Sukses

Usai Ditahan KPK, Pernyataan Rafael Alun Trisambodo Terkesan Salahkan Istri dan Anak Suka Flexing Jadi Viral

Pernyataan Rafael Alun Trisambodo yang terkesan menyalahkan istri dan anaknya ini jadi viral setelah ramai beredar di sejumlah akun media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo sudah resmi ditahan KPK karena kasus penerima gratifikasi terkait pemeriksaan perpajakan, Senin, 3 April 2023. Seiring dengan kabar penangkapan tersebut, salah satu wawancara Rafael Alun Trosambodo dengan sebuah media jadi viral.

Beberapa hari sebelum ditangkap KPK, ayah Mario Dandy ini memang sempat menggelar wawancara khusus dengan sejumlah media. Dalam sebuah wawancara di televisi, Rafael Alun mengungkapkan jika dirinya selalu berusaha untuk hidup sederhana seperti yang dianjurkan pada para ASN.

Namun suami dari Ernie Meike Torondek ini menyayangkan istri dan anaknya yang hobi pamer kemewahan alias flexing di media sosial sehingga dirinya ikut menjadi sorotan. Padahal menurut Rafael, kehidupannya selama ini berada di jalan yang lurus dan tidak bermewah-mewahan. Pernyataan Rafael Alun yang terkesan menyalahkan istri dan anaknya ini jadi viral setelah ramai beredar di sejumlah akun media sosial.

"Dari awal saya memang sudah mencoba hidup benar, sudah mengikuti aturan, sudah mencoba hidup sederhana mencerminkan diri sebagai ASN, tapi flexing itu ditunjukkan oleh anak maupun istri saya," ucap Rafael Alun dikutip dari kanal YouTube Metro TV, 2 April 2023.

Host kemudian bertanya apakah Rafael Alun Trisambodo mengetahui jika anak dan istrinya melakukan flexing di media sosial. Ia mengaku sudah sempat menegur sang anak dan istri atas hobinya tersebut.

"Kalau anak sudah saya ingatkan berulang-ulang, tapi namanya anak muda mungkin agak sulit mendengarkan apa yang disampaikan oleh orangtuanya," ungkap Rafael Alun. "Kalau istri, iya juga sering saya ingatkan sebetulnya. Tapi istri saya bilang, 'Pa ini kan barang KW'," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sindiran untuk Rafael Alun

Pewawancara kemudian menanyakan kenapa Rafael membiarkan istrinya membeli barang KW yang tentunya tidak membayar pajak. Rafael menepisnya dan mengatakan yang tidak bayar pajak itu adalah barang-barang selundupan.

Rafael pun mengaku akan mengajak istrinya untuk diwawancarai bersama dirinya guna memastikan sebagian besar tas yang dimilikinya adalah barang KW.  Namun rencana itu belum sempat terlaksana karena Rafael sudah keburu ditahan oleh KPK. Nantinya, pihak KPK yang sudah menyita koleksi tas milik Ernie Meike akan memastikan apakah barang-barang tersebut memang tidak asli seperti pengakuan Rafael atau justru sebaliknya.

Potongan video wawancara tersebut pun kemudian diunggah ulang oleh berbagai akun media sosial, salah satunya akun Instagram @pembasmi.kehaluan.reall, dan langsung mendapat beragam sindiran dan komentar dari warganet.Banyak yang menganggap Rafael Alun sedang menyalahkan keluarganya di tengah masalah yang menimpa.

"Masuk ke fase 'menyalahkan keluarga demi mengamankan diri'," komentar seorang warganet.

"Hahaha aduh KW dari mana. Rubicon aja mampu beli apalagi sekadar beli tas baju branded, mana mungkin pake KW. Pak, kalo mau bohong tolong jangan nampak kali," komentar warganet lainnya.

 

3 dari 4 halaman

70 Tas Milik Istri Rafael Disita KPK

Dalam wawancara lainnya, Rafael Alun Trisambodo mengatakan ada sekitar 70 buah tas milik istrinya yang disita KPK. "Kalau bicara nilai tas, dari 70 tas yang disita KPK itu mungkin paling banyak hanya 8 atau sampai 10 yang asli sisanya semuanya KW," terangnya dalam wawancara pada media belum lama ini yang juga diunggah di sejumlah akun media sosial.

Beberapa warganet tidak percaya tas mewah tersebut hanyalah barang tiruan semata. Sementara, beberapa warganet lain bingung, kenapa sang istri memilih membeli tas KW.

Pasalnya sang istri kerap memamerkannya di media sosial dan itu justru akan mempermalukannya karena tasnya tidak asli. "Beli tas KW? pasti malu lah sama circlenya, bedanya asli KW aja kelihatan banget," komentar seorang warganet.

"Koq jawabanya jadi sama tas KW.. mungkin hasil belajar kelompok," komentar warganet lainnya menyinggung pernyataa Sekda Riau SF Hariyanto yang baru-baru ini juga mengaku koleksi tas mewah milik istrinya adalah barang KW

 

4 dari 4 halaman

Istri Rafael di Paris

Pengakuan Rafael ini seakan bertolak belakang dengan foto yang beredar. Di media sosial, beredar foto istri Rafael ketika berjalan-jalan di Paris dan berpose di depan toko barang branded.

Dilansir dari unggahan Instagram @azazeldiablos, Ernie Meike terlihat berpose di depan toko Goyard dan Gucci sambil menenteng goodie bag dari brand fesyen tersebut. Bahkan, ada pula foto unggahan ibunda Mario Dandy yang memamerkan koleksi tas mewahnya dari brand Dior.

"Ke Paris cuman beli Goodiebagnya aja. Isinya KW kok," tulis keterangan unggahan akun tersebut pada Sabtu, 1 April 2023, seakan menyindir pernyataan Rafael Alun tentang tas KW milik istrinya.

Di sisi lain, KPK sudah memastikan bakal memanggil Ernie Meike Torondek. Pemanggilan terhadap istri Rafael Alun Trisambodo itu berkaitan dengan kasus dugaan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak pada DJP Kemenkeu pada 2011--2023. Ernie akan dipanggil sebagai saksi untuk suaminya yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini