Sukses

Taylor Swift Putus dari Joe Alwyn Usai 6 Tahun Berpacaran, Pernah Bikin Lagu Bareng dan Diisukan Tunangan

Meski keduanya tak pernah menunjukkan secara gamblang, publik tahu bahwa Joe Alwyn telah berkontribusi dalam berbagai karya Taylor Swift selama mereka bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Taylor Swift dikabarkan telah putus dari aktor asal Inggris Joe Alwyn setelah enam tahun berpacaran. Perpisahan mereka disebut selesai tanpa hal yang dramatis.

Melansir laporan Page Six, Sabtu, 8 April 2023, Taylor dan Joe ternyata sudah putus sejak beberapa minggu lalu. Seiring dengan kabar perpisahan mereka, Joe tidak terlihat di mana pun dan saat ini Taylor Swift sedang menjalani tur The Eras, dan di minggu depan ia akan menuju Florida, Amerika Serikat.

Selama enam tahun bersama, Joe Alwyn dan Taylor Swift tak pernah menampakkan diri mereka sebagai pasangan di karpet merah. Dalam wawancara dengan Vogue, Joe mengungkap dirinya merasa berhasil telah membuat hubungan yang dijalani bersama Taylor menjadi sangat pribadi.

"Saya sadar orang ingin tahu sisi itu," ucapnya merujuk pada hubungan romantis dengan Taylor Swift. "Saya pikir kami telah berhasil membuat (hubungan) sangat pribadi," pungkas Joe Alwyn.

Meski keduanya tak pernah menunjukkan secara gamblang, publik tahu bahwa Joe telah berkontribusi dalam berbagai karya Taylor selama mereka bersama. Alwyn telah dikreditkan dalam lagu 'Sweet Nothing' yang masuk dalam jajaran lagu di album Midnight, dengan nama samarannya William Bowery.

Sebelumnya, Joe juga berkontribusi dalam album Taylor Swift yang lain, yaitu Folklore dan Evermore yang dirilis pada 2020. Tepatnya untuk lagu Exile, Betty, Champagne Problems, Coney Island, dan Evermore.

Dalam Folklore, Alwyn menulis lagu bersama Swift dalam lagu Exile, dan memproduseri beberapa lagu lainnya seperti My Tears Riccochet, August, This Is Me Trying, Illicit Affairs, dan Betty.  Album itu banyak menuai pujian dari kritikus dan masuk dalam daftar album terbaik 2020 hingga Folklore menang Grammy Awards 2021 sebagai Album of the Year.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nama Samaran Joe Alwyn

Nama Alwyn juga tercatat dalam lagu Champagne Problems di album Evermore (2020).  Mengenai nama samaran Joe, kepada Jimmy Kimmel, Taylor mengatakan bahwa itu adalah pilihan mantan kekasihnya. "Dia yang memutuskan (nama samarannya)," ungkap Taylor.

Saat ditanya tentang arti nama yang digunakan Joe Alwyn, Taylor tidak memberikan jawaban berarti. Ia meminta untuk menanyakan hal itu langsung kepada kekasihnya. "Kau harus bertanya padanya karena itu lebih banyak ceritanya daripada ceritaku," jelas Taylor Swift.

Mengenai nama William Bowery, banyak penggemar menduga jika nama itu merujuk pada kakek buyut Joe, William Alwyn yang seorang komposer. Sementara, nama Bowery diduga diambil dari acara publik pertama yang dihadiri pasangan tersebut, yaitu Kings of Leon di The Bowery Hotel, New York City, pada 2016 lalu.

Pada bulan lalu, Taylor Swift mengumumkan rilisnya lagu ‘All The Girls You Loved Before’, sebuah lagu yang harusnya dirilis bersama album Lover pada 2019 lalu. "Dalam rangka merayakan tur The Eras, aku akan merilis empat lagu yang belum dirilis malam ini, pada tengah malam," tulis pelantun All Too Well tersebut pada akun Instagramnya, melansir kanal Health Liputan6.com. 

3 dari 4 halaman

Hubungan Sehat Swift-Alwyn

Kejutan rilis lagu atau album mendadak dari penulis lagu kelahiran 33 tahun lalu tersebut bukanlah hal baru untuk para penggemarnya, Swifties. Kali ini, para penggemar di internet sangat antusias menunggu rilisnya keempat lagu, terutama yang berjudul 'All The Girls You Loved Before'.

Para penggemar menunjukkan kepuasan terhadap lagu tersebut melalui media sosial, salah satunya di TikTok. Dalam sebuah konten salah satu penggemar, para penggemar lainnya ikut mengapresiasi lagu tersebut di kolom komentar.

"Aku tak sabar untuk mendedikasikan lagu indah ini kepada seseorang," tulis seorang warganet.

Saat menulis lagu dan lagu-lagu lainnya pada album Lover, ia masih menjalani hubungan romantis dengan aktor Inggris, Joe Alwyn, hingga dikabarkan sudah putus. Album tersebut dikenal dengan lagu-lagu yang menceritakan hubungan sehat dengan kekasih. Tak heran, para Swifties menganggap Joe Alwyn adalah pacar terbaik Taylor, dibandingkan mantan-mantannya.

Keduanya bahkan pernah beberapa kali diisukan sudah bertunangan dan akan menikah. Melalui liriknya pada lagu baru tersebut, Taylor mengungkapkan rasa syukurnya atas versi diri kekasihnya yang saat ini. Ia memuji sang kekasih dalam liriknya, salah satunya karena cara Joe memperlakukan Taylor sebagai wanita. Ia juga mengungkap, lelaki tersebut merupakan satu-satunya sosok yang ia butuhkan.

4 dari 4 halaman

Mantan Pacar Taylor Swift

Hal yang paling memikat hati penggemar tentang lagu ini adalah keunikan maknanya. Taylor mengucapkan rasa terima kasih kepada para wanita sebelum dirinya yang telah menjadi kekasih Joe, alih-alih menjelekkan mantan dari sang kekasih.“Semua kekasih yang kau cintai sebelumnya, membentuk dirimu menjadi sosok yang saat ini aku cintai,” tulis Taylor pada lagu tersebut, sebagai inti makna lagunya.

Salah seorang penggemar di TikTok mengungkap bagaimana lagu tersebut memberinya harapan. "Lagu ini sangat memberiku harapan dan semangat. Biasanya, orang berbicara hal buruk tentang mantan kekasih pasangan mereka. Betapa mulia hati Taylor," tulisnya. Tak hanya itu, Taylor juga mengungkapkan rasa syukurnya terhadap ibu Joe yang telah membesarkannya.

"Ibumu membesarkanmu menjadi sosok yang setia dan baik hati," tulisnya. Sejak dahulu, Taylor dikenal dengan lagu-lagunya yang menceritakan para mantan kekasih yang menyakiti hatinya.

Namun, sejak bersama Joe, lagu-lagu yang dirilis Taylor menggambarkan cinta yang sehat dan matang. Misalnya, lagu Daylight dan Lover yang menggambarkan bagaimana Joe merupakan hasil penantian berharga Taylor, setelah melewati berbagai hubungan yang berakhir menyedihkan.

Selain dengan Joe Alwyn, Taylor Swift pernah menjalin hubungan khusus dengan beberapa pria seperti Joe Jonas, Lucas Till, Taylor Lautner, John Mayer, Jake Gyllenhaal, Harry Styles, Calvin Harris dan Tom Hiddleston. Ia sering membuat lagu yang terinspirasi dari hubungannya dengan para mantannya tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.