Sukses

Mengenal Jambe Pinang, Salah Satu Bahan Baku Jamu Madura untuk Kesuburan Wanita

Pengetahuan jamu yang dimiliki oleh orang Madura sangat tepat jika disebut sebagai suatu kearifan lokal. Salah satu bahan jamu Madura yang terkenal adalah jambe pinang atau yang umum dikenal sebagai buah pinang.

Liputan6.com, Jakarta Pemahaman orang Madura tentang jamu merupakan pengetahuan yang sangat penting untuk dipahami mengingat jamu memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan atau mengobati suatu penyakit. Pengetahuan jamu yang dimiliki oleh orang Madura pun sangat tepat jika disebut sebagai suatu kearifan lokal.

Mengutip dari buku "Kearifan Lokal Madura Tentang Jamu untuk Kesehatan Ibu dan Anak", karangan Mudjijono, Selasa, 1 Agustus 2023, terdapat beberapa jenis bahan jamu yang kerap digunakan seperti daun kemanden, daun rosela, majakan, kayu rapet, gambir, jambe pinang, hingga daun secang. Salah satunya akan dibahas, jambe pinang sebagai bahan jamu yang umumnya juga dikenal sebagai buah pinang.

Mengutip dari laman Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo, pohon pinang adalah tanaman soliter yang tumbuh secara individual. Batangnya lurus dengan ketinggian mencapai 20--30 meter, sementara berdiameter antara 25-30 cm.

Batang pohon pinang memiliki ruas bekas daun yang jelas dengan jarak berkisar 15-20 cm setiap ruasnya, namun ukuran tersebut tergantung dengan varietasnya. Semakin rapat jarak antar ruas batang tersebut, maka dinilai semakin baik.

Pinang menghasilkan bunga berumah satu yang artinya, bunga jantan dan betina berada dalam satu rangkaian bunga yang sama. Bunga jantan maupun bunga betina berwarna putih susu dengan enam petal, tapi tak memiliki tangkai bunga.

Bunga jantan memiliki enam benang sari. Untuk bunga betinanya memiliki ukuran panjang sekitar 1,3-2 cm lebih besar dibandingkan bunga jantan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buah Pinang dan Sirih

Buah pinang termasuk dalam jenis buah drupe atau buah batu karena lapisan bagian dalamnya (endocarp) cukup tebal dan keras seperti batu. Warnanya kuning cenderung oranye saat matang, buah ini berbiji dengan bentuk lonjong membulat.

Sementara dilihat dari jenis akarnya, pinang termasuk tanaman monokotil. Akar pinang merupakan akar serabut yang mirip dengan akar pohon kelapa.

Tak hanya terkenal di Madura, pinang termasuk salah satu jenis buah yang akan sering dijumpai di kawasan Indonesia bagian Timur. Tepatnya di daerah Nusa Tenggara dan Maluku, buah ini juga biasa disebut dengan nama yang berbeda di berbagai daerah.

Sebutlah pinang di Aceh disebut dengan pineung, di Nusa Tenggara dan Maluku, lebih dikenal dengan sebutan pua atau bua. Selama ini belum banyak orang yang mengetahui beragam manfaat pinang muda untuk kesuburan wanita, lantaran buah pinang lebih sering dipakai bersama sirih. Siri pinang menjadi kebiasaan masyarakat umum setelah merokok dan minum kopi.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pinang untuk Kesuburan Wanita

Mengutip dari laman Morula IVFm berikut adalah manfaat buah pinang untuk kesuburan wanita sehingga sering dijadikan pula bahan untuk membuat jus maupun jamu:

1. Bantu Pasca Persalinan

Sebagian masyarakat di Indonesia Timur menggunakan biji pinang muda untuk memperkecil rahim pasca persalinan. Biasanya, para wanita memasak buah pinang dan meminum airnya selama satu minggu.

Bukan hanya itu, pinang muda pun banyak digunakan untuk menghentikan perdarahan. Hal tersebut karena ada senyawa arecaidine atau arecaine, choline atau bilineurine, guvacine, guvacoline dan tanin di dalamnya yang dipercaya mampu menghentikan pendarahan.

2. Merapatkan Vagina

Banyak ibu yang merasa takut vaginanya akan menjadi longgar setelah melahirkan. Tetapi sebenarnya seiring berjalan waktu vagina akan rapat kembali. Selain itu, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti pinang untuk membantu prosesnya.

Caranya adalah yaitu siapkan kulit pinang muda, kapur sirih, biji gambir dan daun sirih muda. Olah dengan cabut kecil-kecil kulit pinang muda, lalu tumbuh biji gambir. Ayak kapur sirih yang sudah dibersihkan.

Lalu rebus air secukupnya, masukkan semua bahan. Setelah matang, biarkan mengendap sempurna dan air rendaman dingin. Gunakan air tersebut untuk membilas area Miss V secara teratur.

4 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Gairah Seksual

Banyak juga yang percaya bahwa pinang muda bermanfaat untuk kesuburan adalah karena mampu meningkatkan gairah seksual. Hal tersebut karena adanya kandungan alkaloid di dalamnya. Konsumsi buah ini secara langsung atau minum air rebusannya dipercaya dapat meningkatkan membantu tingkatkan gairah seks.

4. Mengatasi Masalah Keputihan

Keputihan merupakan salah satu kondisi yang umum dialami wanita, namun jika terus dibiarkan atau kondisinya yang kurang normal seperti berwarna serta berbau, tentu hal ini tak bisa dibiarkan. Pinang muda disebut-sebut bisa bantu mengatasinya.

Caranya adalah dengan menyeduh biji pinang muda yang sudah ditumbuk. Tunggu sampai airnya dingin, lalu gunakan untuk membasuh area vagina agar membantu mengatasi keputihan yang berlebihan.

5. Atasi Bau Tak Sedap

Pinang muda juga banyak digunakan untuk mengatasi bau tak sedap pada wanita. Cara penggunaannya mirip dengan mengatasi keputihan pada poin sebelumnya. Komponen anti bakteri alami yang terdapat pada pinang muda bisa membunuh kuman penyebab bau tak sedap di area miss V.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini