Sukses

Jalan Lucas di WayV dan NCT Berakhir Setelah Hiatus Sejak 2021, Diawali Kasus Gaslighting

Lucas menyatakan mundur dari WayV dan NCT lewat pernyataan tertulis tangan dan meminta penggemarnya mengingatnya dengan nama Huang Xuxi.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar comeback yang sempat santer terdengar malah berakhir dengan pengumuman Lucas keluar dari NCT dan WayV. Agensi yang menaunginya, SM Entertainment mengumumkan pengunduran diri idol berkewarganegaraan China itu pada hari ini, Rabu (10/5/2023).

"Setelah diskusi panjang dan penuh pertimbangan dengan Lucas, kami membuat keputusan bersama bahwa Lucas akan berpisah dengan NCT dan WayV untuk mengejar karier pribadinya. Kami meminta pengertian kalian karena ini adalah keputusan yang diambil setelah mempertimbangkan banyak anggota dan penggemar," kata SM Entertainment, dikutip dari KBizoom.

Mereka menambahkan, "Lucas berencana menunjukkan penampilannya melalui berbagai karya individu mulai sekarang."

Pengumuman itu disusul dengan surat tulisan tangan Lucas di media sosial pribadinya. Ia mengawalinya dengan sapaan kepada penggemar. Ia mengaku telah membuat keputusan yang sulit dengan keluar dari grup NCT dan WayV.

"Aku dengan tulus meminta maaf kepada para anggota dan dan dengan berat hati saya meninggalkan persahabatan lama. Sudah hampir delapan tahun sejak saya pertama kali bergabung dengan para anggota, dan saya sangat berterima kasih atas perhatian dan dukungan mereka," tulis Lucas.

Ia mengatakan akan selalu menghargai kenangan tersebut dan tidak akan pernah lupa. "Saya berharap para anggota akan mengingat saya sebagai Huang Xuxi, bukan hanya Lucas. Saya benar-benar mencintai mereka dan akan selalu mendukung mereka dari lubuk hati saya," sambungnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lucas Ambil Keputusan Terbaik

Lucas mengaku membutuhkan waktu untuk mengambil keputusan tersebut. Namun, ia meyakini keputusan keluar dari dua grup idol itu merupakan keputusan paling tepat untuk semuanya.

"Ke depan, saya berniat mengumpulkan keberanian untuk menghadapi para penggemar yang telah menunggu saya dan mengejar usaha individu. Saya percaya cara terbaik untuk membalas para penggemar yang mendukung saya adalah dengan terus memberikan penampilan yang luar biasa. Saya akan berusaha untuk menjadi Huang Xuxi yang lebih dewasa dan Lucas yang lebih baik lagi. Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua penggemar dan semua orang yang terus mendukung saya," pungkasnya.

Lucas NCT dinyatakan hiatus dari dunia hiburan sejak 2021. Dilansir dari Koreaboo, Rabu, 25 Agustus 2021, keputusan itu diambil setelah ia terbelit skandal gaslighting.

Sejumlah warganet anonim maju dan mengaku sebagai mantan pacar anggota NCT ini. Para penuding menuduh pelantun "Love Talk" ini telah memanipulasi mereka selama berhubungan.  

Warganet pertama yang mengirim tuduhan, mengatakan bahwa Lucas putus dengannya dengan alasan kesibukan. Namun setelah putus, dia mengatakan Lucas masih ingin bertemu dengannya, dan minta dibayari untuk berbagai hal.

Sang warganet menyertakan sejumlah foto, rekaman suara hingga tangkapan layar sebagai "bukti", tapi penggemar Lucas menemukan bahwa hal-hal ini adalah hasil rekayasa.

3 dari 4 halaman

Kasus Menggelinding bak Bola Salju

Rumor mengenai member SuperM ini terus menggelinding bak bola salju sehingga tak hanya menarik perhatian warganet, tapi juga media massa. Namun saat dimintai klarifikasinya, SM Entertainment selaku agensi Lucas tak langsung memberikan jawaban. Lucas pun tak terlihat aktif di dunia hiburan.

Setelah kejadian itu, SM Entertainment sebagai agensinya meminta maaf. Lucas ikut mengunggah permintaan maaf di akun media sosial pribadinya pada 25 Agustus 2021.

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Lucas sempat menghebohkan penggemarnya karena kembali aktif di media sosial. Pria 23 tahun ini membuat unggahan pertamanya pada Minggu, 2 Oktober 2022. Ia melalui Instagram pribadinya mengunggah gambar misterius orang-orang yang sedang berolahraga di pantai. Namun, dia tak menyertakan keterangan apa pun dalam unggahannya.

Ia kembali menyapa penggemarnya lewat akun media sosialnya pada Februari 2023. Pemilik nama asli Wong Yuk Hei ini tampil santai memperlihatkan kebolehannya menari diiringi lagu penyanyi Kanada, Jon Vinyl, berjudul Addicted.

Di rekaman video hitam putih, Lucas, yang juga merupakan personel grup WayV dan SuperM, terlihat memakai long turtleneck shirt yang bagian lengannya digulung setengah, celana panjang, beanie, dan sepatu kets. Ini merupakan unggahan pertama yang mengungkap dirinya sejak pengumuman hiatus pada 2021.

4 dari 4 halaman

Spekulasi Comeback

Kemunculan Lucas saat itu memunculkan spekulasi tentang comeback-nya Lucas. Spekulasi itu kian kuat ketika CEO SM Entertainment, Lee Sung Soo, berbagi foto dirinya dan Lucas duduk bersama.

Ini menghapus semua pertanyaan penggemar tentang kemungkinan kepergian Lucas dari agensi, mengingat periode hiatusnya yang terus bertambah. Sang CEO pun mengomentari video dance idol K-pop tersebut. Bahkan, dikutip dari sportskeeda, Jumat, 3 Februari 2023, namanya sempat menjadi trending topic di Twitter. 

Namun, kurangnya pernyataan resmi untuk menjernihkan semua tuduhan terkait skandal Lucas terus membuat para penggemar kesal. Fans setuju bahwa rekonstruksi citra idol berusia 24 tahun ini dan penjelasan atas tuduhan yang dibuat lebih penting daripada comeback yang terburu-buru.

Alhasil, para penggemar khawatir agensi akan melanjutkan aktivitas Lucas NCT tanpa ada pernyataan yang mendukung atau menjelaskan posisinya. Tapi, itu tidak membatasi dukungan mereka untuk sang idola, dengan WeLoveYouLucas sempat jadi trending topic di Twitter.

Lucas merupakan salah satu member NCT yang juga merupakan member dari sub unit NCT U dan WayV. Ia juga merupakan bagian dari grup gabungan SM Entertainment, Super M.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini