Sukses

Dandanan Iriana Jokowi Bersama Istri Presiden China, Peng Liyuan Saat Kunjungan Kenegaraan

Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi sedang dalam kunjungan kenegaraan ke China untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping. Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi ikut didampingi Ibu Negara Iriana.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sedang dalan kunjungan kenegaraan ke China untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping. Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi ikut didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Potret terbaru terkait kunjungan juga diunggah oleh akun Instagram resmi Presiden Jokowi yang memperlihatkan pertemuan antara Iriana dengan Peng Liyuan, istri Presiden China. Pertemuan dilakukan di Hotel Jinniu di Kota Chengdu, RRT, Kamis sore 27 Juli 2023 waktu setempat. 

Di keterangan foto Presiden Jokowi menulis, "Saat saya dan Presiden Xi Jinping menggelar pertemuan bilateral, di ruang yang lain Ibu Negara menerima jamuan minum teh bersama Madam Peng Liyuan."

Keterangan juga mengungkap kedatangan Jokowi dan istri disambut dengan penuh keramahan. Madam Peng menunjukkan dan menjelaskan sejumlah koleksi guci dan kain yang ditampilkan di hotel itu.

Bahkan juga memperlihatkan kegiatan meracik teh hijau, bahkan mengajak Ibu Negara melukis di mangkuk teh. Dalam potret yang terdiri dari beberapa slide foto yang menunjukkan sisi anggun kedua ibu negara tersebut.

Sementara Iriana tampil anggun menggunakan tunik berwarna krem dengan potongan leher tinggi serta detail layering yang dilengkapi renda cantik. Padanan busananya semakin menawan berkat dandanan sederhana serta tambahan aksesoris anting mungil dan tas tangan berwarna hitam.  

Di momen ini Iriana tak tampak memakai barang bermerek yang mencolok seperti dalam penampilan sebelumnya. Untuk sepatunya pun yang dipakai Iriana tak diketahui berasal dari brand apa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peng Liyuan Tak Kalah Anggun

Tak kalah anggun, Peng Liyuan ternyata memakai busana yang warnanya serasi dengan milik Iriana. Dalam balutan gaun midi yang memiliki detail potongan belt di pinggang, serta rempel kecil untuk bagian rok, Ibu Negara Tiongkok tersebut juga tampak anggun.

Tatanan rambut Peng Liyuan sedikit berbeda dari iriana yang hanya dicepol. Ia sedikit memberikan sentuhan poni depan yang agak menyamping lalu sanggulnya tampak sedikit tinggi. 

Anting bulat yang dipakainya juga terlihat tak berlebihan untuk acara ngeteh sore yang semi-formal tersebut. Mengutip dari laman Sekretariat Negara, disebutkan bahwa momen hangat dalam pertemuan akrab itu berlangsung sekitar 30 menit.

Setelahnya, Iriana bersama Madam Peng melanjutkan kegiatan untuk menghadiri makan malam bersama Jokowi dan XI Jinping. Di kegiatan tersebut, Iriana juga didampingi istri Duta Besar RI Beijing Sih Elsiwi Handayani Oratmangun. Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi dan Iriana tiba China tepatnya di Chengdu pada 27 Juli 2023.

3 dari 4 halaman

Kunjungan Hari Kedua Presiden di China

Mengutip dari kanal News Liputan6.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana melanjutkan kunjungan kerja hari keduanya di Kota Chengdu, China, Jumat (28/7/2023). Presiden diagendakan menghadiri pembukaan FISU World University Games hingga pertemuan bersama sejumlah pengusaha Tiongkok.

Berdasarkan siaran pers dari Sekretariat Presiden, Jokowi akan mengawali kegiatan dengan bertemu dengan sejumlah pebisnis Tiongkok yang akan digelar di Hotel Shangri-La Chengdu. Iriana Jokowi diagendakan untuk mengunjungi tempat pembiakan panda di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding.

Siang harinya, Jokowi dan Iriana akan menghadiri jamuan santap siang oleh Presiden China Xi Jinping dan Madam Peng Liyuan. Acara ini ikut dihadiri sejumlah pemimpin negara lainnya. 

Setelah menghadiri jamuan santap siang, Jokowi dijadwalkan bertemu dengan atlet Indonesia yang akan bertanding dalam gelaran FISU World University Games untuk memberikan semangat kepada mereka. Malam harinya, Jokowi dan Iriana dijadwalkan menuju Dong’an Lake Sport Stadium, menghadiri upacara pembukaan FISU World University Games sebelum akhirnya bertolak kemnali ke Jakarta.

4 dari 4 halaman

Isi Pertemuan Bilateral Indonesia dan Tiongkok

Dalam pertemuan bilateral Indonesia dan China, Jokowi menekankan sejumlah kerja sama antar-kedua negara. Beberapa kerja sama yang dibahas kedua Kepala Negara antara lain penguatan perdagangan, investasi, kerja sama kesehatan, kerja sama pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), termasuk kerja sama riset serta teknologi.

Jokowi mengapresiasi penyelesaian protokol impor untuk sejumlah produk antara Indonesia dan China. "Ke depan kita perlu terus dorong pembaruan protokol dan peningkatan kuota impor sarang burung walet serta penyelesaian protokol impor produk laut Indonesia," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis, 27 Juli 2023.

Terkait proyek pembangunan IKN, dia berharap agar Tiongkok bisa terus menjadi mitra strategis. "Semoga kerja sama Otoritas IKN dengan Pemerintah Kota Shenzen dapat berkontribusi bagi perencanaan dan pengembangan IKN," ujarnya.

Mengenai kerja sama dalam bidang kesehatan, Jokowi menyambut baik finalisasi rencana aksi implementasi kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Tiongkok. Isu lainya yang dibahas adalah kerja sama ASEAN-China hingga dukungan China terhadap sentralitas ASEAN agar mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini