Sukses

Cara Hindari Bahaya Penyakit yang Ditularkan Kucing di Rumah

Memelihara kucing bukan tidak akan ada risiko, karena ada bahaya penyakit yang ditularkan kucing di rumah,

Liputan6.com, Jakarta - Kucing termasuk salah satu hewan yang kerap dijadikan hewan peliharaan di rumah. Tingkah lakunya yang menggemaskan membuat banyak orang ingin memeliharanya. Namun memelihara kucing bukan tidak akan ada risiko, karena ada bahaya penyakit yang ditularkan kucing di rumah, salah satunya karena bulunya yang mudah rontok.

Alasannya, mungkin saja ada bakteri yang menempel pada bulu kucing. Bahkan, beberapa orang seperti ibu hamil dan orang yang menderita penyakit autoimun dinilai mempunyai risiko tinggi terkena dampaknya.

Agar kita dapat lebih waspada dengan bahaya penyakit yang ditularkan kucing di rumah, maka perlu dipahami beberapa risiko penyakit yang muncul akibat bulu kucing, yaitu:

1. Reaksi Alergi

Reaksi alergi ini bukan hanya bisa muncul dari bulu kucing saja, tapi juga dari ludah dan juga urinnya. Sehingga ketika mereka menjilat dirinya sendiri, maka bulunya juga akan terkena air ludahnya. Reaksi alergi yang muncul biasanya berupa gejala flu, termasuk diantaranya yaitu bersin, mata gatal, dan masih banyak lagi.

2. Penyakit Cakar Kucing

Penyakit akibat adanya cakaran kucing biasanya tidak menyebabkan sebuah gejala. Namun, bakteri Bartonella henselae umumnya dapat berpindah ke manusia melalui cakaran dan juga gigitan kucing.

Biasanya akan muncul sebuah benjolan kecil dalam jangka waktu yang cukup lama, yakni 10 hari. Dimana benjolan tersebut dapat diikuti dengan gejala seperti muntah, menggigil, lelah, dan rasa nyeri di bagian kelenjar getah bening.

Untuk mereka yang daya tahan tubuhnya kuat, maka penyakit cakaran kucing tersebut tidak akan memberikan akibat yang terlalu serius.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kurap

Infeksi jamur kulit dapat terjadi karena bulu kucing. Penularannya sendiri terjadi ketika seseorang membelai kucing dan tidak mencuci tangan setelah itu.

- Cara Agar Tidak Merasakan Bahaya Penyakit yang Ditularkan Kucing di Rumah

Pastinya kita tidak mau terjangkit penyakit yang sudah disebutkan di atas bukan? Oleh karena itu, yuk simak beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari bahaya penyakit yang ditularkan kucing di rumah, antara lain:

 

4. Gunakan Levoit VITAL 100S PET EDITION di Rumah

Levoit adalah salah satu brand air purifier terbaik yang berasal dari Amerika Serikat dan mempunyai komitmen untuk menciptakan udara bersih dimana pun dan kapan pun. Salah satu produk yang sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki peliharaan kucing adalah VITAL 100S PET EDITION.

VITAL 100S PET EDITION ini memiliki fungsi untuk membersihkan dan menangkap debu, serat halus, bulu hewan peliharaan, dan juga dapat membuat udara yang ada di ruangan menjadi bersih. Sehingga kita akan terhindar dari beragam risiko penyakit di atas apabila menggunakan alat ini di rumah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.