Sukses

Herbal Jamu untuk Vitalitas Pria, dari Pasak Bumi hingga Purwaceng

Jamu yang sudah dikenal masyarakat Indonesia memiliki beragam khasiat, termasuk untuk meningkatkan vitalitas pria contohnya pasak bumi hingga purwaceng.

Liputan6.com, Jakarta - Pengetahuan mengenai tanaman berkhasiat obat berdasarkan pengalaman dan ketrampilan secara turun-temurun telah diwariskan nenek moyang yang dikenal obat tradisional atau jamu. Jamu yang sudah dikenal masyarakat Indonesia, telah menjadi bagian dari budaya bangsa yang diwariskan oleh leluhur terdapat di berbagi pulau di Indonesia. 

Mengutip dari Buku Jamu Kearifan Lokal Madura, Minggu (25/6/2023), buku resep-resep Pengobatan Jawa Kuno yang ditulis oleh Van Hien sangatlah lengkap, berisi berbagai resep mulai dari sakit karena digigit binatang, demam, penyakit kulit, hingga lepra. Buku ini juga berisi resep-resep jamu yang biasanya dirahasiakan, termasuk di dalamnya ada jamu rahasia untuk para pria.

Dengan kandungan tertentu yang meningkatkan stamina pria, berikut adalah enam herbal jamu vitalitas pria yang dirangkum Liputan6.com pada Minggu (25/6/2023). 

1. Pasak Bumi

Pasak bumi sangatlah populer sebagai jamu yang khasiatnya untuk meningkatkan stamina atau gairah seksual pada pria. Pasak bumi dengan nama latin Eurycoma longifolia merupakan tanaman semak asli Asia Tenggara.

Sehingga bukan hanya di Indonesia, tanaman ini juga dapat ditemukan di Malaysia, Vietnam, dan beberapa negara Asia Tenggara lain. Disebutkan pasak bumi disebut mengandung flavonoid, alkaloid, dan senyawa lain yang nerfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Tak hanya sebagai jamu, pasak bumi biasanya dikonsumsi dalam bentuk suplemen makanan, teh, air rebusan, atau minuman energi.

Mengutip dari dari Medical News Today, ahli herbal pun menganggap tanaman ini sebagai adaptogen. Adaptogen merupakan ramuan yang membantu tubuh beradaptasi dengan berbagai jenis stres, termasuk stres fisik, kimia, serta biologis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jahe Merah

Bahan herbal yang kerap ditemukan di Indonesia ini memiliki khasiat untuk menstimulasi sirkulasi, meningkatkan stamina, serta melancarkan peredaran pada darah yang membuat pembentukan otot lebih baik atau lebih sempurna. Jahe merah juga bahkan dinilai menjadi pro-testosterone.

Hal ini menjadikan jahe merah sangat sebagai bahan minuman cocok untuk dikonsumsi pria yang ingin meningkatkan kebugaran fisik dan stamina di ranjang. Rempah alami tersebut dapat diolah menjadi bahan jamu kuat untuk pria agar menambah stamina dan gairah seksual di ranjang.

4. Klabet atau Fenugreek

Tanaman ini termasuk dalam golongan rempah. Biasanya bahan ini dipakai sebagai bumbu untuk pembuatan kare atau kari.

Untuk urusan seks, klabet atau fenugreek ini digunakan untuk mengintensifkan gairah seksual dan orgasme. Wake Forest Baptist Medical Center mengungkapkan bahwa ekstrak herbal ini ada di dalam setidaknya sepertiga suplemen herbal untuk stamina pria. 

Dari studi yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research, menemukan pria yang mengonsumsi suplemen mengalami peningkatan libido 82 persen (gairah lebih intens) setelah enam minggu. Sebanyak 63 persen pria yang mengonsumsi fenugreek menikmati peningkatan kinerja seksual

3 dari 4 halaman

5. Gingseng

Akar ginseng dapat digunakan sebagai tonik dan afrodisiak, bahkan dapat dikatakan sebagai obat untuk semua. Namun riset tidak memastikan seberapa baik kerjanya, karena sebagian kesulitan dalam mendefinisikan vitalitas dan kualitas hidup.

Studi yang dilakukan oleh pihak Mayo Clinic menemukan bahwa ginseng secara alami menstimulasi aktivitas fisik sekaligus mental orang-orang yang sedang capai atau dalam kondisi lemah. Tidak heran jadinya kalau ginseng dalam bentuk jamu, vitamin atau suplemen sangat populer di kalangan masyarakat untuk dibeli dan dikonsumsi setiap hari.

Sejumlah ilmuwan asal Korea Selatan melancarkan sebuah penelitian pada tahun 2002 silam terhadap pria penderita kondisi disfungsi ereksi. Hasil akhirnya menunjukan bahwa 60 persen penderita yang rajin mengonsumsi ginseng kondisinya lambat laun menjadi lebih baik dari sebelumnya. Temuan mereka didukung oleh hasil riset di negara Barat yang mana turut dipublikasikan dalam British Journal of Clinical Pharmacology.

4 dari 4 halaman

6. Purwaceng

Purwaceng atau disebut juga porwoceng yang termasuk salah satu tanaman afrodisiak. Meski ditemukan mulanya di Dataran Tinggi Dieng, terdapat pula purwaceng di daerah Sunda yang disebut antanan gunung.

Mengutip dari laman Kemendikbud.go.id, Minggu (25/6/2023), purwaceng merupakan tanaman liar yang tumbuh di bawah tegakan hutan. Tanaman ini memang hanya cocok ditanam di daerah tertentu dan kurang bisa ditanam di daerah terbuka dengan paparan sinar matahari langsung.

Sekarang ini tanaman purwoceng termasuk langka, namun bisa diperbanyak dengan biji. Untuk mendapatkan efek khasiat yang lebih baik jamu purwaceng dapat ditambahkan simplisia lainnya seperti pasak bumi, cabe jawa dan jahe.

Sebelum di tanam lahan perlu dipersiapkan dahulu yaitu dengan cara diolah terlebih dahulu dengan mencangkul sedalam 25--30 cm. Penanaman dilakukan pada musim hujan, adapun bibit yang telah ditanam perlu dikontrol secara berkala dimulai saat masih berumur 1--2 minggu dengan pemupukan dilakukan beberapa tahap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.