Sukses

Ubud Bali Masuk Top 5 Daftar Kota Favorit di Dunia 2023 Versi Pembaca Travel + Leisure, Pimpin Asia Tenggara

Sementara Ubud Bali masuk dalam lima besar daftar Kota Favorit di Dunia 2023 versi pembaca Travel + Leisure, Meksiko jadi negara dengan kota terbanyak dalam list tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ubud dan segudang pesonanya telah berhasil menarik hati banyak pelancong, baik lokal maupun mancanegara. Posisi Ubud Bali sebagai salah satu destinasi menawan pun diperkuat dengan posisinya yang berada di lima besar daftar 25 Kota Favorit di Dunia 2023 versi pembaca publikasi perjalanan, Travel + Leisure.

Melansir situs webnya, Selasa (25/7/2023), Ubud berada di peringkat ke-4 dengan skor pembaca 91,73. "Ubud adalah kota pedalaman Bali yang dikelilingi hutan," sebut outlet itu. 

"Seorang pembaca menggambarkan sorotan liburan mereka: 'naik ayunan dengan pemandangan sawah, menunggang gajah, berburu air terjun, berfoto dengan monyet, berbelanja di kios pasar dan toko kelas atas, restoran yang indah (khususnya Cafe Lotus di malam hari), pijat murah, dan hotel dengan pemandangan yang menakjubkan'."

"Kedengarannya seperti rencana perjalanan yang sempurna," tandasnya. Dalam daftar tahun ini, pihaknya menyebut bahwa lima dari tujuh benua terwakili dalam daftar Kota Terbaik di Dunia 2023, menurut pembaca T+L. "Peringkat tersebut membuktikan bahwa, tahun lalu, pembaca tangguh kami kembali ke Asia dan Afrika," katanya.

"(Pembaca) melakukan perjalanan ke kota-kota yang layak untuk penerbangan jarak jauh, seperti Marrakesh dan Singapura. Berdasarkan komentar pembaca, tampaknya para pelancong yang memilih survei Penghargaan Terbaik Dunia tahun ini paling tertarik dengan penduduk lokal, makanan enak, keamanan, harga wajar, dan estetika, baik itu alam yang indah atau arsitektur Renaisans," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemungutan Suara

Setiap tahun, T+L meminta pembaca mempertimbangkan pengalaman perjalanan di seluruh dunia untuk mengisi survei Penghargaan Terbaik Dunia. Mereka diminta membagikan pendapat tentang hotel, resor, kota, pulau, kapal pesiar, spa, maskapai penerbangan teratas, dan banyak lagi.

"Hampir 165 ribu pembaca T+L menyelesaikan survei tahun 2023, meningkat hampir 25 persen dari tingkat pemungutan suara sebelum pandemi. Sebanyak lebih dari 685 ribu suara diberikan di lebih dari 8.500 properti unik (hotel, kota, jalur pelayaran, dan lain sebagainya)," catatnya.

Kota secara khusus dinilai berdasarkan kriteria:

  • Pemandangan/landmark
  • Budaya
  • Makanan
  • Keramahan
  • Wisata belanja
  • Kearifan lokal

Untuk setiap karakteristik, responden dapat memilih peringkat sangat baik, di atas rata-rata, rata-rata, di bawah rata-rata, atau buruk. Merujuk penilaian akhir, Meksiko adalah negara favorit pembaca T+L di dunia. Tidak kurang dari lima kota Meksiko mendapat peringkat sebagai yang terbaik di dunia tahun ini.

Jepang memiliki tiga wakil, sementara Thailand, Italia, dan Portugal masing-masing memiliki dua kota favorit. Ada beberapa pergerakan di lima besar, dibanding peringkat tahun lalu, dengan dua kota Eropa tergelincir untuk memberi ruang bagi Udaipur, India, dan Kyoto, Jepang. 

3 dari 4 halaman

Top 5 Kota Favorit di Dunia Tahun 2023

Sementara Ubud berada di peringkat ke-4, dan memimpin Asia Tenggara di daftar itu, Oaxaca, Meksiko, yang mencatat skor pembaca 93,53 bertengger di posisi puncak. "Untuk tahun kedua berturut-turut, Oaxaca menempati posisi No. 1 di daftar kota terbaik kami di seluruh dunia," sebut T+L.

"Kota ini telah lama jadi favorit di antara pembaca T+L, tapi restoran dan bar koktail yang harus dikunjungi (Selva dan Sabina Sabe untuk beberapa nama), ditambah talenta hotel yang baru dan lebih baik, seperti Casa Silencio, benar-benar memberi kota keunggulan yang dibutuhkan untuk kembali ke puncak podium."

"Seperti yang dikatakan seorang pembaca, Oaxaca adalah 'salah satu kota paling keren di seluruh dunia,'" imbuhnya. Menyusul di peringkat ke-2 ada Udaipur, India, mencatat skor pembaca 93,33.

Kota ini sempat berada di posisi ke-2 pada 2021, sebelum tergelincir ke posisi 10 tahun lalu. "Saat pelancong internasional kembali ke India, dan akhirnya melihat Raffles Udaipur yang telah lama ditunggu-tunggu, tidak mengherankan Udaipur sekali lagi naik peringkat," sebutnya.

"Seorang pembaca menyimpulkan daya tarik Udaipur dengan huruf besar semua,  mengatakan, 'KOTA YANG SANGAT SANGAT INDAH,'" catatnya.

4 dari 4 halaman

25 Kota Favorit di Dunia Tahun 2023

Berada di peringkat ke-3 adalah Kyoto, Jepang dengan skor pembaca 92,06. Kyoto disebut sebagai "kota dengan toko-toko dan restoran luar biasa dan terletak di gang-gang sempit yang menarik." "Anda harus jeli, dan setelahnya Anda akan diberi hadiah, seperti yang dikatakan salah satu pembaca, 'makanan terbaik di dunia,'" sebut publikasi itu.

Menggenapi posisi lima besar, ada San Miguel de Allende, Meksiko di posisi ke-5, mencatat skor pembaca 91,19. "Runner-up tahun lalu dan pemenang 2021, San Miguel de Allende adalah favorit lama di antara pembaca T+L," katanya.

"Kota yang 'memukau secara visual' ini, menurut satu pembaca, penuh dengan 'galeri seni dan toko butik,' kata penggemar lain. Sementara salah satu pembaca T+L mengungkap, '(Ini adalah) kota ajaib yang lebih terasa seperti Spanyol daripada Meksiko.'"

Secara lengkap, berikut 25 Kota Favorit di Dunia 2023 versi pembaca T+L:

  1. Oaxaca, Meksiko
  2. Udaipur, India
  3. Kyoto, Jepang
  4. Ubud, Bali, Indonesia
  5. San Miguel de Allende, Meksiko
  6. Mexico City, Meksiko
  7. Tokyo, Jepang
  8. Istanbul, Turki
  9. Bangkok, Thailand
  10. Mumbai, India
  11. Chiang Mai, Thailand
  12. Florence, Italia
  13. Luang Prabang, Laos
  14. Marrakesh, Moroko
  15. Roma, Italia
  16. Merida, Meksiko
  17. Siem Reap, Kamboja
  18. Singapura
  19. Charleston, Amerika Serikat
  20. Lisbon, Portugal
  21. Santa Fe, Amerika Serikat
  22. Hobart, Australia
  23. Guadalajara, Meksiko
  24. Porto, Portugal
  25. Osaka, Jepang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.