Sukses

Profil Jeno NCT yang Sedang Berulang Tahun ke-23

Dari model cilik sampai jadi idol K-pop top, intip portofolio Jeno NCT yang tengah berulang tahun ke-23.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Minggu (23/4/2023), Jeno NCT genap berusia 23 tahun. Umur barunya pun dirayakan para penggemar dengan ucapan selamat dan doa-doa baik yang secara khusus ditujukan untuk Jeno NCT.

Di kesempatan ini, Anda tentu bisa selalu memanfaatkannya untuk mengenal Jeno secara lebih jauh. Dilansir dari KProfiles, pemilik nama lengkap Lee Je No ini lahir di Incheon, Korea Selatan.

Ia adalah personel NCT yang merupakan lead dancer, lead rapper, dan visual dari sub-unit NCT Dream. Ia debut di sub-unit ketiga dari NCT itu pada 24 Agustus 2016. Jeno memulai debutnya sebagai vokalis, tapi berubah menjadi rapper selama bertahun-tahun.

Lagu Dear Dream adalah pertama kalinya ia berpartisipasi menulis lirik untuk NCT Dream. Untuk mini-album grup bertajuk "We boom," ia menjadi penulis lagu lengkap untuk grup. Lagu-lagu yang telah ia tulis, termasuk Dear Dream, 119, Bye my First, Best Friend, dan Dream Run.

Selain bermain biola, Jeno juga bisa bermain gitar, seperti yang terlihat di MY SMT dengan NCT Dream dan di NCT LIFE dengan NCT Dream episode lima. Dalam portofolionya, Jeno juga menjajal akting. Bersama Jaemin, ia tampil di web drama A-Teen pada 2018, catat KPopping.

Jeno NCT bukanlah wajah baru di layar kaca. Mengutip KBIZoom, ia merupakan model cilik yang telah membintangi banyak iklan untuk merek-merek terkenal, seperti Enfant Milk, Paris Baguette, Kyungdong Navien, Woongjin, dan Pulmuone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karier Sebagai Aktor Cilik

Diketahui bahwa Jeno NCT mulai bekerja sebagai model CF setelah di-casting di jalan saat tengah berjalan bergandengan tangan dengan ibunya di kereta bawah tanah. Setelah itu, ia banyakberperan sebagai anak lucu yang tumbuh dalam pengasuhan yang tepat.

Jeno juga dengan sangat baik melakukan adegan penuh air mata di CF, dan membuktikan kemampuan aktingnya. Ia mendapat perhatian sebagai aktor cilik di film keluaran 2006 berjudul Love Me Not.

Dengan pengalaman yang begitu beragam, Jeno bergabung dengan SM Entertainment. Pada 2013, ia jadi trainee termuda yang dipilih untuk proyek SM Rookies dan dengan demikian mengumpulkan banyak topik, bahkan sebelum debutnya.

Catatannya tidak hanya berhenti di situ, dengan Jeno juga mencatat prestasi di bidang fesyen. Tahun lalu, ia debut di runway New York Fashion Week 2023. Di kesempatan itu, ia tampil memukau dengan busana tidak biasa. Melalui akun Instagram-nya, idol K-pop ini menunjukkan potret dirinya bersama para model lain di panggung pekan mode bergengsi itu dalam unggahan pada 13 September 2022.

3 dari 4 halaman

Debut di NYFW 2023

Di kesempatan itu, Jeno tampil sebagai model dengan memakai koleksi SS23 dari Peter Do. Ia mengenakan setelan jas backless dan celana hitam dengan belahan samping yang cukup tinggi. Menyempurnakan penampilan, ia memakai sepatu hak tinggi yang membuat look-nya semakin menawan.

Meski baru pertama kali jadi model pekan mode, Jeno sudah tampil bak model profesional. Visualnya yang tidak bisa diperdebatkan, ditambah postur tubuh ideal, membuat sosoknya tampak sempurna berjalan di landasan pacu.

Walau secara look terbilang mengejutkan, penampilan Jeno di NYFW 2023 sebenarnya sudah diumumkan, beberapa hari sebelumnya. Ia didapuk Peter Do, perancang busana yang berbasis di New York, untuk memperagakan koleksi busana Spring/Summer 2023 miliknya.

Pengumuman resmi ini diungkap pada 9 September 2022, seperti dilansir Soompi, 11 September 2022. Kesempatan itu membuat Jeno jadi idol K-Pop pertama yang memulai peragaan busana di New York Fashion Week. "Merupakan pilihan yang wajar jika Jeno membuka acaranya," ujar sang desainer. 

4 dari 4 halaman

Proyek Ulang Tahun Jeno NCT

Peter Do memilih Jeno NCT karena dianggap mewakili anak muda. "Jeno mewujudkan koleksi busana pria Peter Do (dalam) keberagaman, percaya diri, dan pelopor," ia menyebut.

Do mengaku bangga bisa bekerja sama dengan Jeno. Ia berbagi, "Sebagai merek yang menempa jalannya sendiri di industri ini, kami bangga dapat bermitra dengan pemain global terkemuka di K-pop untuk membantu menulis masa depan mode."

Sementara dalam menandai ulang tahun Jeno tahun ini, para penggemar asal Indonesia menggagas proyek bertajuk "Petrichor," lapor kanal Global Liputan6.com. Proyek ini diumumkan pertama kali di media sosial pada 25 Januari 2023 dengan ajakan berdonasi. Sejauh ini, jumlah donasi yang telah terkumpul sebesar Rp8.416.647.

Nantinya dana yang terkumpul akan dialokasikan ke sejumlah projek di antaranya adopsi orangutan dari Borneo Orangutan Survival sebagai sumbangsih untuk konservasi. Selain, ada pula proyek adopsi karang melalui CarbonEthics, juga upaya penanaman bibit mangrove dan adopsi bayi penyu laut untuk dilepaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.