Sukses

TMII Wajah Baru Dibuka Mulai 1 September 2023 dengan Konsep Green Zone

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menampilkan wajah barunya pada Jumat, 1 September 2023. Pembaruan ini menampilkan desain area rekreasi yang lebih kekinian dan berkonsep green zone dengan wahana, atraksi-atraksi menghibur yang menampilkan budaya serta kreativitas anak bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tampil dengan wajah barunya pada Jumat, 1 September 2023. Pembaruan setelah renovasi ini menampilkan desain area rekreasi yang lebih kekinian dan berkonsep green zone dengan wahana, atraksi-atraksi menghibur yang menampilkan budaya serta kreativitas anak bangsa.

"Di 1 September nanti, TMII akan memulai petualangan baru dengan wajah baru✨ Dan dalam rangka memeriahkan peluncurannya, akan ada Tirta Cerita yang dipadukan dengan 300 drone show spesial di TMII, serta performance dari KOTAK (@kotakband_) dan TULUS (@tulusm)," keterangan di laman Instagram resmi TMII @tmiiofficial, dikutip, Kamis, 31 Agustus 2023. 

Mengutip laman kanal Bisnis, Liputan6.com, untuk memeriahkan diresmikannya wajah baru Taman Mini Indonesia Indah, pengunjung akan disuguhi dengan penampilan spektakuler "Tirta Cerita" di Danau Archipelago. Tirta Cerita nantinya sebagai acara penutup tiap malam di TMII bagi para pengunjung.

Hal yang akan membuat masyarakat tertarik datang, tentunya tiket masuk gratis ke TMII. Dalam perhelatan tersebut, pengunjung dapat menikmati akses gratis di atas jam 16.00 WIB dan hanya dikenakan biaya parkir kendaraan.

Pengunjung dapat masuk lewat pintu 1 untuk memulai perjalanan menjelajahi keindahan TMII yang selanjutnya berkumpul di Danau Archipelago untuk menikmati kemeriahan diresmikannya Wajah Baru TMII. Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono menjelaskan bahwa peresmian Wajah Baru TMII ini akan menjadi milestone baru bagi pariwisata Indonesia.

"Untuk itu, kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk hadir dan menjadi bagian diresmikannya salah satu ikon pariwisata negeri ini dimana cerita tentang Indonesia tak kan ada habis dijelajahi” ungkap Maya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Edukatif di Jagad Satwa TMII

Setelah direnovasi, sekarang TMII lebih ramah bumi dan minim emisi. Selain itu, wajah Baru TMII menghadirkan berbagai atraksi dan wahana baru yang siap menyambut wisatawan yang berkunjung di TMII.

Tak cuma atraksi Tirta Cerita di Danau Archipelago, terdapat juga Jagat Satwa Nusantara yang menjadi. Tempat ini menjadi penegasan konsep taman satwa yang telah selesai direvitalisasi atas ketiga wahana satwa, yaitu Taman Burung, Museum Komodo, Dunia Air Tawar & Serangga.

entunya kereta gantung yang menjadi salah satu wahana unggulan TMII juga telah direvitalisasi dan kini terdapat 81 kabin dengan tiga stasiun. Dengan kereta gantung, pengunjung bisa melihat keindahan bentang alam Indonesia dari Sabang hingga Merauke dari atas.

Setelah renovasi oleh Kementerian PUPR selesai, wajah baru TMII menghadirkan layanan baru yang lebih segar dan juga pengalaman baru yang lebih seru. Hal ini untuk meningkatkan kualitas layanan dan juga daya tarik yang bisa dinikmati pengunjung. 

3 dari 4 halaman

Delegasi KTT ASEAN Bakal Kunjungi TMII dengan Wajah Baru

Di Museum Indonesia pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi topeng khas daerah, baju adat nusantara serta pameran kain tenun ikat dan wastra dari seluruh provinsi di Indonesia yang mana hal ini merepresentasikan Bhinneka Tunggal Ika. Pengunjung bahkan bisa melihat maket dan video display gambaran Ibu Kota Negara yang merepresentasikan Indonesia masa depan.

Diketahui TMII telah melalui proses renovasi yang berlangsung sejak Januari 2022. Renovasi meliputi area penataan bangunan seluas 7,71 hektare dan kawasan 26,56 hektare.

Renovasi TMII juga merupakan bagian persiapan kunjungan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN . TMII akan menjadi salah satu destinasi wisata yang akan dikunjungi para delegasi di pertemuan puncak yang bakal digelar pada 5--7 September 2023.

"Nantinya akan ada spouses program yang ditujukan kepada pendamping para kepala negara atau pemerintahan yang digelar pada 6 September 2023 siang," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam pernyataan Selasa, 29 Agustus 2023.

4 dari 4 halaman

Gala Dinner 30th ASEAN Socio Cultural Community

 

Masih dalam rangkaian kegiatan KTT ASEAN 2023, sudah digelar jamuan makan malam atau gala dinner 30th ASEAN Socio Cultural Community (ASCC) pada Selasa malam, 29 Agustus 2023. Sejumlah delegasi dimanjakan dengan cita rasa kuliner Indonesia, antara lain rujak salmon, soto lamongan, rendang, dan puding mangga.

Mengutip siaran pers yang dibagikan Kemenparekraf, Kamis, 30 Agustus 2023, hidangan pembuka yang disajikan kepada para delegasi di jamuan makan malam itu adalah rujak salmon. Jenis kuliner itu berbahan dasar ikan salmon bakar. Saat penyajian, ikan salmon tersebut terasa istimewa karena dilengkapi dengan saus manis pedas yang terbuat dari kacang, jeruk segar, dan campuran selada muda.

Setelah itu, para delegasi diajak menikmati hidangan khas Lamongan. Seperti soto pada umumnya, soto Lamongan juga hadir dengan kuah, soun, kol, dan suwiran daging ayam sebagai isiannya. Dalam penyajian, soto Lamongan kerap disantap bersama nasi dan seringkali diberi pelengkap lain seperti sambal dan berbagai macam gorengan seperti perkedel atau tempe goreng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.