Sukses

Persiapan Penting Sebelum Menikmati Blue Fire di Kawah Ijen Banyuwangi

Para pecinta alam pasti akan menyesal jika melewatkan kesempatan untuk menjelajahi Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur karena tempat ini menawarkan pengalaman unik yang sulit ditemukan di tempat lain.

Liputan6.com, Banyuwangi Bagi pecinta alam dan penggemar wisata alam, berpetualang ke Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur pasti jadi wishlist yang harus diwujudkan. Sebab tempat ini menawarkan pengalaman unik yang tidak dimiliki destinasi lain di Indonesia, yaitu fenomena alam yang sangat langka, blue fire.

Blue fire merupakan fenomena alam yang terjadi ketika gas sulfur di dalam kawah terbakar dan menghasilkan cahaya biru yang menakjubkan. Fenomena ini terlihat paling jelas pada malam hari dan para pengunjung dapat memasuki kawah pada pukul 1 hingga 2 pagi untuk menyaksikan keindahannya.

Blue fire yang membara di antara batu-batu ini hanya kamu bisa temukan di Islandia dan Kawah ijen, Banyuwangi. Keistimewaannya menandakan betapa Indonesia masih memiliki keajaiban alam yang sangat indah dan tersembunyi. 

Selain itu, kawah ijen juga terkenal dengan danau kawah yang memiliki air berwarna hijau kebiruan yang sangat menakjubkan. Keindahan alam kawah ijen ini telah menarik perhatian banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk datang dan mengagumi keindahan alamnya.

Namun, kamu juga harus tetap berhati-hati saat berkunjung ke kawah ijen karena kandungan belerang yang tinggi dapat membahayakan kesehatan. Kamu sangat disarankan untuk mengikuti petunjuk dan peraturan yang ada, serta memakai perlengkapan yang sesuai.

Untuk menikmati fenomena langka ini kamu jugfa perlu memperhatikan 3 persiapan yang ada di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Persiapan yang Harus Diperhatikan

1. Persiapan Fisik 

Sebelum pergi ke kawah ijen, pastikan kamu dalam kondisi fisik yang sehat dan bugar. Trekking menuju kawah ijen cukup melelahkan sehingga kamu perlu berlatih atau berolahraga terlebih dahulu untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kesehatanmu agar terhindar dari risiko tertular penyakit atau infeksi.

2. Persiapan Pakaian dan Perlengkapan

Persiapan pakaian dan perlengkapan juga sangat penting. Kamu disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan mudah bergerak, seperti kaos atau baju berbahan ringan dan celana panjang yang longgar. Selain itu, kamu juga harus membawa sepatu hiking yang nyaman dan tahan air, masker anti debu, kacamata hitam, serta sarung tangan.

3. Persiapan Mental

Persiapan mental juga penting untuk kamu lakukan sebelum pergi ke kawah ijen. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri secara mental, seperti mengatasi ketakutan atau rasa takut saat trekking, mengatasi rasa ketinggian, serta memahami potensi bahaya dan risiko yang ada di sekitar kawah ijen. Dengan melakukan persiapan mental yang baik, kamu akan lebih siap menghadapi tantangan saat berkunjung ke kawah ijen dan menikmati pengalaman yang lebih berkesan.

Sebelum pergi ke kawah ijen untuk melihat fenomena blue fire, kamu sangat perlu melakukan persiapan yang baik. Jangan lupa untuk selalu mengikuti peraturan dan petunjuk yang ada di sekitar kawah ijen serta menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.