Sukses

Denny Sumargo Ternyata Ajak Istri Kencan Pertama di Rumah Makan Pinggir Jalan, Apa Menunya?

Denny Sumargo bukanlah orang yang gensian. Olivia Allan, sang istri, membocorkan bahwa saat pertama kali kencan justru diajak ke rumah makan pinggir jalan yang menjual makanan khas Makassar.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai public figure, ada anggapan bahwa Denny Sumargo bakal mengajak kencan pertama pacar yang kini menjadi istrinya di restoran mewah. Faktanya, Denny justru mengajak Olivia Allan, sang istri, ke rumah makan pinggir jalan.

"Kenapa kau suka makan di sini?" tanya Denny Sumargo ke istrinya.

"Karena di mana-mana tidak ada. Ini kesukaan aku, ini yang membuat aku jatuh cinta sama Makassar. Membuat aku jatuh cinta sama kamu karena telah membawa aku ke sini," jawab Olivia Allan di awal video yang diunggah Denny Sumargo di akun TikTok pribadinya, dikutip Jumat, 14 Juli 2023.

Di sudut rumah makan itu ada tempat memainkan musik yang bebas digunakan oleh pelanggan. Olivia menuturkan bahwa suaminya pernah ngamen di dekat warung pinggir jalan itu. "Tapi nggak ada yang kenal Denny di kampungnya, dikasih Rp2 ribu sama orang," celoteh istrinya sambil tertawa mengejek.

Denny menjelaskan bahwa rumah makan pinggir jalan yang dimaksud istrinya adalah warung Sop Saudara. Pria 41 tahun itu menunjukkan penampakan dari sop saudara yang merupakan makanan khas Makassar. "Mungkin banyak juga yang udah tahu, jadi ini isinya daging sama paru, ini kikilnya. Jadi, kikilnya bentuknya bagus kayak gini guys," Denny menjelaskan.

Menu makanan tersebut merupakan salah satu makanan favorit Denny. Sembari meracik pelengkap seperti sambal, ia mengungkapkan bahwa sering juga makanan tersebut dicampur telur asin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makan Sop Saudara Khas Makassar dengan Isi Perkedel

Di video, tampak Olivia begitu bersemangat menikmati hidangan sop saudara khas Makassar yang berkuah kental. Ia meracik kembali sop dengan menambahkan sambal agar pas dengan seleranya. Begitu juga dengan Denny yang menambahkan telur asin serta sambalnya.

"Ditemani musik yang berdendang, pecahin dulu telurnya ya. Jadi telur asin di sini tuh nggak asin, walaupun dia dibuat dari telur asin," ujar Denny.

Lalu, ia menambahkan makanan berkuah itu dengan perasan jeruk. Ia menambahkan, "Jadi campurannya itu penting banget cuy, kalau campurannya pas rasanya pasti keluar karena bumbunya dia banyak banget."

Menurut Denny di sinilah kelebihan cita rasa sop saudara. "Kalau kurang asin tambah garam aja dan kuncinya adalah kecap. Kalau suka kecap, kasih yang banyak. Terakhir kalau suka sambal, kasih satu sendok, nah baru kita campur," sambungnya.  

Denny juga menunjukkan di dalam sop saudara terdapat perkedel khas Makassar, daging, paru, serta bihun. "Ini kikil rasanya kayak yupi (permen jeli)," sambil mengatakan agar mencoba sop saudara rekomendasi darinya dan memesan juga sop kikilnya.

3 dari 4 halaman

Respons Warganet soal Sop Saudara

Tampak lahap menyantap makanan, Denny berujar "Suap lagi guys, pakai telur enak." Di kolom komentar warganet pun merespons tayangan kuliner sop saudara yang direkomendasikan Denny Sumargo. 

"SOP saudara asli Pangkep bang, jalan-jalan ke Pangkep lah," tulis warganet.

"Itu emang bukan telur asin om, tapi telor bebek biasa," tulis yang lain.

"Samaji kuliat sama coto dih," kata yang lainnya.

"Pulang kampung ko denny," sambung warganet.

"Sop saudara dan sop kikil andalanku di jalan Sulawesi," tulis warganet lagi.

"Di Jakarta ada ya bang," tanya pengikut Denny.

"Sop saudara pasar Kalimbu tidak kalau juga cess kalo soal rasa," sambung warganet.

"Kutau di mana ini, andalan suamiku," cerita yang lain.

"Itulah keunikan orang Makassar Pangkep biar saudara dijadikan sop juga," celoteh yang lain.

"Mantap, daeng tetap banggakan makanan khas kita," tulis warganet.

"Sebagai orang Jogja yang sekarang tinggal di Makassar, sop kikil di sini memang enak banget beda dari tempat lain," ungkap yang lainnya.

4 dari 4 halaman

Asal-usul Sop Saudara

Mengutip dari laman Masak Apa Hari Ini, Jumat (14/7/2023), wisata kuliner khas Sulawesi Selatan kurang rasanya tanpa kehadiran sop saudara. Hangat, berkuah dan lezat, sop saudara wajib untuk dicoba.

 "Saudara kok dijadikan sop?" mungkin Anda pernah mendengar ekspresi semacam saat sedang menyelami nikmatnya hidangan Sop Saudara khas Sulawesi Selatan.

Sop Saudara menggunakan bahan dasar daging sapi. Hidangan ini diketahui pertama kali dijual pada 1957 oleh seseorang bernama H. Abdullah alias H. Dollahi. Mulanya, dia pegawai sebuah kedai sop daging setempat, tapi beberapa tahun kemudian memberanikan diri membuka usaha makanan sendiri.

Alih-alih menggunakan resep lama, H. Abdullah meracik resep sendiri yang kini dikenal luas dengan nama Sop Saudara. H. Abdullah merupakan orang asli dari Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, atau biasa disingkat dengan Pangkep. Dia memulai bisnisnya juga dengan menghimpun segenap rekan sejawat asli daerahnya. 

Ada semangat persaudaraan yang meliputi tak hanya sebuah bisnis makanan, namun juga sebuah hidangan yang kini berstatus legendaris. Tak heran kalau nama hidangan ini sop saudara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.