Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Komodo Pulang Kampung, Naik Pesawat Garuda Indonesia ke Labuan Bajo

Top 3 Berita Hari Ini, enam komodo pulang kampung ke Labuan Bajo. Penampilan anggun Iriana Jokowi dan filosofi baju adat Tanimbar yang dipakai Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang enam komodo hasil pengembangbiakan (captive breeding) terkontrol di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, pulang kampung. Biawak bernama latin Varanus komodoensis itu akan kembali ke habitat alaminya di Cagar Alam Wae Wuul, Nusa Tenggara Timur.

Prosesi pemberangkatan keenam satwa endemik Indonesia itu dilakukan di pelataran Rainforest Restaurant, Taman Safari Bogor, Cisarua, Kabupaten Bogor, pada Senin, 14 Agustus 2023, yang didukung pula oleh PT Smelting melalui program CSR-nya. Rencana pelepasliaran enam ekor komodo di Labuan Bajo itu mengusung tema Ora Kole Beo yang dalam bahasa daerah setempat berarti Komodo Pulang Kampung.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka kampanye Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2023. Berita kedua yang banyak diminati adalah tentang tampilan Ibu Negara Iriana Jokowi berhasil menarik perhatian ketika hadir bersama Presiden Jokowi dalam Rapat Tahunan MPR RI 2023, Rabu (16/8/2023).

Di kesempatan itu, Iriana terlihat memakai kebaya berwarna dasar kuning. Kebaya sederhana ini semakin terlihat elegan karena dihiasi lapisan kain brukat transparan berhias bordiran motif bunga bernada emas. Selain itu, kebaya ini dikombinasikan dengan kain songket berwarna senada yang juga didekorasi dengan motif emas.

Tidak hanya itu, aksesori seperti anting dan gelang perak yang dikenakannya juga melengkapi penampilannya. Berita ketiga yang banyak menarik perhatian adalah tentang Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan tradisi mengenakan baju adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR. Tahun ini, Jokowi kedapatan memakai baju adat Tanimbar, Maluku ketika hadir di kawasan Senayan, Jakarta, hari ini, Rabu (16/8/2023).

Seperti busana tradisional dari daerah lain, pakaian adat Tanimbar juga sarat makna dan filosofi. Jokowi mengenakan baju adat Tanimbar untuk bangsawan. kain tenun Tanimbar juga merupakan fitur pelengkap dalam busana adat yang dikenakan Jokowi. Untuk lebih lengkapnya simak Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

6 Komodo Pulang Kampung, Naik Pesawat Garuda Indonesia ke Labuan Bajo

 

Enam komodo hasil pengembangbiakan (captive breeding) terkontrol di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, pulang kampung. Biawak bernama latin Varanus komodoensis itu akan kembali ke habitat alaminya di Cagar Alam Wae Wuul, Nusa Tenggara Timur.

Prosesi pemberangkatan keenam satwa endemik Indonesia itu dilakukan di pelataran Rainforest Restaurant, Taman Safari Bogor, Cisarua, Kabupaten Bogor, pada Senin, 14 Agustus 2023, yang didukung pula oleh PT Smelting melalui program CSR-nya. Mereka berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK cq. Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik (KKHSG), UPT Balai Besar KSDA Jawa Barat (BBKSDA Jabar) dan Balai Besar KSDA Nusa Tenggara Timur (BBKSDA NTT).

Selengkapnya…

Penampilan Anggun Iriana Jokowi Kenakan Kebaya Kuning Berhias Bordiran Emas di Sidang Tahunan MPR RI 2023

 

Tampilan Ibu Negara Iriana Jokowi berhasil menarik perhatian ketika hadir bersama Presiden Jokowi dalam Rapat Tahunan MPR RI 2023 yang berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/8/2023). Di kesempatan itu, Iriana terlihat memakai kebaya berwarna dasar kuning. Kebaya sederhana ini semakin terlihat elegan karena dihiasi lapisan kain brukat transparan berhias bordiran motif bunga bernada emas.

Aksen dari selendang berwarna serasi memperkuat estetika layering pada kebaya yang dikenakannya, mempersembahkan kesan yang lebih anggun. Selain itu, kebaya ini dikombinasikan dengan kain songket berwarna senada yang juga didekorasi dengan motif emas.

Selengkapnya…

Filosofi Baju Adat Tanimbar yang Dipakai Jokowi ke Sidang Tahunan MPR 2023, Tidak Bisa Dikenakan Orang Biasa

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan tradisi mengenakan baju adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR. Tahun ini, Jokowi kedapatan memakai baju adat Tanimbar, Maluku ketika hadir di kawasan Senayan, Jakarta, hari ini, Rabu (16/8/2023).

Seperti busana tradisional dari daerah lain, pakaian adat Tanimbar juga sarat makna dan filosofi. Mengutip studi "Busana Tradisional Daerah Maluku dan Masa Depannya" oleh Marthen M. Pattipeilohy yang dimuat di situs web Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Rabu, Jokowi mengenakan baju adat Tanimbar untuk bangsawan.

Selengkapnya…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini