Sukses

Lisa BLACKPINK Jadi Inspirasi Nama Spesies Tanaman Baru yang Ditemukan di Thailand

Spesies tumbuhan berbunga baru yang ditemukan di Thailand dinamai Bunga Lalisa, menurut Bangkok Post, Kamis (waktu setempat). Bunga berarti bunga dalam bahasa Thailand dan Lalisa adalah nama Lisa BLACKPINK.

Liputan6.com, Jakarta - Spesies tumbuhan berbunga baru yang ditemukan di Thailand dinamai Bunga Lalisa, menurut Bangkok Post, Kamis, 13 April 2023 waktu setempat. Bunga berarti bunga dalam bahasa Thailand dan Lalisa adalah nama Lisa BLACKPINK.

Dikutip dari The Korea Times, Minggu (16/4/2023), spesies tanaman baruini ditemukan di provinsi selatan Narathiwat oleh sekelompok peneliti di Fakultas Sains Chiang Mai University. Tumbuhan itu adalah bagian keluarga tanaman Annonaceae yang terdiri dari pohon, semak atau liana.

"Itu dinamai untuk menghormati Lalisa Manobal, seorang rapper, penyanyi dan penari Thailand yang terkenal, yang motivasinya telah sangat menginspirasi penulis pertama - Anissara Damthongdee - untuk mengatasi hambatan apa pun selama studi Ph.D.-nya," bunyi laporan penelitian resmi.

Para peneliti dilaporkan menekankan bahwa itu harus dikelompokkan sebagai Sangat Terancam Punah. Dipimpin oleh Thanawat Chaowasku, tim peneliti menjalankan proyek untuk menggali lebih dalam taksonomi dan evolusi tanaman langka dalam keluarga Annonaceae di Thailand.

Itu didukung oleh Kantor Riset dan Inovasi Sains Thailand dan Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, Riset, dan Inovasi. Dikutip dari Allkpop, nama ilmiah tumbuhan tersebut adalah Friesodielsia Lalisae Damth., Baka & Chaowasku.

Lisa memulai debutnya sebagai anggota BLACKPINK pada 2016 dengan album, "Square One." BLACKPINK, salah satu grup K-pop terbesar, dijadwalkan menggelar konser encore selama dua hari di Stadion Nasional Rajamangala di Bangkok - stadion terbesar di Thailand - pada 27--28 Mei 2023. Kuartet tersebut sebelumnya tampil di negara Asia Tenggara sebagai bagian dari tur dunianya pada bulan Januari. Tur ini diperkirakan akan menarik 1,5 juta penonton.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rayakan Ulang Tahun di Thailand

Lisa BLACKPINK beberapa waktu lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-26. Meski disibukkan dengan tur dunia bersama girl group yang membesarkan namanya, namun Lisa dapat kembali ke kampung halamannya di Thailand untuk berbagi kebahagiaan.

Dikutip dari Koreaboo, Minggu, 2 April 2023, BLACKPINK saat ini sedang menjalani tur dunia BORN PINK di Asia dengan hanya dua pemberhentian lagi sebelum mereka menuju ke Meksiko. Mereka lalu kembali ke Asia, sebelum menuju ke Australia dan kemudian Prancis untuk pertunjukan encore.

Semua personel telah merayakan ulang tahun mereka dalam tur. BLINK, demikian penggemar setia BLACKPINK akrab disapa, mengejutkan Jisoo, Jennie, Rose, dan kini Lisa dengan kue cantik selama tanggal konser yang jatuh menjelang ulang tahun mereka.

Tanggal konser yang paling dekat dengan ulang tahun Lisa BLACKPINK adalah pertunjukan BORN PINK pada 26 Maret 2023 di Manila. BLINK menghadiahi Lisa dengan kue berjenjang yang menampilkan lampu, proyek amal, hewan peliharaan kesayangannya, dan, tentu saja, menyanyikan "Selamat Ulang Tahun" untuknya.

Perayaan tidak berhenti setelah konser. Lisa merayakan ulang tahunnya di Raymi Bar di Thailand.

3 dari 4 halaman

Momen Manis di Thailand

Maknae BLACKPINK tersebut juga membagikan foto eksklusif hari spesialnya dengan BLINK. Melalui akun Instagram pribadinya yang terverifikasi, Lisa tampak berbalut outfit serba pita dalam momen spesial itu. Perempuan kelahiran 27 Maret 1997 tersebut tampil mengenakan gaun mini bertutup pita dan aksesori merah yang menarik perhatian.

Lisa BLACKPINK melengkapi tampilannya dengan stocking merah senada dengan pita di kepalanya dan sepatu hak tinggi warna senada. Pemilik nama Lalisa Manobal tersebut kemudian mengganti pakaiannya dan mengenakan gaun merah muda berkilau. Ia masih tetap menggunakan aksesori pita merah di kepalanya.

Tak banyak keterangan yang Lisa sampaikan melalui kolom keterangan unggahan. "Sweet 26th," tulis Lisa BLACKPINK singkat dalam unggahan di Instagram pribadi yang telah diikuti lebih dari 91,2 juta pengikut tersebut.

Lisa mendukung bar Raymi lokal di Pecinan Bangkok dengan merayakan ulang tahunnya di bar atap. Hal tersebut mendorong bar tersebut untuk mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada Lisa.

"Merupakan kehormatan bagi kami untuk merayakan ulang tahun Anda bersama di bar Raymi. Kunjungan Anda sangat berarti bagi kami, dan kami berharap Anda memiliki waktu yang fantastis. Semoga Anda selamat ulang tahun yang penuh dengan cinta dan kebahagiaan," bunyi keterangan Raymi Bar dalam unggahan di akun Instagram mereka.

4 dari 4 halaman

Kejutan dari BLINK Manila

Lisa BLACKPINK mendapat kejutan meriah dari penggemarnya BLINK di konser tur dunia BORN PINK di Filipina, Minggu, 26 Maret 2023. Kejutan untuk Lisa BLACKPINK itu didapatnya beberapa jam sebelum ulang tahunnya yang sebenarnya. 

Dikutip dari Allkpop, Senin, 27 Maret 2023, para penggemarnya yang memenuhi Philippine Arena menyanyikan "Selamat Ulang Tahun" untuk Lisa BLACKPINK hingga ia terharu. Selain itu, para penggemar membentuk lautan warna khas masing-masing anggota BLACKPINK.

Warna merah untuk Jisoo, biru untuk Jennie, putih untuk Rose, dan kuning untuk Lisa. Karena itu adalah hari ulang tahun Lisa, warna kuning pertama kali ditampilkan menerangi seluruh tempat.

Kue besar diberikan kepadanya di atas panggung sementara para penggemar menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun. Penggemarnya membuat "lautan kuning" di arena baik dengan menempelkan kertas kuning ke senter ponsel mereka atau menunjukkan wallpaper kuning di ponsel mereka. Para BLINK juga menggelar spanduk besar bertuliskan 'Selamat Ulang Tahun Lalisa' di bagian kotak bawah arena. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini