Sukses

Busana Video Musik Dynamite BTS yang Terjual Seharga Rp2,3 Miliar Masuk dalam Daftar Item Lelang Absurd

Kostum video musik Dynamite BTS berada dalam daftar barang lelang absurd bersama busana aktor laga Bruce Lee.

Liputan6.com, Jakarta - Program hiburan Mnet "Girls Night Out," yang ditayangkan Senin, 8 Mei 2023, memperlihatkan item lelang absurd TOP9 senilai ratusan juta won. Di antaranya, barang terkait boy group BTS muncul di posisi kesembilan.

Item lelang BTS yang dimaksud adalah kostum para personel dalam video musik untuk lagu hit mereka Dynamite. Disebut "absurd," karena pakaian yang bukan produk mewah atau edisi terbatas ini bisa mencetak nilai lelang 200 juta won (sekitar Rp2,3 miliar).

Di samping itu, kemunculannya juga disorot sebagai bukti kekuatan merek BTS. Nilai luar biasa dari "BTS Premium" menarik perhatian member "Girls Night Out." Kostum itu berada dalam daftar yang sama busana yang dikenakan aktor laga Bruce Lee dalam karya anumerta yang dilelang seharga 130 juta won (sekitar Rp1,4 miliar).

Busana video musik Dynamite tercatat dilelang dalam rangkaian Grammy Awards 2021. Lelang amal atas busana itu diselenggarakan Recording Academy. Hasil lelang ini mendanai sumber daya kesehatan dan keuangan pada mereka yang membutuhkan.

Awalnya, pihak penyelenggara memperkirakan akan mendapat sekitar 20 ribu--40 ribu dolar AS dari busana video musik hits dari grup yang debut pada 2013 itu. Tapi, setelah lot ditutup pada 31 Januari 2021, busana warna-warni ini terlelang seharga 162,5 ribu dolar AS (sekitar Rp2,3 miliar). Semua hasil lelang dilaporkan disumbangkan untuk kepentingan MusiCares, lelang amal yang dibuat Recording Academy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Detail Busana Video Musik Dynamite

Masing-masing potongan busananya meliputi, pertama, yang dipakai leader BTS, RM. Komponennya berupa kemeja, celana pendek, topi Kangol, yang semua berwarna kuning, dan sepatu kets Nike Air Jordan PRS ukuran 10.

Disusul Jimin yang mengenakan kaus sewarna lavender dengan aksen kalimat dalam Bahasa Prancis "Lo Corso Como Seoul" dan "Jacquemus" yang disulam di bagian depan label. Personel asal Busan, Korea Selatan ini juga memakai kemeja dari Areuban ukuran M, celana keluaran Supreme, dan sepatu kets Nike Air multi-warna ukuran 11,5.

Kemudian, V mengenakan sweater biru dari Solid Homme, celana berwarna senada dengan label "BTS" dan "V," topi Kangol, juga sepatu kets Converse All-Star biru ukuran 9,5. Untuk Jungkook, pelantun lagu My You ini mengenakan kaus biru dari Beaker, kemeja berwarna senada, celana dengan label "BTS" dan "Jungkook," serta sepatu kets biru Paul Smith.

Main dancer BTS yang sekarang tengah menjalani wajib militer, J-Hope, tercatat mengenakan kemeja polo merah muda dari Polo Ralph Lauren, celana pendek berwarna senada, dan sepatu kets kustom Nike Air, satu warna biru dan satu lagi merah muda, dengan applique berbentuk hati.

 

3 dari 4 halaman

Lelang Amal Lainnya

Suga memakai kaus kuning keluaran Carhartt, kemeja, celana panjang kuning dengan tulisan "E. Label Tautz Savile Row London," dan sepatu kets custom Nike Air Jordan. Terakhir, member tertuanya, Jin, mengenakan kaus merah muda oleh Katharine Hamnett, kemeja dari Levi's, celana panjang merah muda, dan sneakers Nike Air custom warna pastel dengan applique berbentuk hati.

Selain rangkaian busana di atas, setelan jas yang dikenakan para personel BTS selama penampilan lagu hit mereka, Dynamite, di Grammy Awards 2021 juga dijual di lelang amal. Kostum tersebut dilelang selama MusiCares Charity Relief Auction, lapor Koreaboo, 13 Oktober 2021.

MusiCares Foundation dimulai National Academy of Recording Arts and Sciences pada 1989 untuk membantu para musisi yang membutuhkan. Lelang tersebut merupakan acara resmi Grammy Week ke-64 dan dihelat pada 30 Januari 2022.

Setelan yang dikenakan BTS selama Grammy Awards 2021 adalah rilisan Louis Vuitton. Panggung Dynamite adalah pertama kalinya BTS membawakan lagu mereka sendiri di Grammy, membuat setelan jas ini jadi lebih bermakna.

4 dari 4 halaman

Kalahkan Sejumlah Selebritas

Melansir Jagran TV, pada 30 Januari 2022, lelang amal MusiCares berlangsung, mencatat kostum pertunjukan GRAMMY BTS yang dibuat khusus oleh rumah mode Prancis itu meraup sekitar 160 ribu dolar AS (sekitar Rp2,3 miliar). Sementara itu, tiga cincin J--Hope mencapai sekitar 18 ribu dolar AS (sekitar Rp265 juta).

Gitar bertanda tangan BTS terjual seharga 64 ribu dolar AS (sekitar Rp944 juta), meningkatkan totalnya jadi hampir 250 ribu dolar AS (sekitar Rp3,7 miliar). Awalnya, tujuh setelan jas itu diperkirakan terlelang senilai 30 ribu dolar Amerika Serikat (AS) hingga 50 ribu dolar AS (Rp426 juta--Rp710 juta).

Sedangkan perkiraan harga pralelang cincin J-Hope senilai 2 ribu dolar AS hingga 4 ribu AS (Rp28 juta--Rp57 juta). Set ini terdiri dari cincin pita ganda emas, cincin perak murni yang menampilkan tiga permata hijau, dan cincin spiral perak murni.

Catatan ini membuat BTS mengalahkan bintang The Beatles, Paul McCartney; Ozzy Osbourne; Harry Styles; dan banyak selebritas lain untuk memenangkan posisi teratas lelang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.