari China, Li Qiang yang datang setelahnya.

Termasuk juga Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese dan Perdana Menteri Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao, serta Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. Tampak senyum di antara para tamu sebelum gala dinner berlangsung, merasakan keramah-tamahan Presiden Jokowi dan Iriana.

Suguhan pentas kesenian dari negara ASEAN juga dipertunjukkan, Kamboja, Brunei Darusalam, Myanmar, Malaysia, gedung-gedung tinggi di Jakarta menjadi latar yang menampilkan video dengan efek yang menakjubkan. Namun yang bikin heboh dan bikin suasana jadi 'pecah' adalah saat para kepala negara ikut berjoget mengikuti irama lagu, seperti lagu Jang Ganggu dari Papua dan disusul dua lagu dangdut yang dibawakan Aurelie Moeremans yaitu Cikini Gondangdia dan No Comment yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Dua lagu tersebut bahkan dibawakan kembali di akhir acara. Beberapa kepala negara maupun delegasi dari sejumlah negara tak malu-malu ikut menari dan berjoget hingga membuat suasana makin meriah. Beberapa menteri seperti Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga sempat terlihat ikut berjoget.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sajian Makanan

Sementara itu, mengutip dari kanal Health Liputan6.com, Rabu (6/9/2023) pilihan masakan yang disajikan saat KTT ASEAN cukup spesial, temanya adalah 'Nusantara on The Forest'. Chef Arnold Poernomo dalam tayangan video Sekretariat Presiden mengungkapkan, "Request-nya itu adalah makanan dengan tampilan mewah, megah, serta nikmat."

Arnold menuturkan, tim chef yang dibawanya, termasuk para chef muda. Mereka diberikan panggung untuk menunjukkan kemampuan dalam helat acara Gala Dinner KTT ASEAN.

"Yang pasti chef-chef muda seperti teman-teman kami yang ada di sini, akan diberi panggung di acara internasional KTT ASEAN ini dengan makanan Indonesia dan juga setiap teman-teman yang ada di sini untuk showcase culinary skill dengan acara yang luar biasa ini," tuturnya.

Pada video yang sama juga ada penuturan dari Chef Degan Saptoadji yang menjadi salah satu chef pada sesi Gala Dinner KTT ASEAN 2023.

"Kita ingin menunjukkan masakan Indonesia sekarang sudah bisa go international," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Para Pemimpin Delegasi yang Hadir

Sajian yang akan diberikan kepada tamu-tamu negara pun tetap otentik. "Dari segi rasanya tetap rasa otentik, dan dari segi tampilan serta teknik masaknya harus bisa sama dengan standar internasional,” sambung Degan.

Pada kesempatan itu, Chef Degan Saptoadji berharap para kepala negara yang hadir dan juga sederet tamu penting perhelatan KTT ke-43 ASEAN 2023 dapat menerima dengan baik masakan Indonesia.

“Semoga tamu-tamu yang hadir di KTT ASEAN ini bisa melihat bahwa masakan Indonesia ini sangat pantas untuk bersaing di dunia dan memang sudah waktunya makanan kita itu mendunia,” pungkasnya.

Adapun para pemimpin negara yang sudah hadir di Jakarta adalah Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone, PM Kamboja Hun Manet, Ketua Delegasi Thailand Sarun Charoensuwan, dan Presiden Filipina Ferdinan Marcos Jr.

Kemudian, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Vietnam Pham Minh Chinh, PM Timor Leste Xanana Gusmao, PM Kepulauan Cooks Mark Brown, Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin, dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Lalu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri China Li Qiang, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris.

 
4 dari 4 halaman

Sterilisasi Ruas Jalan Menuju Hutan Kota GBK

Gala dinner atau jamuan makan malam para kepala negara dan tamu-tamu VVIP delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN berlangsung di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta pada Rabu (6/8/2023) malam.

Lokasinya berada di dalam kawasan Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun melakukan sterilisasi di beberapa ruas jalan menuju ke lokasi sejak Rabu pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB dilanjutkan kembali sampai pukul 22.00 WIB.

"Jadi mulai 16.00 WIB sampai selesai acara gala dinner ke Plataran akan disterilkan, mungkin sampai jam 22.00 WIB," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, Selasa, 5 September 2023.

Latif menerangkan, pihaknya melakukan sterilisasi di ruas Jalan mulai dari arah Semanggi sampai Bundaran Senayan. Skenario rekayasa arus lalu lintas telah disiapkan.

Kemudian, kendaraan dari arah Jalan Gatot Subroto yang mau belok kiri masuk Sudirman-Thamrin dialihkan lewat Slipi atau diluruskan. Begitu juga dari Sudirman-Thamrin yang mau masuk ke arah Semanggi akan dibelokkan masuk ke kuningan atau ke arah timur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini