Sukses

Serba-serbi Butik Baru Nespresso, Bisa Pilih Lebih dari 40 Varian Kopi Kapsul sampai Sentuhan Tenun Ikat Indonesia

Selain sentuhan tenun ikat Indonesia, butik baru Nespresso juga menggambarkan komitmen keberlanjutan mereka lewat inisiasi daur ulang kapsul kopi.

Liputan6.com, Jakarta - Nespresso resmi membuka butik baru di PIK Avenue yang merupakan lokasi ke-4 di Indonesia dan ke-3 di Jakarta. Di outlet baru, pelopor mesin kopi rumahan dan kopi kapsul ini menjanjikan tidak hanya kopi yang dapat diseduh dalam satu sentuhan tombol, namun juga pengalaman minum kopi yang lebih mendalam.

Selain, seperti tiga butik Nespresso lain di Indonesia, butik di bilangan Jakarta Utara ini juga mengangkat kearifan lokal dalam semangat maupun visual gerainya. Kali ini, mereka mengangkat tenun ikat Indonesia sebagai inspirasi desain back-tile yang dijelaskan melambangkan hubungan antara manusia dan alam, juga bagaimana keduanya terikat satu sama lain.

Itu tentu bukan satu-satunya fitur menarik di butik baru Nespresso. Sarah Angela, Marketing Manager Kanmo Group selaku distributor resmi Nespresso di Indonesia, menyebut, demi memberi eksplorasi kopi lebih mendalam, terdapat pula meja Atelier.

Ini merupakan tempat para coffee specialist mendemonstrasikan keahlian mereka dalam menjawab pertanyaan berkaitan kopi Nespresso. "Kami juga display produk baru dan limited edition di sini," ia menambahkan saat peresmian butik di mal di bilangan Jakarta Utara itu, Rabu, 10 Mei 2023.

Terdapat pula iconic sleeve wall yang memuat lebih dari 40 varian kopi yang bisa dipilih par pelanggan. Sarah berkata, "Kami punya varian (kopi) yang luas. Pelanggan bisa pilih kopi sesuai karakter (favorit) masing-masing."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Lain di Butik Nespresso

Butik baru Nespresso juga memperlihatkan mesin dari Original Line dan Vertuo Line, serta aksesori pendukung lain. Juga, ada tampilan window-to-farm yang bisa mengajak pelanggan jalan-jalan virtual, kata Sarah. Layar ini memberi gambaran lanskap perkebunan kopi yang mendekatkan konsumen ke asal mula kopi produksi mereka.

Di sisi kirinya terdapat green wall yang menyimbolkan perkebunan kopi lokal yang ditanam secara berkelanjutan. Melanjutkan insiasi ramah lingkungan, mereka juga menyediakan stasiun daur ulang kapsul kopi mereka. Melalui inisiasi ini, pelanggan bisa mendaur ulang kapsul kopi, baik dengan membawa langsung ke butik maupun menikmati layanan penjemputan dari rumah.

Spesialis kopi Nespresso, Juna, menyebut bahwa pihaknya tidak hanya fokus pada kopi berkualitas, namun juga faktor keberlanjutan dalam operasional mereka. "Semua (bagian kopi kapsul) terbuat dari aluminium. (Dalam proses daur ulang), ground coffee dikirim ke perkebunan, sementara alumunium akan didaur ulang," katanya di kesempatan yang sama.

Sarah menyambung, inisiasi keberlanjutannya melampaui semata daur ulang. Praktik keberlanjutan, menurutnya, juga berarti memperhatikan kesejahteraan pertani kopi dan meningkatkan taraf hidup mereka.

"Kami sekarang sudah punya perkebunan di Jawa Barat dan Sumatra, dan melalui kerja sama ini, kopi Indonesia tidak hanya dijual di dalam, tapi juga luar ngeri," ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

Resep Kreasi Kopi Kapsul

Lukman Sardi, yang juga menghadiri peresmian butik baru Nespresso, menyebut bahwa nuansa outlet ini sangat homey. "Saya minum kopi dua kali sehari. Kadang jadi tiga (gelas kopi) kalau di lokasi syuting. Bangun, ngopi. After lunch, ngopi. Kalau mau nambah biasanya sore, malam udah enggak ngopi," kata aktor yang juga konsumen Nespresso itu.

Bintang serial Teluh Darah ini mengaku suka meminum kopi medium to strong dengan varian kopi hitam panas sebagai andalan. "Kadang pakai susu (kalau mau). Susu (biasanya) cocok sama (kopi yang memiliki) aroma cokelat," ia menyebut.

Karena itu, Juna merekomendasikan original line: varian yang beraroma cokelat dari Original Line: Cocoa Truffle. "(Minum kopi) pagi atau sore, (varian kopi kapsul ini cocok) dicampur susu," menurutnya.

Di kesempatan itu, mereka pun mendemonstrasikan cara membuat kreasi kopi kapsul menggunakan Vertuo Line. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

1 master origin columbia vertuo coffee capsule

20 ml passion fruit syrup (pakai sirup markisa dalam demo)

7 buah es batu

Secukupnya passion fruit (daging buah markisa dalam demo)

Cara Membuat Kreasi Kopi Kapsul Nespresso

  1. Tuang sirup ke dalam gelas. Tambahkan es batu.
  2. Tambahkan daging buah markisa.
  3. Ekstrak kopi kapsul langsung ke dalam gelas yang sudah berisi sirup, es batu, dan daging buah markisa. Sajikan dingin.

Liputan6.com berkesempatan mencicipi minuman ini. Harum kopinya sangat semerbak ketika keluar dari mesin, tapi rasanya tidak terlalu pekat, pas berada di ujung lidah bersama tendangan rasa asam dari buah markisa. Anda bisa menambahkan sirup sedikit lebih banyak jika suka rasa lebih manis.

4 dari 4 halaman

Pengalaman Minum Kopi

Semarak pembukaan butik baru Nespresso selaras dengan semangat pihaknya menghadirkan pengalaman berbeda memilih kopi favorit. "See, smell, taste," kata Juna mendeskripsikan pengalaman di butik Nespresso. Sedangkan, Sarah menyebut bahwa para pelanggan bisa menceritakan karakter kopi kesukaan mereka pada para spesialis kopi Nespresso untuk dibuatkan lebih dulu.

Vice President Kanmo Group, Mark Senior, berkata, "Tahun ini telah jadi tahun penuh pencapaian bagi Nespresso di Indonesia. Setelah mengoperasikan tiga butik tetap, hari ini kami membuka butik tetap keempat di PIK Avenue, Jakarta. Kami berharap dapat semakin meluaskan sayap Nespresso di Indonesia sehingga dapat terus menyediakan pengalaman mewah bagi para coffee lovers untuk memulai hari dengan secangkir kopi yang nikmat."

"Di butik tetap Nespresso seperti di PIK Avenue, Anda dapat memiliki pengalaman Nespresso yang unik, kualitas kami yang berkelanjutan, semangat inovatif, dan kualitas kopi tidak tertandingi. Kami ingin mengucapkan terima kasih pada rekan dan distributor resmi kami di Indonesia, Kanmo Group, yang telah menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan Nespresso di Indonesia," ujar Fabio De Gregorio, Nespresso Southeast Asia Regional Business Development Manager.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.