Sukses

Tren Libur Lebaran 2023 yang Tak Sekadar Mudik, Masyarakat Juga Manfaatkan Momen untuk Liburan Bersama Keluarga

Destinasi yang populer untuk wisata seperti Yogyakarta dan Bali mengalami peningkatan di momen mudik lebaran, karena masyarakat memanfaatkannya untuk liburan bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Momentum libur lebaran sudah di depan mata. Setelah tiga tahun berkutat hanya di rumah saja, sebagian besar orang akhirnya bisa merasakan lebaran 2023 bersama keluarga dengan lebih leluasa.

Euforia untuk menyambut libur lebaran pun kian terasa. Rata-rata orang sudah memesan tiket pesawat maupun akomodasi untuk menunjang persiapan momen mudik kali ini dengan lebih matang.

Tapi sebagian besar pelancong kali ini ternyata tak hanya memanfaatkan libur lebaran untuk mudik saja. Untuk mereka yang tidak merayakan lebaran pun, momentum libur panjang ini dihabiskan untuk memesan tiket pesawat maupun akomodasi rekreasi bersama keluarga. 

Chief Marketing Officer Traveloka, Shirley Lesmana mengungkapkan pihaknya sudah melihat adanya peningkatan pemesanan untuk tiket pesawat dan akomodasi sudah terjadi lebih dulu, di mulai bahkan sebelum bulan Ramadhan. "Jadi selain mudik, kita melihat peningkatan tren untuk berlibur," ungkapnya saat ditemui usai acara Gebyar Traveloka, pada Rabu. 5 April 2023.

Sehingga beberapa destinasi yang notabene populer untuk wisata seperti Yogyakarta dan Bali mengalami peningkatan. Pihaknya melihat tren yang cukup positif dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Untuk penerbangan domestik tahun ini dibanding sebelumnya meningkat sekitar dua kali lipat.

"Ekspektasi tahun ini cukup tinggi, karena tahun ini akhirnya bisa kembali mudik pasca pandemi," sambungnya lagi. 

Menjelang momen mudik dan libur lebaran, pihak Traveloka ternyata juga sudah melakukan persiapan. "Untuk mudik kami berkoordinasi juga dengan mitra kami untuk memastikan ketersediaan, lalu juga koordinasi internal untuk arus puncak mudik dan arus balik ini bisa memberikan yang terbaik, (dalam hal ini) customer care, pemilik hotel, hingga maskapai penerbangan, untuk memastikan pelayanan berjalan," papar Shirley.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Mengganti Rute Tujuan

Lebih jauh Shirley mengatakan pihaknya juga baru-baru ini menambahkan salah satu fitur yang mengedepankan fleksibilitas, terutama untuk bisa melakukan reschedule rute tujuan. Fitur tersebut menurutnya bisa dimanfaatkan pengguna agar tak ada rasa khawatir lagi.

"Jadi selain bisa reschedule tanggal dan maskapai, juga bisa mengubah rute tujuan agar memberikan rasa aman kalau nantinya ada perubahan rencana," sebutnya. 

Belum lama ini Traveloka juga memberikan nilai tambah bagi pengguna setianya melalui kompetisi Gebyar Traveloka. Program apresiasi bertujuan untuk meningkatkan loyalitas konsumen melalui ajang kompetisi eksklusif bagi para pengguna setia dan anggota Traveloka Priority.

Program telah berlangsung sejak 15 November 2022--14 Maret 2023 dan telah diikuti oleh lebih dari 1 juta pengguna setia Traveloka dan lebih dari 200 pemenang terpilih berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah mencapai lebih dari Rp6oo juta.

Melalui gelaran acara Gebyar Traveloka Awarding Night, Traveloka telah mengumumkan dan menyerahkan hadiah kepada 20 perwakilan pemenang Gebyar Traveloka. Selama periode Gebyar Traveloka, tercatat peningkatan transaksi sebesar lebih dari 30 persen dibandingkan dengan periode normal. 

3 dari 3 halaman

Penerbangan Domestik Mendominasi 80 Persen

Traveloka pun mencatat bahwa sejumlah 80 persen peserta Gebyar Traveloka melakukan pemesanan perjalanan domestik dan 20 persen peserta melakukan pemesanan perjalanan internasional selama periode kompetisi Gebyar Traveloka. Dengan destinasi favorit pada domestik di antaranya, Bali, Batam, dan Surabaya. Sementara destinasi favorit internasional yakni Singapura dan Malaysia.

"Kami sangat menghargai antusiasme dan partisipasi aktif para pengguna dalam program Gebyar Traveloka. Keberhasilan program Gebyar Traveloka juga menunjukkan bahwa geliat pariwisata Indonesia terus mengalami tren positif," terang Shirley.

Pihaknya pun ingin terus berinovasi menghadirkan program-program menarik yang melibatkan para penggunanya. Hal itu berhubungan juga untuk memberikan kontribusi positif pagi perkembangan ekosistem pariwisata Indonesia.

Di awal program sebanyak 120 orang dengan skor tertinggi berhak mendapatkan hadiah. Namun bertepatan dengan perayaan Traveloka ke-11 tahun serta antusiasme yang tinggi dari para pengguna, Traveloka memberi kesempatan tambahan untuk 111 peserta dengan skor tertinggi berikutnya sebagai pemenang, sehingga total pemenang jadi 231 peserta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini