Sukses

Bakal Dihadiri Presiden Jokowi, Papua Street Carnival 2023 Digadang-gadang Semeriah Rio Carnival

Papua Street Carnival yang bakal dihadiri Presiden Jokowi itu akan digelar di tepi pantai pada Jumat, 7 Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Demi membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sebuah karnaval berskala nasional bakal digelar di Papua. Papua Street Carnival akan dihelat pertama kalinya Jumat, 7 Juli 2023, pukul 07.30 WIT, yang dipusatkan di depan Kantor Gubernur Papua di Jayapura.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan bahwa karnaval tersebut merupakan perayaan bagi pelaku ekonomi kreatif (parekraf) di seluruh wilayah Papua. Ia menjelaskan acara yang dirancang digelar tahunan itu sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian Papua Youth Creative Hub di Jayapura pada 21 Maret 2023.

"Melihat potensi ekonomi kreatif yang luar biasa di Tanah Papua, akhirnya arahan Presiden Jokowi akan terealisasi berkat kerja sama dan kolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub yang merupakan binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN)," kata Sandi dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin, 3 Juli 2023.

"Jika tidak ada aral melintang, Bapak Jokowi berkenan hadir," imbuhnya.

Papua Street Carnival mengangkat tema Papua Extravaganza (The East Great Spririt). Acara itu berkiblat pada kemeriahan Rio Carnival, pesta karnaval Rio de Janeiro di Brasil, mengingat lokasinya sama-sama di tepi pantai. Rencananya karnaval akan menampilkan parade ratusan busana karnaval dengan melibatkan ribuan pengisi acara. 

Kegiatan tersebut juga akan disemarakkan dengan pameran ratusan UMKM kreatif dengan ribuan pelaku ekonomi kreatif. Di samping, panitia juga menyiapkan ratusan perahu hias.

"Ini nantinya bisa menjadi agenda event tahunan dan bisa seperti Rio Carnival di Brasil, atau Mardi Gras Festival di Amerika. Kalau di Indonesia mungkin mirip saudaranya yang ada di Jawa Timur, yaitu Jember Fashion Carnaval," kata Sandiaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diharapkan Berdampak Ekonomi Signifikan

Menparekraf Sandiaga juga menyampaikan, kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dari komunitas Papua Youth Creative Hub, seniman, perajin, pelaku industri kreatif Papua dan juga akan menampilkan pameran produk-produk kreatif lokal yang mencerminkan keahlian dan kreativitas warga Papua.

Acara Papua Street Carnival ini diharapkan akan membuka peluang investasi di bidang ekonomi kreatif, berdampak positif bagi ekonomi lokal, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta menjadi ajang promosi yang efektif untuk sektor pariwisata Papua kepada dunia.

"Kami berharap, Papua menunjukkan pada wilayah lain dan dunia, bahwa Papua adalah tempat dengan sejuta potensi dan harta berharga. Dapat menjadi pengungkit pariwisata dan geliat ekonomi kreatif di Indonesia, menerbitkan banyak seniman-seniman lokal yang berbakat, serta membawa nama baik Indonesia di nasional maupun internasional," ujarnya.

"Mohon doanya agar berlangsung sukses dan jadi ajang tahunan," Sandi berharap.

Melansir Antara, Rabu (5/7/2023), Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey menginstruksikan agar dinas lingkungan hidup dan kebersihan dan dinas pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan dan kawasan permukiman (PUPR) setempat agar segera memperbaiki lampu jalan dan membersihkan jalan yang akan dilalui peserta karnaval. "Kami juga minta agar seluruh masyarakat tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

3 dari 4 halaman

Desain Busana Karnaval

Busana karnaval yang akan dipakai di acara Papua Street Carnival itu ternyata dirancang dan diproduksi oleh sejumlah anak muda Papua yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH). Koordinator Bidang Fashion Designer PYCH Eunike Yunita mengatakan desain busana-busana yang akan ditampilkan pada acara itu terinspirasi dari keindahan flora dan fauna Papua, serta motif-motif khas Papua yang dikreasikan dalam setiap jahitan dan detail busana.

"Untuk desain-desain yang kami tampilkan ialah terinspirasi dari flora dan fauna yang ada di Papua, begitu juga dengan motif-motif yang kami buat dari Papua," katanya, dikutip Antara di Jakarta, Selasa, 4 Juli 2023,

Menurut dia, sejumlah busana memanfaatkan media kulit kayu untuk menunjukkan motif khas Papua. Eunike menyatakan pihaknya berusaha menjaga keaslian budaya Papua dan menggunakan bahan-bahan lokal yang ramah lingkungan dalam produksi busana tersebut.

"Kami ingin memperkenalkan Papua dari sisi yang berbeda. Dari desain-desain yang kami buat itu, kami ingin menyampaikan bahwa Papua adalah beragam, Papua itu indah, dan Papua itu unik, memiliki warisan budaya yang sangat baik," jelasnya.

Dia berharap dengan kerja keras dan dedikasi anak muda PYCH dalam menghasilkan busana dan pernak-pernik yang unik dan kreatif, apresiasi terhadap seni dan budaya Papua terus meningkat, serta menjadi ajang mempromosikan keberagaman dan kekayaan budaya Papua kepada dunia.

4 dari 4 halaman

Fakta Rio Carnival

Sementara, Rio Carnival merupakan parade karnaval terbesar di dunia yang berlangsung di Brasil. Mengutip laman resmi Rio Carnaval, acara itu dimulai dari Jumat hingga Selasa, sehari jelang Rabu Abu, yakni tradisi Katolik yang menandai dimulainya Puasa. 

Parade itu dipusatkan di Marquês de Sapucaí Avenue yang bisa menampung lebih dari 80 ribu pengunjung yang duduk dan mengakomodasi 5.000 partisipan dari seluruh dunia. Parade tersebut sudah menjadi atraksi wisata yang mewajibkan para pengunjung membeli tiket agar bisa terdata.

Jantung parade itu adalah samba, yang digambarkan sebagai ilustrasi sempurna yang memadukan pengaruh Afro-Eropa dengan kultur Brasil. Sekolah-sekolah samba top mendapat kesempatan untuk mempertunjukan kebolehan mereka di hadapan jutaan pengunjung Stadion Sambodromo. 

Pertunjukan mereka juga dinilai panel yang terdiri dari sekitar 40 juri. Mereka duduk di titik-titik penting di seluruh stadion menyaksikan setiap nuansa gerakan, menilai benang dan manik-manik dari setiap kostum, pentingnya lagu, integritas samba. Energi terlihat jelas di seluruh stadion yang diketahui penonton menari bersama para peserta. Para juri akan mengumumkan pemenangnya pada Rabu Abu.

Karnaval tersebut diklaim sebagai industri bernilai multi-juta dolar. Mereka menyebut setidaknya satu juta pengunjung asing berbondong-bondong untuk menyaksikan acara tersebut dan efek riak pada ekonomi, seperti jumlah pekerjaan tidak langsung yang diciptakan misalnya. Tiket karnaval 2024 bahkan sudah dijual sejak saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini