Sukses

Ikuti 5 Tips Anti Sakit yang Dapat Kamu Terapkan Saat Pulang Mudik

Agar terhindar dari gangguan kesehatan selama melakukan perjalanan, ada baiknya kamu untuk melakukan lima persiapan yang matang.

Liputan6.com, Jakarta Arus mudik lebaran tahun ini berlangsung hingga H+7 alias akan berakhir pada 30 April 2023. Ya, mudik yang diidentik dengan melakukan perjalanan jauh tentunya akan menghabiskan cukup banyak energi. 

Tanpa adanya energi yang kuat saat mudik, kamu berisiko terkena masalah kesehatan yang dapat membahayakan keselamatanmu selama perjalanan. Kondisi fisik yang lemah juga dapat membuatmu lebih mudah terkena gejala mabuk perjalanan, mengalami dehidrasi, ataupun pingsan. 

Agar terhindar dari gangguan kesehatan selama melakukan perjalanan, ada baiknya kamu untuk melakukan persiapan yang matang. Berikut 5 tips anti sakit yang dapat kamu terapkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Selama mudik, pasti kamu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung santan dan garam yang tinggi. Sebenarnya ini sah saja untuk dilakukan, hanya saja kamu harus ingat batasannya. Nah, saat mau pulang mudik, ada baiknya kamu mengimbangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta berolahraga secara teratur untuk menjaga kondisi tubuh yang optimal. Hal ini penting karena tubuh yang sehat akan lebih tahan terhadap berbagai penyakit dan kondisi yang dapat timbul selama perjalanan.

3 dari 6 halaman

2. Istirahat yang Cukup

Berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, memang membuat waktu berjalan begitu cepat. Saking asyiknya ngobrol, kamu mungkin tidur hingga larut malam. Nah, kekurangan waktu tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, loh! Kondisi ini dapat membuat tubuh mudah lelah dan rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Maka dari itu, kamu perlu mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas, terutama saat melakukan perjalanan mudik yang jauh. Sebelum berangkat, kamu harus memperhatikan pola tidur dan mencoba tidur lebih awal beberapa hari sebelum perjalanan. Hal ini dapat membantu tubuh untuk benar-benar siap menjalani perjalanan mudik yang melelahkan.

Hindari begadang atau mengonsumsi minuman berkafein yang dapat mengganggu kualitas tidur. Dengan melakukan hal ini, tubuhmu akan lebih segar dan bugar saat melakukan perjalanan mudik.

4 dari 6 halaman

3. Hindari Jajan Sembarangan

Seringkali kamu melihat berbagai jenis makanan dan minuman yang dijajakan di sepanjang jalan. Meskipun terlihat menggoda, kamu disarankan untuk menghindari konsumsi makanan di pinggir jalan. 

Kamu tidak bisa memastikan bagaimana makanan dan minuman tersebut diolah, serta kemungkinan besar makanan atau minuman yang dijajakan secara terbuka di pinggir jalan lebih rentan terpapar kuman.

Nah sebagai alternatif yang lebih aman, ada baiknya membawa bekal dari rumah. Namun, jika terpaksa harus membeli makanan atau minuman selama perjalanan mudik, sebaiknya membeli air minum dalam kemasan dan memilih makanan yang dimasak secara bersih dan matang.

Jangan lupa hindari makanan yang berlemak atau pedas karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan sakit perut. Selain itu, hindari minuman beralkohol dan berkafein yang dapat mengganggu tidur dan menyebabkan dehidrasi. Hindari makanan yang berlemak atau pedas karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan sakit perut. 

5 dari 6 halaman

4. Hindari Posisi Duduk yang Tidak Nyaman

Menghindari posisi duduk yang tidak nyaman selama perjalanan. Pilihlah kursi yang nyaman dan dapat menopang punggung dengan baik. Selain itu, jika kamu merasa kaku atau pegal, jangan ragu untuk berdiri sejenak atau melakukan peregangan ringan untuk meredakan ketegangan pada otot.

Dengan menerapkan tips anti sakit di atas, kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik dari kampung halaman menuju ke rumah. Cara ini juga dapat membantu menghindari berbagai masalah kesehatan yang dapat timbul selama perjalanan. 

6 dari 6 halaman

5. Membawa Obat-Obatan

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan dan perlengkapan medis yang seperti plester, obat luka, dan antiseptik untuk mengantisipasi kemungkinan cedera atau luka selama perjalanan.

Selain itu, bawa juga seperti obat sakit kepala, obat anti-mual, dan obat-obatan lain yang biasa kamu konsumsi, dan obat anti masuk angin. Pilihlah obat masuk angin yang dibuat dari bahan alami, seperti jahe, daun mint, adas, kayu ules, daun cengkeh dan madu, serta terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini