Sukses

Potret Pernikahan Mewah Anak Bupati Pandeglang dan Pria Korea, Pesta Digelar 2 Kali dan Pakai Rancangan Rinaldy Yunardi

Resepsi pernikahan anak Bupati Pandeglang Irna Narulita, Rizka Natakusumah, dengan pria Korea bernama Sang Ho Han berlangsung dua kali: di Senayan Jakarta dan Pandeglang, Banten. Padahal, Pandeglang masih memiliki banyak pekerjaan rumah, mulai dari angka kemiskinan hingga akses jalan yang berlubang.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lebih dulu mencuri perhatian publik dengan gaya mewahnya, sederet potret pernikahan anak Bupati Pandeglang Irna Narulita, Rizka Natakusumah, beredar di jagat maya. Dalam rangkaiannya, perempuan lulusan George Washington University ini diketahui menikah dengan seorang pria Korea, yang disebut sebagai YouTuber, bernama Sang Ho Han.

Merujuk unggahan politikus Agus Yudhoyono, yang menghadiri resepsi bersama istrinya Annisa Pohan, pernikahan pasangan ini digelar di kawasan Senayan, Jakarta pada Jumat, 5 Mei 2023. Dilaporkan pula bahwa resepsi pernikahan selanjutnya digelar di S' Rrizki Restaurant, Curug Sawer, Kabupaten Pandeglang, Banten pada Minggu, 7 Mei 2023.

Di keterangan unggahan, AHY, begitu ia dikenal, menulis, "Bahagia rasanya bisa menghadiri dan mendoakan secara langsung pernikahan dari Rizka dan Sang Ho dalam resepsi yang diselenggarakan di Senayan, Jakarta tadi malam (5/5)."

"@rizkanatakusumah adalah kakak perempuan dari @riznatakusumah (Anggota FPD DPR RI) dan putri dari Bapak @dimyatinatakusumah99 dan Ibu @irnadimyati (Bupati Pandeglang), sementara @sanghoya1 adalah putra dari Mr. Gil Soo Gan & Mrs. Hyo Suk Lee, Seoul, Korea Selatan," imbuhnya.

"Tidak lupa kami mendoakan semoga persatuan dua insan ini menjadi sumber kebahagiaan keluarga, juga mudah-mudahan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Amin Ya Rabbal Alamin," tandas putra mantan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Di unggahan terbeda, Rizka dan Ho Han kedapatan memilih vendor seserahan dan mahar dari @seserahan_by_rosearbor. Pria yang menceritakan pengalaman kehidupan orang Korea dan Indonesia di konten YouTube-nya ini memberikan logam mulia seberat 100 gram dan uang Rp552 juta sebagai maskawin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baju Resepsi Pernikahan

Saat resepsi, Rizka kedapatan mengenakan busana pengantin dari Khanaan Atelier. Di unggahan Instagram, pihaknya menulis, "Dari pengantin baru kami Nyonya @rizkanatakusumah yang mengenakan #KhanaanAtelier dari koleksi #KhanaanMaCherie."

Dijelaskan bahwa gaun pengantin Rizka dilengkapi "sulaman halus dan payet dengan detail tiara mahkota dan pita yang menciptakan keindahan abadi." "Baju dan sepatu @khanaan.atelier dari @khanaan.official. Aksesori @rinaldyyunardi. Makeup @rhay_david," tandasnya.

Sementara, Sang Ho Han memilih rancangan SAS Designs sebagai busana pengantinnya, menurut unggahan fotografer pernikahan mereka, Danin Putra. Akad nikah keduanya, merujuk unggahan desainer Myrna Myura, berlangsung dalam adat Sunda.

Di sana, Rizka tampil dengan kebaya penuh payet berkereta, lengkap dengan siger khas pengantin Sunda. Myrna menulis, "Prosesi akad nikah @rizkanatakusumah & @sanghoya1. Biarpun berbeda pulau, benua maupun samudra, kalau berjodoh pasti akan bertemu. Seperti kisah cinta teteh Rizka dari Indonesia & oppa Sang Ho dari Korea yang telah melangsungkan akad pernikahannya hari ini. Selamat!"

3 dari 4 halaman

Final Fitting Busana Akad Nikah

Pasangan pengantin baru ini juga dipotret ketika melakukan final fitting busana akad nikah mereka. Dalam tampilan lebih sederhana, Rizka semata mengenakan selendang di atas rambutnya yang ditata dalam bun rapi.

Di sisinya, Sang Ho Han mengenakan beskap adat sunda. Desainer itu menulis keterangan, "Broken white kebaya & beskap adat sunda @rizkanatakusumah & @sanghoya1."

Sebelum resmi menikah, tampilan pasangan ini saat lamaran pun sempat dibagikan di media sosial oleh Wiranti Kurnia Bride. Dalam keterangan unggahan, baru-baru ini, tertulis, "Pertunangan @rizkanatakusumah dan @sanghoya1. Rizka & Sang Ho Attire dirancang khusus untuk pernikahan multikultural mereka."

"Kebaya Rizka memiliki warna kuning yang melambangkan kebahagiaan dan keceriaan dalam pernikahan mereka. Selain itu, kebaya tersebut juga dihiasi detail sulaman bunga nasional Korea Mugunghwa yang berarti 'mekar abadi dan tidak pernah pudar,'" sambung mereka.

Mugunghwa disebut sebagai simbol penting dalam budaya Korea selama berabad-abad, dan "detail bunganya melambangkan cinta abadi antara Rizka dan Sang Ho yang tidak akan pernah pudar," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Kebaya Indonesia dengan Sentuhan Budaya Korea

Dituliskan bahwa kebaya Rizka juga dilengkapi sabuk Hanbok Korea di bagian pinggang yang menciptakan ilusi lingkar pinggang lebih kecil. "Kebaya Indonesia dengan sentuhan budaya Korea ini terlihat sangat serasi dengan kain songket tradisional Palembang," sambung jenama itu.

"Jika diperhatikan lebih dekat pada kebaya Rizka, terlihat detail bordir di pergelangan tangan kanan bertuliskan RSH yang merupakan singkatan dari Rizka & Sang Ho, menambah nilai sentimental pada kebaya ini," imbuhnya. "Semoga Rizka dan Sang Ho selalu diliputi kebahagiaan, sesuai dengan makna kebaya pertunangannya."

Sosok Rizka jadi sorotan setelah gaya hidup mewahnya beredar di tengah protes jalanan rusak di Pandeglang. Lewat unggahan akun Twitter @bung_madin, 24 April 2023, tampak ia memakai tas rilisan YSL warna hitam dan sedang berada di luar negeri.

"Di balik kemewahan anak Bupati Pandeglang. Pandeglang sampai saat ini masih termasuk wilayah tertinggal dari segi infrastruktur, pendidikan, dan SDM," tulis akun Twitter tersebut. "Tapi tidak untuk anak seorang pejabat yang hidup dengan penuh kemewahan, kuliah di LN (Luar negeri), serta dikelilingi keluarga pejabat."

Akun tersebut kemudian menyandingkan foto Rizka yang sedang bergaya di luar negeri dengan foto warga warga biasa. Jika Rizka terlihat mengenakan tas mewah, seorang warga terlihat selfie di tengah jalan rusak di Pandeglang.

"Foto selfie anak Bupati Pandeglang vs masyarakat biasa. Siapa pemenangnya? Jawab donk @KPK_RI dan PPATK? Kalau jawabannya bener nanti bung madin kasih hadiah," tulis akun Twitter itu lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.