Sukses

Curhat Aktris Korea Bae Doona, Sempat Dianggap Jelek Usai Tampil Total di Film Tanpa Makeup

Bae Doona mengaku beruntung bertemu dengan sutradara yang keren lebih awal sehingga merasa percaya diri tampil di film tanpa makeup.

Liputan6.com, Jakarta - Totalitas dalam berakting ternyata tak selalu berbanding lurus dengan apresiasi. Hal itu sempat dirasakan aktris Korea Selatan, Bae Doona, seusai ia memutuskan tak pakai makeup sama sekali saat berakting di film Barking Dogs Never Bite.

"Saat iitu, aku menjadi model iklan dan MC acara Music Camp. Aku pernah menjadi seorang penghibur, tetapi aku terputus dari pekerjaan ini setelah 'Barking Dogs Never Bite'. Karena saya terlihat jelek," ujarnya saat menjadi tamu di chanel Youtube Fairy Jaehyung, dikutip dari KBizoom, Senin (1/5/2023).

Ia menjelaskan bahwa ia sengaja menghapus seluruh riasannya dan hanya menambahkan shading agar kulitnya terlihat lebih gelap karena kulitnya sehat. Film itu, sambung dia, menjadi yang pertama ia menghapus makeup. 

"Tidak ada yang salah dengan menghapus makeup," ucapnya lagi.

Ia mengaku merasa beruntung bertemu dengan sutradara yang keren lebih awal. Pasalnya, ia saat itu merasa tidak percaya diri. "Aku berpikir, 'Mengapa orang-orang menyukaiku?' Aku menghapus makeup-ku dan berdiri di depan kamera. Tidak ada lagi yang bisa diremehkan, jadi sangat nyaman," ujarnya.

Ia mengaku tanpa makeup, ia menjadi lebih bebas. "Saya mengambil kesempatan itu sangat awal."

Kepada Jung Jaehyung yang mengundangnya saat itu, Bae Doona mengatakan sejak itu ia tak lagi pakai makeup saat membintangi film. Ia menjelaskan bahwa motifnya didorong oleh emosi yang ingin disampaikan lewat karakter yang diperankannya.

"Bukankah warna kulit berubah tergantung emosi? Sulit untuk menutupinya dan berakting. Aku bukan tipe yang berakting dengan teknologi," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bae Doona Ungkap Alasan Aktor Kerap Akting Tidur dengan Makeup

Walau begitu, Bae Doona menyebut aktor tetap harus terlihat ganteng atau cantik, tak peduli dia lelaki atau perempuan. Karena itu, ia sengaja bermake up saat diundang ke program tersebut.

"Karena wajahku memerah kapanpun aku minum," katanya.

Ia juga berkata kerap meminta tim produksinya untuk memindahkan adegan yang menyorot ia saat tidur atau mencuci muka ke urutan belakang bila ada beragam adegan direkam sepanjang hari. "Alasan mengapa aktor biasanya menggunakan makeup selama adegan tidur adalah karena ada adegan berikutnya," ia membocorkan.

Jung Jaehyung juga menanyakan soal peran yang dianggap Bae Doona mendatangkan masalah di masa lalu. Ia menjawab dengan mengatakan semua film terasa sulit di awal.

"Karakter yang tidak sepertiku sangat menggangguku. Begitu pula dengan 'Sympathy for Mr. Vengeance'. Aku melakoninya karena aku menyukainya, tapi itu sulit karena aku tak bisa mengutuk dan aku bukan orang yang radikal," ia menjelaskan.

3 dari 4 halaman

Song Hye Kyo Juga Tanpa Makeup untuk The Glory

Selain Bae Doona, Song Hye Kyo juga memutuskan untuk mengabaikan riasannya demi totalitas aktingnya di The Glory. Alhasil, sejumlah Knetz yang nyinyir menyebut penampilan aktris Korea Selatan itu terlihat semakin tua dalam drama serial Netflix tersebut.

Song Hye Kyo pun memberikan jawaban menohok dengan menjelaskan karakter yang diperankannya, Moon Dong Eun, seorang korban bullying yang merencanakan balas dendam. Dong Eun digambarkan menjalani kehidupan yang begitu sulit sehingga tidak masuk akal baginya untuk terlihat sangat terawat.

"Karakter Dong Eun telah menjalani kehidupan yang sulit sepanjang hidupnya. Saya tidak berpikir akan masuk akal sama sekali jika dia tampil seolah-olah dia telah menerima banyak perhatian," terang Song Hye Kyo pada Elle Korea, dilansir dari Nextshark, 2 Februari 2023.

Untuk lebih mendalami karakternya, Song Hye Kyo mengaku terlihat lemah tapi juga penuh amarah untuk balas dendam. Salah satu caranya adalah dengan tidak memakai makeup sama sekali selama proses syuting The Glory.

Dengan wajah tanpa makeup, Hye Kyo berharap akan semakin menegaskan sosok Moon Dong Eun yang hanya memikrkan soal balas dendam. "Aku juga mendengar berbagai komentar tentang penampilanku yang terlihat sangat tua. Kurasa itu sesuai dengan peranku dan sesuai juga dengan usiaku yang tentunya bertambah tua seiring berjalannya waktu," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Raih Baeksang Arts Award 2023

Aktingnya yang meyakinkan berhasil mengantarkan Song Hye Kyol membawa pulang piala penghargaan acara Baeksang Arts Awards ke-59, sebagai Aktris Terbaik di bidang televisi lewat drakor The Glory. Baeksang Arts Awards 2023 berlangsung pada Jumat, 28 April 2023.

Para penggemar K-Drama sangat menantikan acara ini, lantaran kompetisi tersebut dianggap sebagai salah satu ajang penghargaan bergengsi di bidang film dan pertelevisian. Sesuai prediksi, dua drakor The Glory dan Extraordinary Attorney Woo berhasil mendapat penghargaan terbanyak.

Drakor The Glory keluar sebagai drama terbaik, lalu lewat Song Hye Kyo sebagai aktris terbaik dan Lim Ji Yeong yang memenangkan aktris pendukung terbaik. Sedangkan, drakor Extraordinary Attorney Woo berhasil menggaet penghargaan utama lewat aktris Park Eun Bin dan sutradara terbaik, yakni Yoo In Shik.

Dari kemenangan aktris Song Hye Kyo dan Park Eun Bin, publik dibuat gemas dengan interaksi manis keduanya yang tertangkap kamera saat para pemenang penghargaan melakukan sesi foto bersama di atas panggung. Dalam video yang beredar di media, terlihat Song Hye Kyo yang awalnya berdiri di barisan belakang, akhirnya diarahkan untuk berdiri di depan berdampingan dengan Park Eun Bin. Setelahnya, pengacara Woo Young Woo itu membuka percakapan dengan sedikit malu-malu, sebelum mereka berbagi dialog sembari tertawa manis. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.