Sukses

Tren TikTok Berbahaya, Minuman Dicampur Boraks untuk Atasi Radang Sendi

Saat ini, ada tren online baru yang juga dianggap sangat berbahaya, yaitu mengonsumsi boraks, bubuk cucian, dan pestisida. Beberapa video di TikTok menunjukkan orang-orang mencoba mengonsumsi zat-zat tersebut dengan menambahkan bubuk putih ke dalam smoothie atau kopi.

Liputan6.com, Jakarta - Melansir New York Post pada Kamis, 20 Juli 2023, tren TikTok berbahahaya berganti dan jenisnya makin beragam, mulai dari mengonsumsi boraks, bubuk cucian, hingga pestisida. Beberapa video di aplikasi itu menunjukkan orang-orang mencoba mengonsumsi zat-zat tersebut dengan menambahkan bubuk putih ke dalam smoothie atau kopi dengan tujuan meredakan gejala radang sendi, lupus, atau masalah kesehatan lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa "boraks adalah senyawa beracun dan tidak boleh dikonsumsi," demikian disampaikan oleh Dr. Kelly Johnson-Arbor, seorang dokter toksikologi medis dan co-direktur di National Capital Poison Center, kepada Yahoo In the Know.

Johnson-Arbor menerangkan bahwa baru-baru ini konsumsi boraks menjadi populer di TikTok sebagai cara untuk mengobati peradangan. Namun, tidak ada bukti bahwa menelan boraks bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Boraks adalah senyawa alami yang dikenal juga sebagai natrium borat, mengandung unsur boron, natrium, oksigen, dan hidrogen. Boraks bisa ditambang dari dasar danau kering.

Seiring waktu, orang menggunakan boraks sebagai aditif binatu, pestisida, pembersih rumah tangga, herbisida, dan untuk mengatasi saluran air yang tersumbat. Boraks juga dapat ditemukan dalam beberapa cat, produk jerawat, dan produk perawatan mulut khusus, meskipun penggunaannya yang aman adalah hanya secara topikal dan tidak untuk ditelan.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana mengonsumsi boraks menjadi tren online. Namun, beberapa sumber mengutip peneliti bernama Rex Newnham, yang pada 1990-an mempublikasikan karya yang mengajukan bahwa boron (salah satu unsur boraks) adalah mineral penting yang kurang tersedia dalam banyak makanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Ada Manfaat Sama Sekali

Faktanya, boraks berbahaya jika tertelan. Dampaknya bisa menyebabkan mual, muntah, diare, kemerahan pada kulit, ruam, rasa gelisah, kejang, depresi, dan bahkan kolaps pembuluh darah, menurut National Institutes of Health (NIH). Toksisitas boron juga bisa menyebabkan sakit kepala, hipotermia, gelisah, kelelahan, kerusakan ginjal, dermatitis, kebotakan, anoreksia, dan gangguan pencernaan.

"Pada bayi, konsumsi boron dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan anemia, kejang, kemerahan pada kulit, dan rambut rontok. Dosis boron yang sangat tinggi dapat berakibat fatal. Sebagai contoh, mengonsumsi 15.000 hingga 20.000 mg boron dapat menyebabkan kematian pada orang dewasa," tambah NIH.

Bahkan pembuat 20 Mule Team Borax, US Borax, menyatakan di halaman Status FDA bahwa mereka tidak menawarkan produk apa pun yang disetujui atau dimaksudkan untuk digunakan sebagai bahan makanan, obat-obatan, atau sebagai bahan aktif over-the-counter (OTC), maupun sebagai bahan tambahan makanan atau bahan langsung dalam makanan.

Produk mereka jelas diberi label sebagai "BUKAN UNTUK PENGGUNAAN INTERNAL". Karena itu, tidak dimaksudkan untuk aplikasi terkait internal atau sebagai bahan aktif.

Boron adalah unsur yang ditemukan di tanah di seluruh dunia, namun tidak melimpah di negara dengan curah hujan yang tinggi. Negara seperti Brasil, Jepang, dan beberapa wilayah di AS memiliki tingkat boron yang rendah dalam tanah.

Sebaliknya, daerah gersang seperti California dan sebagian Turki, Argentina, Chili, Rusia, Cina, dan Peru memiliki tingkat boron yang tinggi dalam tanah, sehingga tanaman yang tumbuh di wilayah ini mengandung tingkat unsur yang lebih tinggi, menurut NIH.

3 dari 4 halaman

Pandangan Netizen

Boron tidak bermanfaat pasti untuk kesehatan manusia, meskipun NIH menyatakan bahwa mungkin berefek menguntungkan pada beberapa fungsi seperti reproduksi dan perkembangan, metabolisme kalsium, pembentukan tulang, fungsi otak, dan kekebalan.

Sumber boron yang baik dapat ditemukan dalam makanan tertentu seperti apel, pir, anggur, alpukat, kacang tanah, buncis, kentang, brokoli, wortel, dan bayam. Karena itu, banyak pengguna TikTok yang mengungkapkan kemarahan mereka terhadap tren berbahaya ini.

"Bagaimana bisa kita kembali ke era menelan bahan cucian?" tulis akun @madhof98. "Sungguh gila harus dikatakan," imbuh akun bernama @wommar.

Akun @justsomeplantsandprints juga berkomentar, "Saya benar-benar kaget dengan apa yang dilakukan orang dengan bahan cucian ini, karena saya hanya menggunakannya di binatu. Sungguh gila untuk menelannya secara sukarela."

Seorang ahli kimia yang sedang mengejar gelar Ph.D. dalam kimia organik dengan akun @chem.thug memohon orang untuk berhenti makan boraks. Video yang menampilkan dia menjelaskan alasan mengapa ini adalah ide yang sangat berbahaya menjadi viral dengan lebih dari 1,8 juta penonton.

"Jangan makan apa pun dari kotak cucian itu, semuanya, ini jelas berbahaya," dia memohon.

"Menurut literatur, boraks sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatanmu. Dapat menyebabkan gagal ginjal dan kerusakan reproduksi. Selain itu, juga dapat menyebabkan masalah perkembangan," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Tren Mematikan Lainnya

Dilansir dari kanal Global Liputan6.com pada 18 Juni 2023, terdapat kasus seorang remaja perempuan Afrika yang berasal dari Republik Demokratik Kongo. Remaja itu dilaporkan meninggal setelah mencoba tren berbahaya di TikTok yang mengakibatkan dia meninggal tercekik.

Melansir dari media Mirror, Minggu (18/6/2023), Christy Sibali Dominique Gloire Gassaille yang berusia 16 tahun meninggal pada 27 Mei setelah bermain 'Scarf Game' di rumahnya. Permainan yang berbahaya, variasi dari Blackout Challenge (tren TikTok yang dulu sempat viral), melibatkan orang-orang untuk mengalungkan kain di leher mereka.

Hal tersebut dapat mengakibatkan rendahnya tingkat oksigen ke otak, menyebabkan kejang, cedera serius, dan bahkan kematian. Christy meninggal pada Mei lalu, dia dimakamkan di pemakaman Fleury les Aubrais dekat rumahnya di Orléans, Prancis, pada 7 Juni 2023.

Kemudian pekan lalu, seorang gadis berusia 11 tahun meninggal setelah ikut serta dalam game online yang serupa, dikenal sebagai 'Clonazepam Challenge'. Clonazepam biasanya digunakan untuk mengobati kejang, gangguan panik, dan gangguan kecemasan, di antara kondisi lainnya.

Korban game online ini pingsan di kelas setelah dia meminum dua pil pada 29 Mei lalu. Gadis sekolah itu didiagnosis mati otak di rumah sakit, tetapi meninggal karena pendarahan otak setelah dua hari dirawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini