Sukses

Reaksi Aaron Yan Artis Gay Taiwan Dituduh Perkosa Bocah Lelaki dan Merekamnya Tanpa Izin

Aaron Yan, artis gay Taiwan, dituduh memperkosa mantan pacar lelakinya dan merekam video pribadi tanpa izin saat masih di bawah umur.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia hiburan Taiwan digegerkan pengakuan seorang Youtuber bernama Yao Le. Ia membuat tuduhan serius pada Aaron Yan, pria yang berprofesi sebagai penyanyi dan aktor.

Le mengaku menjadi korban pemerkosaan Aaron Yan saat ia masih di bawah umur. Tak hanya itu, Yan juga dituding telah merekam video seksnya tanpa izin. Menurut pengakuan Yao Le, ia diperkosa pertama kali pada 2018.

"Kali pertama dia berhubungan seks denganku tanpa seizinku adalah pada 2018, di Hengdia, tempat ia menjalani proyek film. Dia bangun lebih dulu dariku untuk bersiap syuting. Tapi di hari itu, dia bangun lebih pagi dan tidak bersiap-siap untuk bekerja," ucap Le dalam jumpa pers, dikutip dari Koreaboo, Kamis (22/6/2023).

Menurut Le, alih-alih berangkat kerja, ia berbalik dan mengangkat selimutnya, lalu memasukkan alat kelaminnya ke tubuh Le. Dia mengaku merasa tak berdaya dan takut, terbangun dengan rasa terkejut. Le menyebut saat itu ia hanya berdua dengan Yan dan tak bisa kabur dari situasi itu.

"Aku dengan tegas mengatakan padanya untuk tak melakukan itu. Tapi, karena perbedaan ukuran tubuh dan tenaga kami, apa yang terjadi, terjadilah. Aku pikir itu normal untuk hubungan antar-orang dewasa yang telah beranjak 18 tahun, tapi aku tak mengerti karena aku masih muda, jadi aku mencoba meyakinkan diriku sendiri dan merasionalisasi apa yang terjadi," tuturnya.

Yao Le juga mengungkapkan soal perekaman video seks tanpa izinnya. Ia membantah klaim artis Taiwan itu bahwa dia menyelidiki penyebab bocornya video seks itu ke publik seraya menegaskan bahwa perekaman video pribadi yang melibatkan anak di bawah umur adalah ilegal.

"Dalam hal merekam kami secara diam-diam berhubungan seks, saya ingat pertama kali terjadi di rumahnya, di tempat tidurnya. Lampu mati. Saya ingat dia mengeluarkan ponselnya untuk merekam, dan saya dengan tegas mengatakan kepadanya untuk tidak melakukan itu. Dia hanya meletakkan teleponnya setelah semuanya terjadi," Le menjelaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Membuat Janji

Le mengakui sempat melingkarkan jari kelingkin sebagai tanda janji di antara mereka berdua soal video seks tersebut. Janji itu dibuat setelah Yan, kata Le, berjanji tak akan membuat rekaman tentang aktivitas seksual mereka karena ia membencinya. Nyatanya, janji itu dilanggar.

"Pada bulan September 2018, tepat sebelum festival pertengahan musim gugur, saya menerima banyak pesan dari berbagai netizen yang mengatakan bahwa video pribadi kami beredar. Saya merasa tidak berdaya dan tidak tahu harus berbuat apa. Pertama-tama, saya tidak tahu dari mana video itu berasal," kata Le.

Saat video itu bocor, Le sudah putus dan Yan. Tapi, ia mengklaim bahwa ia hanya berhubungan seks dengan Aaron Yan sehingga ia mengiriminya pesan untuk menanyakan apakah ia telah merekam video itu secara diam-diam. Ia juga mempertanyakan bagaimana video itu bisa tersebar.

"Tapi saat itu, dia memilih mengatakan bahwa dia tidak tahu bagaimana itu terjadi. Dia tidak tahu bagaimana video di ponselnya bocor. Dia hanya mengatakan mungkin (video) itu telah dicuri saat ia memperbaiki ponsel itu," sambung Le.

Setelah lima tahun berlalu, Ye mengaku masih belum bisa menerima penjelasan Yan. Ia menganggap Yan hanya ingin lari dari tanggung jawab.

3 dari 4 halaman

Tak Percaya dengan Pengakuan Aaron Yan

Yao Le mengaku tidak memercayai pengakuan Aaron Yan yang telah menginvestigasi kebocoran rekaman seksnya. Ia menanyai balik si aktor dengan mempertanyakan apa yang diinvestigasi dan hasil temuanya.

"Aku ingin bertanya, apa yang sebenarnya kamu investigasi? Apa yang kamu temukan? Atau apakah kamu merekam dan membocorkan videonya? Apapun itu, merekam video pribadi yang melibatkan anak di bawah umur adalah ilegal. Tolong respons ini. Setop mencoba menyesatkan publik. Terima kasih," katanya.

Le kembali menegaskan bahwa pengakuan Yan bahwa hubungan seks yang dilakukannya atas dasar 'suka sama suka' adalah 'omong kosong'. Ia mengaku diperkosa.

"Jika Anda memperhatikan apa yang terjadi dengan kebocoran video pada 2018, Anda akan tahu bahwa saya merekam percakapan kami dan mengunggahnya di Instagram saya. Saya masih muda saat itu dan tidak tahu bagaimana menangani situasi itu, jadi saya melakukan itu untuk membuktikan bahwa saya tidak bersalah. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya hanya berhubungan seks dengannya dan saya tidak pernah memberinya izin untuk merekamnya," katanya kembali menegaskan.

 

4 dari 4 halaman

Reaksi Aaron Yan Dituding Memperkosa Mantan Pacar

Le menyebut pengakuannya bukan tanpa bukti dan bukti yang dimaksud tersimpan di ponselnya. "Dan mungkin di ponselnya juga," sambung dia.

Ia menyatakan bahwa meski berkencan, setiap orang punya hak masing-masing terkait hubungan seks. "Kamu tidak bisa berhubungan seks hanya karena pacarmu menginginkannya," kata Le. 

Jumpa pers itu ternyata dihadiri oleh Aaron Yan. Dalam momen tersebut, ia menolak semua tuduhan yang menyatakan bahwa dia bertindak tanpa izin mantan pasangannya. Aaron sebelumnya merilis pernyataan di Facebook yang meminta maaf pada Yao Le dan menawarkan bantuan untuk membantunya melewati kepedihan akibat pengalaman kencan mereka. 

Mengutip laman My Drama List, Aaron Yan yang juga dikenal sebagai Yan Ya Lun lahir di Taipei dengan nama Wu Geng Lin. Aktor kelahiran 20 November 1985 itu lulus dari Universitas Sains dan Teknologi Jingwen.

Dia mulai belajar piano pada usia tiga tahun, dan juga mengenal bakat seperti tenis, seruling, harpa, dan melukis. Untuk perannya di serial TV "Miracle for Alice", dia mempelajari biola. Yan sempat tinggal di Amerika Serikat hingga kelas 5 SD karena ayahnya ditugaskan di Universitas Yale.

Pada 2004, Yan digaet agensi untuk menjadi bintang setelah mengunggah foto dirinya di blog. Dia memasuki dunia hiburan dengan tampil di "Amuro Aimi Hui" dan "My Pet Husband". Yan juga merupakan bagian dari grup Mandopop Taiwan yang populer, Fahrenheit (2005-2012).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.