Sukses

Kucing Oyen di Ilustrasi Idul Adha Unggahan Jokowi Bikin Salah Fokus, Rebahan di Atas Kambing

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak jarang membagikan unggahan ilustrasi di berbagai perayaan, salah satunya di Idul Adha 2023 yang jatuh hari ini, Kamis (29/6/2023). Ilustrasi yang dibagikan Jokowi di momen Idul Adha ini kembali mencuri atensi dengan kehadiran kucing oranye yang akrab pula disapa kucing oyen.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak jarang membagikan unggahan ilustrasi di berbagai perayaan, salah satunya di Idul Adha 2023 yang jatuh hari ini, Kamis (29/6/2023). Ilustrasi yang dibagikan Jokowi di momen Idul Adha ini mencuri atensi dengan kehadiran kucing oranye yang akrab pula disapa kucing oyen.

Ilustrasi tersebut hadir dengan gambaran suatu area tempat tinggal warga, lengkap dengan deretan bangunan rumah dan masjid. Tampak spanduk besar terikat di tiang lampu bertuliskan "Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H."

"Dengan berkurban kita mengejawantahkan rasa syukur dan ikhlas atas nikmat dan berkah dari Allah SWT. Semoga menjadi semangat untuk melangkah maju di bawah payung rida dan perlindunganNya," bunyi keterangan dalam unggahan Jokowi.

Potret kehidupan sehari-hari menyambut Idul Adha benar-benar terasa dalam ilustrasi itu. Ada bapak-bapak memegang sapi yang akan jadi hewan kurban, anak-anak di halaman, seorang perempuan menuntun sepeda, serta seorang anak laki-laki memberi makan kambing.

Seperti sebelumnya, ilustrasi Jokowi juga dikenal dengan kucing oyen yang ikut nampil. Aksi kucing oyen pun diilustrasikan tengah asyik rebahan di atas salah satu dari empat kambing dalam ilustrasi itu.

Aksi kucing oyen di ilustrasi yang dibagikan Jokowi lagi-lagi sukses menyita perhatian warga dunia maya. Warganet yang salah fokus dengan gambar hewan berbulu yang kerap bertingkah nyeleneh tersebut menuliskan beragam tanggapan unik mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi Kucing Oyen Bikin Salah Fokus

"Kalo pak jokowi udah up ilustrasi kaya begini tuh yang gua cari pasti kucing duluan," tulis seorang warganet. "Bisa-bisanya rebahan diatas hewan kurban," lanjut lainnya.

Warganet lain yang gemas tingkah laku oyen pun menulis, "oyen mau ikut ngantri diqurbankan yen?" "Bisa bisanya yaaa kamu tidur di mbee yg mau di potong oyen!!" tulis lainnya.

"Kocheng turu nemenin kambing yang mau di qurban," ungkap warganet. "Oyen kecapean habis takbir semalem," tambah lainnya. "Yen awas ikut kepotong," tulis seorang warganet.

"Boncengin kambing sih," komentar lainnya. "Cuma mencari oyen aja di setiap postingan pak de," jelas warganet. "Oyen ada di manapun berada," ungkap lainnya.

Aksi kucing oyen di ilustrasi Jokowi ini bukan kali pertama. Sebelumnya, kucing oyen juga ada dalam ilustrasi unggahan orang nomor satu di Indonesia tersebut ketika momen  KTT ASEAN 2023 yang berlangsung pada 10--11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

3 dari 4 halaman

Oyen di Ilustrasi KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Selepas KTT ke-42 ASEAN, Jokowi membagikan sebuah ilustrasi terkait penyelenggaraan acara tersebut melalui akun Instagram Jokowi yang terverifikasi pada 14 Mei 2023.

Ilustrasi tersebut menampilkan beragam agenda terkait gelaran KTT ke-42 ASEAN. Salah satu gambar yang mencuri perhatian warganet adalah kucing oyen dalam ilustrasi yang dibagikan tersebut.

Kucing oyen terpantau berada di pojok kanan bawah ilustrasi tersebut. Gambar kucing oyen dihadirkan dekat ilustrasi laut dan berada di sekeliling kucing abu-abu di tengah laut, ikan pari, penyelam, koral laut, serta ikan-ikan lainnya.

Warganet pun seketika salah fokus dengan gambar kucing oyen. Mereka lantas memenuhi kolom komentar menanggapi kehadirin gambar hewan berbulu tersebut.

"Oyenn bisa menyelam gess," tulis seorang warganet. "Oyen ikut renang," lanjut lainnya. "oyen Salah Server," tulis warganet. "Tim langsung nyari oyen," komentar warganet. "oyen freedive," lanjut akun lainnya. 

"Oyen paru2 mode off. Insang mode on," tulis warganet.

4 dari 4 halaman

Selalu Dicari Warganet

Bahkan ada pula warganet yang menuliskan komentar, "Ke sini cuma cari oyen." "Si kocheng bisa berenang?" tanya akun lainnya.

"Ngapain oyen di dalam air ????" tanya sebuah akun. "Oyen bisa nyelam, abu2 gak bisa renang," ungkap warganet lainnya tentang kehadiran gambar kucing oyen.

Di tengah keriuhan gambar kucing oyen, ilustrasi tersebut juga mengabadikan potret Hotel Meruorah Komodo, hotel bintang yang menjadi venue utama KTT ASEAN 2023. Ada pula potret yang mengenakan busana khas NTT sampai orang yang berpose dengan latar cantiknya Pulau Padar.

Berlanjut pada gambar di bawahnya, terlihat pula ketika para pemimpin ASEAN tengah berkumpul sampai ketika menikmati matahari terbenam di kapal pinisi. Para pemimpin ASEAN ini juga saling berpegangan tangah dengan latar belakang komodo hingga laut yang diramaikan dengan beberapa kapal.

"KTT ke-42 ASEAN pada tanggal 10-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, NTT berjalan dengan lancar. Para pemimpin negara ASEAN hadir di Labuan Bajo untuk bersama-sama membahas berbagai tantangan kawasan ke depan di tengah situasi ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih, rivalitas di dunia yang semakin tajam, dan dinamika dunia semakin tidak terprediksi," demikian tulis Jokowi dalam kolom keterangan unggahan ilustrasi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini