Sukses

Mengenal Lomba Lari Estafet yang Bakal Mengggelar Kompetisi Pertama Kali di Indonesia

Konsep perlombaan ini adalah lomba lari estafet/relay beregu dimana setiap tim yang beranggotakan lima orang akan berlari bergantian dalam jarak total 5 kilometer.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen pakaian dan akseosri olahraga Under Armour Indonesia melalui country distributor-nya Masari Group siap menggelar kompetisi lari estafet yang bertajuk The Under Armour Relay yang pertama kali di Indonesia untuk Under Armour.  Kompetisi ini tidak hanya mengandalkan kekuatan lari pesertanya, tetapi juga strategi dan kerjasama tim yang tepat untuk memenangkan kompetisi lari relay.

"Kompetisi ini bukan hanya untuk pelari namun semua atlet, baik tua maupun muda untuk ikut serta dalam kompetisi menyenangkan ini. Usia paling muda minimal 8 tahun dan maksimal 60 tahun," terang Marketing Manager Under Armour Indonesia, Yudhistira Soelaeman dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa, 27 Juni 2023.

"Ajang ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan atletik, kerja sama tim, dan semangat kompetisi sejak dini. Selain itu, jarak lari yang pendek memungkinkan semua usia bisa ikut dalam kompetisi ini," tambahnya.

Konsep perlombaan ini adalah lomba lari estafet/relay beregu dimana setiap tim yang beranggotakan lima orang akan berlari bergantian dalam jarak total 5 kilometer dengan tiap anggota regu harus berlari 1 kilometer.  Regu pemenang akan ditentukan dengan catatan waktu tercepat secara kumulatif.

Perlombaan akan dibagi dalam tiga Heat (first, second, and third), dimana tiap Heat akan diperlombakan 16-17 grup,. Dan untuk penilaian pemenang lomba lari iini akan dilakukan timing by system dimana akan disediakan tiga kali heat untuk tiap regu berbeda mencatatkan waktu terbaik mereka dan akan dipilih waktu lari tercepat secara kumulatif grup dari ketiga heat tersebut.

Lalu akan dipilih lima regu pemenang dengan catatan waktu terbaik. Semua penilaian akan dilakukan oleh tim juri profesional dan waktu akan dicatatkan oleh sistem pencatatan waktu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program Latihan Berlari

Kompetisi ini sendiri diadakan di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, pada 6 Agustus 2023.  Lomba akan dimulai dari pukul 07.00 pagi diawali dengan sesi pemanasan dan juga briefing oleh panitia untuk para peserta.

Lomba akan berakhir pada pukul 11.30 untuk pengumuman pemenang dan selebrasi. Untuk pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 6 Juni 2023 secara daring di situs www.event-underarmour.id dengan biaya pendaftaran sebesar Rp1.250.000 per regu atau Rp250 ribu per orang.

Selain perlombaan, Under Armour Indonesia juga mengajak para semua orang untuk ikut serta dalam program latihan Under Armour Run Crew yang akan berlangsung selama satu bulan di bulan Juli setiap hari Selasa dari pukul 19.00 di area GBK Senayan Jakarta dan gratis.

Ada sejumlah program yang sudah disiapkan untuk mendukung peningkatan performa dan pengetahuan teknis tentang berlari bagi para pesertanya. Untuk program latihan ini, mereka akan menghadirkan pelatih lari profesional dan juga beberapa atlet lari yang merupakan Brand Ambassador dan juga Friends of Brand Under Armour Indonesia untuk hadir dan memberikan tips dan pengetahuan tentang berlari yang benar dan aman.

3 dari 4 halaman

Lari Estafet di Stadion Atletik

"Lari ini olahraga paling simpel dan hanya butuh sepasang sepatu yang tepat, niat yang kuat, konsisten dan juga semangat. Karena itu, saya sangat menikmati berlari, walau saya baru beberapa tahun terakhir ini mulai jadi pelari," tutur Jason Julius, selaku Under Armour Brand Ambassador

"Dan The Under Armour Relay ini adalah kesempatan yang unik untuk semua atlet, tidak hanya pelari, untuk mencoba kekuatan dan determinasi mereka dalam lari relay atau estafet yang selama ini jarang dilombakan,” sambungnya.

Lari estafet yang merupakan bagian dari cabang olahraga atletik selama ini mungkin kurang dikenal dan lomba yang khusus hanya menggelar lari estafet pun termasuk langka.. Selama ini lari estafet biasanya diadakan di dalam stadion atletik.

Tiap regu terdiri dari empat orang dan jaraknya pun tidak terlalu jauh. Namiun kini ada pengembangan dari lari estafet seperti halnya lari marathon yang dikreasikan sedemikian rupa agar lebih menarik dan diminati banyak orang.

 

4 dari 4 halaman

Lari Nomor Beregu Secara Bersambung

Melansir kanal Hot Liputan6.com, dalam buku berjudul Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian lari estafet adalah lari nomor beregu yang dilakukan secara bersambung oleh pelari sebanyak empat orang, dengan bergantian membawa tongkat start hingga melewati garis finish.

Dalam buku berjudul Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian lari estafet adalah lari nomor beregu yang dilakukan secara bersambung oleh pelari sebanyak empat orang, dengan bergantian membawa tongkat start hingga melewati garis finish.

Aturan lari estafet adalah tim akan otomatis didiskualifikasi apabila kehilangan tongkat estafet dan menghalangi perpindahan tongkat pada regu lain saat menuju garis finis. Melansir Badan Atletik Dunia, pada 17 Januari 2022 regu masih memiliki kesempatan jika hanya menjatuhkan tongkat dan masih bisa menyerahkannya kepada pelari.

Pada ajang perlombaan lari estafet adalah antara putra dan putri dilakukan secara terpisah. Kejuaraan tingkat dunia hingga olimpiade diisi dengan dua nomor yang diperlombakan pada lari estafet yaitu 4x100 meter dan 4x400 meter.Tongkat yang digunakan pada lari estafet adalah kayu atau logam yang berbentuk silinder.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini